13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Webinar Nasional Kepramukaan, Bangkitkan Semangat Santri Milenial

blokbojonegoro.com | Sunday, 24 October 2021 14:00

Webinar Nasional Kepramukaan, Bangkitkan Semangat Santri Milenial

 

Pengirim: Firda Rizka R. W.

 

blokBojonegoro.com - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 masih terus bergema di lingkungan Kampus Aswaja, UNU Sunan Giri Bojonegoro. Hari ini (24/10/2021) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka UNU Sunan Giri Bojonegoro menyuguhkan Webinar Nasional Kepramukaan. 

 

Webinar yang diikuti oleh para pembina dan pegiat Pramuka dari Sabang sampai Merauke tersebut dilangsungkan melalui Zoom Meeting pukul 08.00 WIB. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Gudep UNU Sunan Giri Bojonegoro, Dr. Nurul Huda, M.H.I. Beliau juga mengupas tentang hakikat Dasa Dharma yang seharusnya sudah melekat dalam pribadi seorang santri.

 

“Pramuka harus mampu menjadi pioneer dalam menebarkan nilai-nilai kebajikan. Tetap Semangat!,” ungkapnya.

 

Selain itu, webinar ini meengundang para senior yang expert dalam bidang kepramukaan, yaitu Pinsako Ma’arif NU Jawa Timur, Abdullah, S.Pd., M.Pd.; (2)Ketua Dewan Kerja Nasional, Fatkhul Manan, S.A.P.; (3)Ketua DKD Jawa Timur, A. Fawwaz Robi’ Pradana; (4)Ketua DKC Bojonegoro, Nico Oktavian.

 

Ketua DKC Bojonegoro, Nico Oktavian mengapresiasi terselenggaranya giat Pramuka virtual tersebut. “Sebuah pembuktian begitu sangat luar biasa bagi anggota Pramuka yang tidak pernah berhenti bergerak melakukan inovasi-inovasi kegiatan. UKM Pramuka UNU Sunan Giri Bojonegoro memberikan persembahan luar biasa dengan mengajak para anggota Pramuka se-Indonesia bergiat bersama melalui seminar virtual guna belajar bersama membahas kesiapan anggota Pramuka untuk dapat bersaing dengan kemajuan perkembangan teknologi yang begitu pesat dengan selalu menanamkan nilai-nilai aswaja dan memperhatikan prinsip dasar dan merode kepramukaan,” tandasnya.

 

Kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Kak Abdullah yang menjelaskan tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam membangkitkan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah kepada anggota Pramuka pada berbagai tingkatan.

 

Materi berikutnya membahas tantang pemanfaatan teknologi digital sebagai inovasi kegiatan kepramukaan di masa kini oleh Kak Robi’. Menurutnya, saat ini kita diwajibkan untuk melek digital. 

 

“Sebagai generasi penerus kita harus menjadi pioner terkait Digitalisasi IT. Sebagai seorang Pramuka, kita bisa membuat konten-konten kepramukaan yang kreatif yang bermanfaat,” pungkas Ketua DKD Jatim. 

 

Terakhir, pemaparan materi oleh Ketua Dewan Kerja Nasional, Fatkhul Manan, S.A.P.. Kak Manan membagikan tips dan trik untuk menemukan minat dan rancangan masa depan melalui gerakan Pramuka. Menurut pengalaman pribadinya, seseorang harus menuliskan beberapa target yang akan dicapai. Kemudian mengerucut menjadi 10 terget, 5 target, 3 target, hingga pada akhirnya hanya satu target yang akan fokus ditekuni. Rumus tersebut mengandung filosofi 10 nilai yang terkandung dalam Dasa Dharma Pramuka, 5 nilai terkandung dalam Pancasila, dan 3 nilai yang terkandung dalam Tri Satya. 

 

“Cara terbaik meramal masa depan adalah dengan merencanakannya. Salah satu bentuk ikhtiar kita untuk menggapainya adalah dengan menulis rencana-rancanya tersebut,” ungkapnya mengakhiri sesi pemaparan materi.

 

Para peserta menyimak penyampaian materi tersebut dengan seksama, sebab disampaikan langsung oleh ahlinya. Diskusi dan tanya jawab menjadi penutup pada webinar ini. Bagi penanya terbaik akan mendapatkan doorprize istimewa dari panitia. [lis]

 

*LIPK UNU Sunan Giri Bojonegoro

 

 

Tag : Webinar, kepramukaan, unugiri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat