13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#CeritaDesaKu

Sebelum Jadi Prambatan, Desa Ini Bernama Soka Lima

blokbojonegoro.com | Saturday, 30 October 2021 12:00

Sebelum Jadi Prambatan, Desa Ini Bernama Soka Lima

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Desa Prambatan yang  terletak di wilayah Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, dengan letak dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Sekaran dan Desa Kedungdowo, di sebelah barat berbatasan dengan Desa Bogo, Kecamatan Kapas,  di sisi selatan berbatasan dengan Desa Mulyoagung, sedangkan di sisi timur berbatasan dengan Desa Lengkong.

Jarak tempuh Desa Prambatan ke Kecamatan Balen sekitar 5 kilometer, yang dapat ditempuh dengan waktu setidaknya paling cepat 15 menit dengan kendaraan bermotor. Sedangkan jarak tempuh ke Kabupaten Bojonegoro adalah 17 kilometer,  yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar setengah jam.

Pola pembangunan lahan di Desa Prambatan lebih didominasi oleh kegiatan pertanian pangan yaitu polowijo, dengan irigasi aktivitas mobilisasi Desa Prambatan cukup tinggi khususnya mobilisasi angkutan hasil-hasil pertanian maupun sumber kegiatan industri kecil pengolahan Tampar dari bahan Gedebog Pisang.

Kepala Desa Prambatan, Eko Purwanto, menceritakan asal mula terbentukya Desa Prambatan, desa ini dihuni sejak zaman Kerajaan Islam Demak Bintoro. Di situ belum ada desa, masih hutan rimba padat. Hutan Rimba tersebut disebut Soka Lima  dikenal dengan gunung lima, dan goa pertapaan Soka Panca (Gunung Lima). "Di situlah yang menduduki pertama pertapaan Gunung Lima yang merupakan Putra Raja Kerajaan Majapahit selama bertahun-tahun," papar Eko.

Pada jaman dahulu ada orang bernama Dimangun, yang berasal dari Jawa Tengah dan datang ke wilayah timur Desa Prambatan yang sekarang bernama Dukuh Mundu dan bermukim di wilayah tersebut sampai akhirnya pindah ke wilayah barat yang bernama Prambatan, orang tersebut bertempat tinggal di wilayah Prambatan sebelah selatan, maka berkumpullah tokoh orang-orang tua yang ada di lingkungan ini yang dipimpin oleh Dimangun.

"Beliau adalah orang sesepuh desa ini yang senantiasa selalu dicontoh perilaku dan tindak tanduknya dan yang banyak memberikan petuah-petuah bagi warga masyarakat, sehingga beliaulah yang memberi nama desa kami menjadi Desa Prambatan," kata kades.

Desa Prambatan ini memiliki dua dukuhan, yaitu Dukuh Mundu dan Dukuh Krajan Prambatan, desa ini memiliki jumlah penduduk yang bisa dibilang cukup banyak, yaitu 2.237 jiwa meliputi 1.112 laki-laki dan 1.125 perempuan dan mayoritas penduduk Desa Prambatan bekerja sebagai petani.

Adapun pemimpin yang menjabat di Desa Prambatan adalah Pertama Basiroen masa periode Tidak di ketahui sampai 1963, kedua Katam masa periode 1963 sampai 1975, Ketiga Kiswari masa periode 1975 sampai 1989, keempat Sarjiman masa periode 1989 sampai 1998, kelima Nyamiran masa periode 1998 sampai 2007, keenam dan yang masih menjabat sampai sekarang adalah Eko Purwanto yang menjabat sebagai Kepala Desa 2 Periode dari tahun 2007. [riz/mu]

Tag : cerita desa di bojonegoro, desa prambatan, sejarah desa prambatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat