18:00 . Di Bumi Cenderawasih, Bupati Anna Sapa Warga Bojonegoro   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Bojonegoro Diagendakan Berangkat Pekan Awal Juni   |   15:00 . Jaga Warisan Budaya, BPSDM Jatim Kunjungi Kampung Thengul di Margomulyo   |   14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kenaikan UMK Bojonegoro 2022 Masih Tunggu Keputusan Dewan Pengupahan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 02 November 2021 19:00

Kenaikan UMK Bojonegoro 2022 Masih Tunggu Keputusan Dewan Pengupahan

 

Reporter: Lizza Arnofia

 

blokBojonegoro.com - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bojonegoro, belum bisa memastikan secara rinci nominal Upah Minimum Kabupaten (UMK). Sebab penetapan UMK Bojonegoro tahun 2022 masih menunggu keputusan dewan pengupahan. 

 

Kepala Bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Slamet, menegaskan belum mengetahui secara pasti apakah UMK Bojonegoro tahun 2022 mengalami kenaikan atau masih tetap sama dengan tahun 2021.

 

"Saat ini masih dalam pembahasan baik dari Badan Pusat Statistik (BPS), Dewan pengupahan, Serikat buruh, Dinas perdagangan, Badan Pendapatan Daerah hingga Perguruan Tinggi," tegas Slamet. 

 

Perihal belum bisa memastikan UMK tahun 2022 mengalami kenaikan atau penurunan nominal. Dikarenakan adanya perbedaan kondisi, seperti Pandemi Covid-19. Sehingga berpengaruh besar pada daya beli masyarakat.

 

Meski santer kabar kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) hingga Upah Minimum Kabupaten (UMK) di berbagai Kota/Kabupaten mengalami kenaikan.

 

Hingga kini, pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bojonegoro masih belum menetapkan nominal kenaikan upah minimum atau menunggu rekomendasi Bupati/Walikota. Setelah ditetapkan, hasil rekomendasi dikirim setelah tanggal 21 November, pasca penetapan UMP. 

 

"Nantinya, Gubernur menetapkan serta mengumumkan melalui Keputusan Gubernur paling lambat 30 November 2021. Dan pengupahan baru 2 rapat, sehingga belum membuat usulan UMK ke Bupati. Serta langkah selanjutnya akan dikirim ke Gubernur Jawa Timur," katanya.

 

Hingga saat ini pihak Disnakertrans masih membahas formula penghitungan UMK yakni terdapat dua jenis formula. Di antaranya, formula penyesuaian upah minimum bagi daerah yang telah memiliki upah minimum. Dan formula penetapan upah minimum bagi daerah yang baru akan menetapkan upah minimum. 

 

"Serta terdapat sepuluh data yang digunakan dalam formula penyesuaian upah minimum baik pada tingkat Provinsi/Kabupaten maupun Kota," pungkasnya. [liz/lis]

Tag : UMK, upah, gaji



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat