Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ibadah Umrah Akan Kembali di Buka untuk Indonesia

blokbojonegoro.com | Monday, 11 October 2021 17:00

Ibadah Umrah Akan Kembali di Buka untuk Indonesia

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Ibadah jamaah umrah bagi jemaah asal Indonesia akan kembali dibuka. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalan siaran pers-nya secara virtual.

Pihaknya menyampaikan bahwa pemerintah kerajaan Arab Saudi melalui nota diplomatik kedutan besar Arab Saudi di Jakarta pada tanggal 8 Oktober lalu bahwa kerajaan Arab Saudi telah kembali membuka pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah asal Indonesia.

"Komite khusus di kerajaan saudi arabiya sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jamaah umrah indonesia untuk melakukan ibadah umrah," ujarnya secara virtual.

Di dalam nota diplomatik tersebut juga disebutkan bahwa kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jamaah. Nota diplomatik juga mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama lima hari bagi para jamaah umroh yang tidak memenuhi standar kesehatan sebagaimana yang di persyaratan.

"Dengan ini kita akan menindaklanjuti dan melakukan pembahasan lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya," tuturnya.

Kementrian luar negeri akan terus melakukan koordinasi dengan Kemenag RI, Kemenkes serta otoritas terkait di kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan pemerintah Saudi Arabia yang terbaru ini.

"Kita akan tetap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kemenkes maupun Kemenag RI sebagaimana semestinya," pungkasnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, kepala Gara Haji dan Umrah Kemenag Bojonegoro Abdul Wahid berharap agar ibadah umrah maupun haji untuk kuota Indonesia segera di buka, agar nantinya pendaftar tidak semakin banyak dan banyak pula yang mengantri.

"Dengan adanya informasi ini pastinya calon jamaah umrah akan senang, dan saya berharap kedepannya agar segera dibuka bagi jamaah haji juga," tandasnya.

Pihaknya menyebutkan bahwa surat edaran resmi pembukaan umrah hingga saat ini belum ada, sehingga proses maupun teknis pelaksanaan nya masih menunggu kepastian. [uul/ito]

Tag : ibadah, haji, umroh, kemenag, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini