18:00 . Di Bumi Cenderawasih, Bupati Anna Sapa Warga Bojonegoro   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Bojonegoro Diagendakan Berangkat Pekan Awal Juni   |   15:00 . Jaga Warisan Budaya, BPSDM Jatim Kunjungi Kampung Thengul di Margomulyo   |   14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Alpukat Wina Bojonegoro, Buah Ukuran Jumbo Nan Tebal

blokbojonegoro.com | Tuesday, 02 November 2021 13:00

Alpukat Wina Bojonegoro, Buah Ukuran Jumbo Nan Tebal Yanto menunjukkan Alpukat Wina Bojonegoro. ( Foto: Istimewa)

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Buah Alpukat Wina dari Bojonegoro yang pernah viral dipromosikan oleh Ibu Gubernur Jatim. Kini banyak menjadi sorotan publik akibat ukurannya yang jumbo dan rasanya yang manis. 

Buah yang kaya akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin hingga mineral tersebut dipercaya mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, banyak masyarakat yang gemar memakan buah alpukat hingga menjadikannya salah satu buah favorit. 

Salah satu petani alpukat tersebut, Yanto menyebutkan bahwa alpukat wina merupakan jenis tanaman alpukat lokal unggulan, sehingga buah tersebut mampu tumbuh optimal dengan iklim Indonesia. Dirinya mengatakan bahwa buah alpukat wina tumbuh subur dengan ketinggian 300 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL).

"Alpukat ini bagusnya tumbuh di atas 700 MDPL, tapi saya coba ini di atas 300 MDPL dan ternyata hasilnya juga tidak mengecewakan," ujar Yanto. 

Bibit alpukat wina dapat tumbuh optimal pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Menurutnya tanaman ini akan sangat sempurna apabila tumbuh di daerah yang tingginya 700 MDPL

Tumbuhan yang ia tanam di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro itu menuai banyak sorotan masyarakat bahkan hingga gubernur Jawa Timur. Buah tersebut menjadi salah satu buah primadona dikalangan masyarakat. 

"Banyak masyarakat yang kepo dengan buahnya, karena buahnya lebih besar dan rasanya lebih nikmat dari biasanya," tuturnya. 

Berbeda dari jenis lainnya, alpukat wina ini terkenal dengan ukuran buahnya yang jumbo. Satu buah alpukat wina ini bisa mencapai 7 ons hingga 1,5 kg, dan buah tersebut tumbuh sangat lebat di pohonnya. 

Selain ukurannya yang jumbo, alpukat wina ini memiliki warna yang kuning nan cantik, serta dagingnya yang tebal dengan citra rasa yang manis. "Buahnya ini agak membulat, kulitnya warna hijau mengkilap dan terlihat tebal," imbuhnya. 

Yanto menanam alpukat wina ini dengan luas lahan sekitar 1.5 hektar. Dirinya mampu menanam 2000 pohon alpukat wina, dan memanen hasil buahnya selama 6 bulan sekali. [uul/ito]

 

Tag : Alpukat, Wina, Bojonegoro, Wonosobo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat