Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL Gelar Pelatihan untuk Kader Posyandu Remaja

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 November 2021 13:00

EMCL Gelar Pelatihan untuk Kader Posyandu Remaja Pelatihan Kader Posyandu Remaja. (Foto: Dok. Istimewa)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menyelenggarakan pelatihan kader posyandu remaja, yang antusias diikuti para kader posrem, Kamis (4/11/2021).

Para peserta pelatihan antusias begitu aktif dalam berdialog yang menghadirkan Plt. Kepala Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro Ninik Susmiati, SKM, M.Kes, dan Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro Kun Sucahyono, SKM, M.Kes. yang meberikan materi tentang berbagai hal kaitannya dengan stunting.

Plt. Kepala Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro Ninik Susmiati, SKM, M.Kes, yag sehari hari juga menjabat sebagai asisten 3 sekretaris daerah Pemkab Bojonegoro ini menyampaikan bahwa Posyandu Remaja (posrem) adalah termasuk salah satu diantara kegiatan UKBM (Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat) yang bisa didanani dengan anggaraan dari desa. Hal ini selaras dengan program2 yang ada di Dinas P3AKab yg menyasar remaja diantaranya program : PIK-R (Pusat Informasi dan Komunikasi Remaja), Program GENRE (Generasi Remaja), program Sebaya, Forum Anak, dan BKR (Bina Keluarga Remaja).

"Mengapa Remaja? Karena di masa ini Terutama dibawah 17 tahun itu merupakan masa pertumbuhan yang maksimal, sehingga jika di masa remaja dipenuhi dengan gizi dan kesehatan yang cukup, maka generasi yang akan dilahirkan nanti sudah pasti bisa terbebas dari stunting," ungkap wanita berkaca mata ini.

Sementara Kun Sucahyono dalam juga menuturkan bahwa dalam pengelolaan posyandu Remaja dibutuhkan 3C 1L, yakni : Care (perhatian), Consisten (Terus menerus), Comitmen (kesungguhan), dan Leadership (kepemimpinan/pengelolaan yang bagus) Hal ini selaras dengan apa yang disampaikan oleh ketua PC Fatayat NU Bojonegoro, Ifa Khoiria Ningrum bahwa Istiqomah dalam setiap program itu sangat dibutuhkan agar program bisa berkesinambungan. Pria yang akrab dipanggi Pak Kun ini juga menjelaskan panjang lebar tentang tehnis pelaksanaan posyandu remaja dan kelengkapan administrasi yang dibutuhkan.

Sementara itu dalam diskusi kelompok yang merupakan forum yang melibatkan secara langsung para pegiat posyandu remaja ini, baik dari Desa Kauman Kec Kota maupun dari Desa Panjunan Kecamatan Kalitidu, terjalinlah keakraban dalam pertemuan singkat ini, yang membuat mereka bisa bekerja sama dengan baik dalam menyampaikan gagasan untuk tehnis pelaksanaan program posyandu remaja yang akan mereka lakukan di desa masing-masing.

"Para remaja tidak saatnya untuk didikte tentang apa yang akan mereka lakukan, melainkan berikan stimulus untuk mereka, niscaya mereka akan mampu berkembang dengan sendirinya, sehingga kita akan terkejut melihat mereka mampu melakukan banyak hal lebih dari yang kita bayangkan" demikian ungkap AlMaliki Ukay S.Subqy selaku perwakilan dari EMCL.

Diskusi diakhiri dengan review oleh Rismawati, SKM. (Programmer Promosi Kesehatan Puskesmas Kalitidu). Hal-hal yang kurang, juga disampaikan sehingga usai kegiatan benar-benar bisa dipastikan para kader posyandu remaja ini betul-betul siap ber aksi dengan wajah dan formula baru untuk membuat Kondisi posrem di desanya semakin  berkembang dengan baik.

Tag : pelatihan, kader, emcl, posyandu, remaja



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini