19:00 . Diduga Terpeleset di Sungai, Bocah asal Sumberrejo Meninggal Dunia   |   18:00 . RSUD Sumberrejo Top Finalis Kovablik Jatim 2022   |   15:00 . Pertamina EP Sukowati Field Bangun Sinergi Forkopimda Bojonegoro Melalui Kegiatan Menembak   |   13:00 . Polisi dan Suporter Bojonegoro Gelar Salat Ghoib dan Doa Bersama   |   22:00 . Ratusan Supporter di Bojonegoro Gelar Doa Bersama Atas Tragedi Kanjuruhan   |   21:00 . Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan, Ratusan Supporter di Bojonegoro Doa Bersama   |   18:00 . Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel   |   17:00 . 2.195 PJU Bakal Dipasang Tahun Ini   |   16:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa JTB   |   15:00 . Bupati Anna Lantik 37 Pejabat di Lingkungan Pemkab Bojonegoro   |   14:00 . Polres Bojonegoro Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra 2022   |   13:00 . Hingga Kini, Polisi Belum Temukan Titik Terang   |   11:00 . Salut dengan PDKB, Ketua Asosiasi Kartini Mandiri Akan Gandeng untuk Bidang Usaha   |   09:00 . Bupati Bojonegoro Berangkatkan Kirab Pataka "Jer Basuki Mawa Beya" Menuju Tuban   |   08:00 . Tragedi Kanjuruhan, GPK Minta Reformasi Total Penyelenggaraan Sepakbola Indonesia   |  
Wed, 05 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Alpukat Wina Bojonegoro, Buah Ukuran Jumbo Nan Tebal

blokbojonegoro.com | Tuesday, 02 November 2021 13:00

Alpukat Wina Bojonegoro, Buah Ukuran Jumbo Nan Tebal Yanto menunjukkan Alpukat Wina Bojonegoro. ( Foto: Istimewa)

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Buah Alpukat Wina dari Bojonegoro yang pernah viral dipromosikan oleh Ibu Gubernur Jatim. Kini banyak menjadi sorotan publik akibat ukurannya yang jumbo dan rasanya yang manis. 

Buah yang kaya akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin hingga mineral tersebut dipercaya mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, banyak masyarakat yang gemar memakan buah alpukat hingga menjadikannya salah satu buah favorit. 

Salah satu petani alpukat tersebut, Yanto menyebutkan bahwa alpukat wina merupakan jenis tanaman alpukat lokal unggulan, sehingga buah tersebut mampu tumbuh optimal dengan iklim Indonesia. Dirinya mengatakan bahwa buah alpukat wina tumbuh subur dengan ketinggian 300 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL).

"Alpukat ini bagusnya tumbuh di atas 700 MDPL, tapi saya coba ini di atas 300 MDPL dan ternyata hasilnya juga tidak mengecewakan," ujar Yanto. 

Bibit alpukat wina dapat tumbuh optimal pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Menurutnya tanaman ini akan sangat sempurna apabila tumbuh di daerah yang tingginya 700 MDPL

Tumbuhan yang ia tanam di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro itu menuai banyak sorotan masyarakat bahkan hingga gubernur Jawa Timur. Buah tersebut menjadi salah satu buah primadona dikalangan masyarakat. 

"Banyak masyarakat yang kepo dengan buahnya, karena buahnya lebih besar dan rasanya lebih nikmat dari biasanya," tuturnya. 

Berbeda dari jenis lainnya, alpukat wina ini terkenal dengan ukuran buahnya yang jumbo. Satu buah alpukat wina ini bisa mencapai 7 ons hingga 1,5 kg, dan buah tersebut tumbuh sangat lebat di pohonnya. 

Selain ukurannya yang jumbo, alpukat wina ini memiliki warna yang kuning nan cantik, serta dagingnya yang tebal dengan citra rasa yang manis. "Buahnya ini agak membulat, kulitnya warna hijau mengkilap dan terlihat tebal," imbuhnya. 

Yanto menanam alpukat wina ini dengan luas lahan sekitar 1.5 hektar. Dirinya mampu menanam 2000 pohon alpukat wina, dan memanen hasil buahnya selama 6 bulan sekali. [uul/ito]

 

Tag : Alpukat, Wina, Bojonegoro, Wonosobo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat