13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |   09:00 . Pergantian Pejabat di PT Kilang Pertamina Internasional : Bukti Legacy Kepemimpinan   |   08:00 . Polres Bojonegoro Bersama Perum Perhutani Tandatangani Perjanjian Kerjasama   |   07:00 . Pro Kontra Esteh Indonesia Tinggi Gula, Ketua PDGI Sampai Angkat Bicara   |   20:00 . Program RPL Pemkab Anggarkan Rp10,8 Miliar   |   19:00 . Kunjungi Bojonegoro, Kabidokkes Polda Jatim Beri Santunan ke Masyarakat   |   18:00 . Masuk Musim Panen, Harga Cabai Turun Drastis   |   17:00 . Banyak Perempuan Kuliah Ketimbang Nganggur, Ismail Fahmi: Mari Diubah Pola Pikir Digital Competitiveness   |   16:00 . Kuliah Umum di Udayana, SKK Migas Bahas Peran Hulu Migas untuk Energi Nasional   |  
Thu, 29 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#CeritaDesaKu

Sebelum Jadi Prambatan, Desa Ini Bernama Soka Lima

blokbojonegoro.com | Saturday, 30 October 2021 12:00

Sebelum Jadi Prambatan, Desa Ini Bernama Soka Lima

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Desa Prambatan yang  terletak di wilayah Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, dengan letak dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Sekaran dan Desa Kedungdowo, di sebelah barat berbatasan dengan Desa Bogo, Kecamatan Kapas,  di sisi selatan berbatasan dengan Desa Mulyoagung, sedangkan di sisi timur berbatasan dengan Desa Lengkong.

Jarak tempuh Desa Prambatan ke Kecamatan Balen sekitar 5 kilometer, yang dapat ditempuh dengan waktu setidaknya paling cepat 15 menit dengan kendaraan bermotor. Sedangkan jarak tempuh ke Kabupaten Bojonegoro adalah 17 kilometer,  yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar setengah jam.

Pola pembangunan lahan di Desa Prambatan lebih didominasi oleh kegiatan pertanian pangan yaitu polowijo, dengan irigasi aktivitas mobilisasi Desa Prambatan cukup tinggi khususnya mobilisasi angkutan hasil-hasil pertanian maupun sumber kegiatan industri kecil pengolahan Tampar dari bahan Gedebog Pisang.

Kepala Desa Prambatan, Eko Purwanto, menceritakan asal mula terbentukya Desa Prambatan, desa ini dihuni sejak zaman Kerajaan Islam Demak Bintoro. Di situ belum ada desa, masih hutan rimba padat. Hutan Rimba tersebut disebut Soka Lima  dikenal dengan gunung lima, dan goa pertapaan Soka Panca (Gunung Lima). "Di situlah yang menduduki pertama pertapaan Gunung Lima yang merupakan Putra Raja Kerajaan Majapahit selama bertahun-tahun," papar Eko.

Pada jaman dahulu ada orang bernama Dimangun, yang berasal dari Jawa Tengah dan datang ke wilayah timur Desa Prambatan yang sekarang bernama Dukuh Mundu dan bermukim di wilayah tersebut sampai akhirnya pindah ke wilayah barat yang bernama Prambatan, orang tersebut bertempat tinggal di wilayah Prambatan sebelah selatan, maka berkumpullah tokoh orang-orang tua yang ada di lingkungan ini yang dipimpin oleh Dimangun.

"Beliau adalah orang sesepuh desa ini yang senantiasa selalu dicontoh perilaku dan tindak tanduknya dan yang banyak memberikan petuah-petuah bagi warga masyarakat, sehingga beliaulah yang memberi nama desa kami menjadi Desa Prambatan," kata kades.

Desa Prambatan ini memiliki dua dukuhan, yaitu Dukuh Mundu dan Dukuh Krajan Prambatan, desa ini memiliki jumlah penduduk yang bisa dibilang cukup banyak, yaitu 2.237 jiwa meliputi 1.112 laki-laki dan 1.125 perempuan dan mayoritas penduduk Desa Prambatan bekerja sebagai petani.

Adapun pemimpin yang menjabat di Desa Prambatan adalah Pertama Basiroen masa periode Tidak di ketahui sampai 1963, kedua Katam masa periode 1963 sampai 1975, Ketiga Kiswari masa periode 1975 sampai 1989, keempat Sarjiman masa periode 1989 sampai 1998, kelima Nyamiran masa periode 1998 sampai 2007, keenam dan yang masih menjabat sampai sekarang adalah Eko Purwanto yang menjabat sebagai Kepala Desa 2 Periode dari tahun 2007. [riz/mu]

Tag : cerita desa di bojonegoro, desa prambatan, sejarah desa prambatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat