07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   21:00 . Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo   |   20:00 . Mendag: Melalui G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Tinggal Tunggu Sertifikasi Operasi, Bendungan Gongseng Siap Beroperasi   |   18:30 . Debit Air Naik, Bengawan Solo Siaga   |   18:00 . Melalui Radio, Kasatlantas Kampanyekan Tertib Lalu Lintas   |   17:00 . TMA Bengawan Solo Siaga Kuning Tren Naik   |   16:00 . Pertamina EP Sukowati Field dan Pemdes Ngampel Luncurkan Produk UMKM Desa   |   15:00 . Pegawai dan Karyawan Pemkab Bojonegoro Mulai Divaksin Booster   |   14:00 . Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik, Bupati Anna Lantik 30 Pejabat Pemerintah   |   13:00 . Bupati Buka Turnamen Bulu Tangkis Ormada dan Ingatkan Pentingnya Taat Prokes   |   12:00 . Harga Minyak Goreng Turun, Stok Aman Hingga 6 Bulan   |   11:00 . Kasus DBD Naik, Permintaan Trombosit Meningkat   |   08:00 . Hari Ini Bengawan Solo Siaga Hijau Trend Naik   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Puncak HSN, UKMP Griya Cendekia UNUGIRI Gelar Webinar Literasi

blokbojonegoro.com | Sunday, 07 November 2021 20:00

Puncak HSN, UKMP Griya Cendekia UNUGIRI Gelar Webinar Literasi Webinar gelorakan literasi

 

Pengirim: Firda Rizka R. W./LIPK

blokBojonegoro.com - Budaya literasi merupakan jantung utama dalam sebuah pendidikan. Keberhasilan suatu pendidikan dapat dinilai dari tingkat kegemaran peserta didik mengenai budaya literasi. Hal tersebut sesuai dengan motto hidup Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran dan Penulisan “Griya Cendekia” UNU Sunan Giri Bojonegoro, “Bumikan Literasi, Majukan Negeri!”. 

Motto tersebut diimplementasikan dengan mengadakan Kelas Penalaran, serta mengadakan perlombaan menulis, baik tingkat regional, maupun nasional. 

UKMP “Griya Cendekia” sukses menggelar webinar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021 bertajuk “Jihad Santri Gelorakan Literasi”, Minggu (07/11/2021). Webinar tersebut merupakan acara puncak dari rangkaian perlombaan LKTI dan lomba cipta dan baca puisi pada bulan Oktober kemarin. Peserta yang lolos ke babak “Top Ten” berhak mempresentasikan hasil karyanya di depan dewan juri, Sabtu (06/11/2021).

 

Dalam webinar tersebut, Dr. Hamam Burhanuddin, M.Pd.I. turut hadir dan memberikan apresiasi kepada segenap mahasiswa yang tergabung dalam kepengurusan UKMP-GC pada tahun ini. “Momentum ini mengangkat tema yang cukup menarik. Hal ini dapat dijadikan sebagai refleksi bagi generasi milenial untuk terus meningkatkan kualitas diri guna menyongsong Indonesia Emas 2045,” harapnya.

Kemudian dilanjutkan penyampaian materi dari narasumber utama, Nita Puji Arti, Penulis buku “Assalamu’alaikum Generasi Milenial”. Penulis kelahiran Tambakrejo, Bojonegoro ini aktif dalam kampanye literasi dan telah melahirkan banyak karya tulis hingga menembus penerbit Gramedia. Pada kesempatan ini, narasumber yang akrab disapa mbak Nita, membawakan materi tentang hakikat literasi beserta jenis-jenisnya.

Menurutnya, beberapa riset menunjukkan mayoritas orang Indonesia lebih suka bermain gadget, daripada membaca buku. “Orang boleh memiliki seribu alasan untuk mengatakan ‘Tidak’. Dia hanya belum paham, bahwa satu alasan ‘Ya’ saja mampu memberi perubahan yang cukup besar,” ungkapnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, beliau menawarkan beberapa solusi untuk memecahkannya.

Di akhir sesi setelah diskusi dan tanya jawab, dilanjutkan dengan pengumuman para juara. Berdasarkan penilaian dewan juri, maka diperoleh tiga juara terbaik Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional dari Sabang sampai Merauke, yaitu Juara I diraih oleh Hanny Filda Wienaldi dari Universitas Sumatera Utara, Juara II diraih oleh Risris Salmah Andrian dari Universitas Sumatera Utara, Juara III diraih oleh Degama Figo Garsya dari ITS Surabaya. Sedangkan juara lomba cipta dan baca puisi berhasil diraih oleh Putu Putri Adelia Safitri sebagai Juara I, Muhammad Rohimat sebagai Juara II, dan Diah Ayu Pramudya Wardani sebagai Juara III. [lis]

 

*Mahasiswa UNUGIRI Bojonegoro

 

 

Tag : Netizen, pembaca, Unugiri, mahasiswa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat