13:00 . Archipelago Food Festival Pertama Hadir di Kota Ledre   |   07:00 . Orangtua, Yuk Kenali Arti Pola Asuh Strict Parents Beserta 10 Tanda-tandanya   |   17:00 . Puluhan Medali Berhasil Dibawa Pulang Kontingen Bojonegoro   |   16:00 . Kemenag RI Terbitkan Panduan Pelaksanaan Salat Iduladha dan Penyembelihan Kurban   |   14:00 . Amalan-Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya   |   10:00 . Harga Daging Sapi Turun, Pedagang Malah Keluhkan Sepi Pembeli   |   09:00 . BPN Bojonegoro Gelar Acara Pisah Sambut Pejabat Administrator   |   08:00 . Dinkes Bojonegoro Bentuk Pelayanan PSC 119   |   20:00 . Cabor Horseback Archery Bojonegoro Tambah Satu Emas di Porprov Exhibition Jatim   |   19:00 . Mendag Zulhas: Dorong Produk UKM Indonesia Tembus Pasar Timur Tengah   |   18:00 . Sempat Tertunda Akibat Pandemi, Turnamen Sablon Cup III Kembali Digelar   |   17:00 . HUT AMPI Ke-44, Pengurus DPD AMPI Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   16:00 . Begini Cara Mendaftar MyPertamina dengan Ponsel   |   10:00 . Puskesmas Tanggapi Curhatan Warga di Instagram Terkait Penanganan Sang Kakek   |   09:00 . Ruwatan Massal di Bojonegoro Kembali Digelar, Ini Jadwalnya   |  
Mon, 04 July 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati Bojonegoro Berharap BPD Turut Aktif dalam Abpednas

blokbojonegoro.com | Monday, 25 October 2021 19:00

Bupati Bojonegoro Berharap BPD Turut Aktif dalam Abpednas Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah. (Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Bojonegoro untuk blokBojonegoro)

 

Reporter: Lizza Arnofia

 

blokBojonegoro.com - Dalam rangka merumuskan Program Kerja tahun 2021, Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Bojonegoro melakukan Rakercab. Agenda ini diikuti sebanyak 82 peserta PAC Kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro.

 

Ketua DPC Bojonegoro, Mahfud Muharom, menyampaikan bahwasanya Rakercab ini mampu memunculkan beragam konsep yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas BPD (Badan Perwakilan Desa) di Bojonegoro. Sebab masih banyaknya kebingungan karena kurangnya pengetahuan berkaitan tentang regulasi dan mekanisme.

 

"Harapan kami kepada BPD se-Bojonegoro pada periode ini bisa memberikan dukungan sekaligus meningkatkan kapasitas. Di antaranya berperan aktif dalam proses yang ada di desa baik perencanaan mulai dari RPJMDES, RKAP hingga penyusunan APBD Desa, termasuk untuk pengawas Pemerintah Desa," tegas Mahfud. 

 

Mahfud juga menambahkan, kurang maksimalnya peran BPD, maka perlu adanya support kegiatan Desa supaya APBDES bisa meningkat dari segi ekonomi. "Baik melalui BUMDes atau melalui kegiatan ekonomi Desa, dan juga BPD harus melakukan penyerapan aspirasi masyarakat," ucapnya.

 

Terpisah, Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, menyampaikan Rakercab ini merupakan rencana dalam memberikan masukan kepada Kades yang nanti bisa dituangkan di MusrengbangDes.

 

Serta BPD juga harus mengikuti musyawarah dalam MusrengbangDes yang nantinya menyampaikan beberapa usulan agar tercapainya musyawarah mufakat. "Sebuah Pemerintahan Desa bisa makin baik dan produktif apabila kepesertaan BPD itu disertakan sejak perencanaan awal," sambung Bupati Anna.

 

Bupati Anna juga berharap, nantinya rapat Kerja Abpednas ini bisa menyalurkan, mempercepat terhadap program penanganan kemiskinan, stunting, gizi buruk hingga indeks pembangunan manusia (IPM) di bidang pendidikan.

 

"Setelah disisir warga yang perlu ditangani, berharap dengan adanya Rakercab nantinya bisa diaspirasikan dalam MusrengbangDes," papar Bupati.

 

Lanjut Bupati Anna, dalam hal ini BPD juga berperan dalam menyisir potensi-potensi penerimaan desa. Termasuk berbasis dari aset desa yang didalamnya BPD bisa mengusulkan program kepada kepala desa.

 

"Terkait inventaris barang milik desa antara yang bisa dikomersilkan. Serta yang masih bisa dikelola untuk meningkatkan pendapatan desa," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

 

 

Tag : Bupati, desa, Musrenbangkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat