Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sukses Wakili Jatim, Bupati Minta Masyarakat Dukung Inovasi QR-YANSWAB Puskesmas Temayang

blokbojonegoro.com | Monday, 11 October 2021 10:00

Sukses Wakili Jatim, Bupati Minta Masyarakat Dukung Inovasi QR-YANSWAB Puskesmas Temayang *Petugas Puskesmas Temayang saat melakukan swab tes kepada masyarakat.

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Inovasi Quick Respon Pelayanan Swab atau QR-YANSWAB yang dikembangkan oleh tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Temayang, Badriatus Solihatin sukses meraih predikat juara pertama tingkat Provinsi Jawa Timur.

Atas pencapaian tersebut ia menjadi perwakilan sebagai ahli teknologi laboratorium medik ke tingkat Nasional.

QR-YANSWAB sendiri merupakan respon cepat pelayanan swab Puskesmas Temayang untuk segera dilayani. Sehingga dapat segera mendapat penanganan yang diperlukan, serta mampu menekan tingkat keparahan dan angka kematian.

Bahkan beberapa program tracking di tingkat desa dengan bermacam diantaranya Tes Swab ke desa tracking virus keliling (TESA Ke Desa Traveling) yaitu melakukan tracking di 12 desa yang berada di Kecamatan Temayang.

Lalu, Siap Bergerak Pelayanan Swab (Siber Yanswab) yaitu layanan screening dengan cara keliling di tempat umum. Selanjutnya Chamber Swab Keliling (CS Keliling) yaitu pelaksanaan layanan swab yang bisa dibongkar pasang agar memudahkan para Nakes jemput bola kepada masyarakat.

"Kami memberikan apresiasi kepada petugas laboratorium puskesmas Temayang serta TNI dan POLRI yang melakukan tracking di tingkat desa," ungkap Camat Temayang, Imam Cahyono.

Inovasi ini juga mendapatkan apresiasi luar biasa dari Dinas Kesehatan Bojonegoro, karena sangat membantu dalam penanganan virus Covid-19. "Keterlibatan Nakes Temayang melalui ide inovasinya sangat membantu kepada penyintas Covid-19. Selamat atas pencapaiannya dan tetap semangat," ucap Kepala Dinas Kesehatan, dr. Ani Pudjiningrum.

Merespon pencapaian Nakes Temayang tersebut, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah juga mengucapkan selamat atas inovasi QR-YANSWAB yang menjadi perwakilan Jawa Timur ke kancah Nasional. "Kami bangga sekali dengan Badriatus atau Nakes Puskesmas Temayang. Bahwasanya dengan inovasi yang sangat jitu yaitu QR-YANSWAB," imbuh bupati.

Selanjutnya, Bupati juga menyampaikan untuk terus mendukung inovasi ini, pihak Puskesmas Temayang juga mengharapkan dukungan masyarakat Bojonegoro di tingkat Nasional. "Termasuk dengan memberikan like dan share video YouTube tentang QR-YANSWAB di link https://youtu.be/bkNXyGa6tKo," harap Bupati Anna. [liz/mu]

 

Tag : Inovasi QR-YANSWAB Puskesmas Temayang, puskesmas temayang bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini