10:00 . Video Proses Evakusi Badan Bus Terguling di Jalur Bojonegoro Surabaya   |   09:00 . Video Kecelakaan Bus Terguling di Jalan Bojonegoro Surabaya   |   08:00 . Bus Terguling di Jalan Bojonegoro - Surabaya   |   07:30 . Hindari Truk, Bus Terguling di Mojodeso   |   07:00 . Jangan Langsung Dimarahi Jika Nilai Sekolah Anak Menurun, Bisa Jadi Gejala Stres Belajar   |   19:00 . Pelajar Bojonegoro Ikuti Virtual Zoom Meeting Himabo Goes To Campus   |   18:00 . Sinergi TNI-Polri Bersama Wartawan Bojonegoro   |   16:00 . Dinkes Bojonegoro Catat 112 Kasus DBD, 2 Orang Meninggal   |   14:00 . Melawan Belanda dengan Ilmu Kasat Mata   |   13:00 . Suara Community Institute: Inkubasi ‘Digital Journalism dan Content Creation’   |   07:00 . Ahli Gizi: Jangan Berikan Gula Tambahan pada Anak di Bawah 2 Tahun   |   19:00 . Ban Pecah, Truk Muatan Rongsokan Terguling di Sukowati   |   18:00 . Tak Perlu Diet, Hanya Butuh Makan Berkesadaran   |   16:00 . Warga Nekat Lewati Batas Pagar Jembatan TBT Sambil Joget, Ini Pesan Kepala BPBD   |   14:00 . Selamat, Vesta Farida Kembali Pimpin PAC Fatayat NU Kanor   |  
Tue, 18 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Si EZI Bojonegoro, Satu-satunya Aplikasi Terintegrasi dengan Kemenpan

blokbojonegoro.com | Monday, 08 November 2021 21:00

Si EZI Bojonegoro, Satu-satunya Aplikasi Terintegrasi dengan Kemenpan Bupati Bojonegoro melakukan penandatanganan ZI kepada 15 SKPD di Bojonegoro. (Foto: Humas Oemkab)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sistem Evaluasi Zona Integritas (Si EZI) sebagai pendukung tim penilai internal (TPI) Inspektorat Kabupaten Bojonegoro, menjadi satu-satunya aplikasi di Indonesia yang terintegrasi dengan aplikasi evaluasi ZI milik Kemenpan RB.

Sistem ini sebagai pendukung dalam penilaian Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK), maka Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM) di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro. Maupun bisa digunakan oleh seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia, karena dikembangkan berdasarkan lembar kerja evaluasi (LKE) secara manual.

Inspektur Pembantu Pengawas Reformasi Birokrasi dan Pencegahan Tipikor Inspektorat Bojonegoro, Rahmat Junaidi, saat melaksanakan Pembinaan dan pra-Evaluasi ZI dan Reformasi Birokrasi di wilayah satuan kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Bojonegoro, menyampaikan aplikasi Si EZI merupakan satu-satunya aplikasi di Kabupaten/Kota/Provinsi di Indonesia yang sudah terintegrasi dengan aplikasi milik Menpan untuk penilaian ZI.

Sementara untuk cakupan wilayah lain, pelaksanaannya masih menggunakan LKE manual. lanjut, dalam hal ini Inspektorat bersama Bupati Bojonegoro telah berkomitmen terhadap pembangunan ZI-WBK per tanggal 4 November 2021.

"Untuk itu, bersama tim menindaklanjuti dengan melakukan pra-evaluasi sebelum evaluasi oleh Menpan," tegas Inspektur Pembantu Pengawas Reformasi Birokrasi dan Pencegahan Tipikor Inspektorat Bojonegoro, Rahmat Junaidi.

Dari hasil evaluasi, pertama telah menunjukan komitmen karena sudah disusun dan disesuaikan rencana aksi (renaksi). Namun hanya perlu disesuaikan.

Kedua, dari evaluasi menunjukkan, apapun yang sudah dibangun sistem ZI di Kominfo sudah sesuai dengan yang diharapkan. "Harapan kami renaksi disesuaikan sesuai ZI dan segera diunggah pada area-area yang ada di aplikasi Si EZI," papar Rahmat.

Di dalam pra-evaluasi, Inspektorat juga mengevaluasi terkait renaksi yang sudah disusun dan yang sudah dilaksanakan. Hasilnya, menunjukkan sudah ada keseriusan dari Kominfo untuk menjalankan renaksi. Renaksi kemudian disesuaikan dengan apa yang ditentukan di ZI dan dimasukkan ke Aplikasi Si EZI.

"Sebagai langkah awal, kita akan melakukan survey sebagai baseline mengetahui hubungan layanan antara Kominfo dan masyarakat,” imbuhnya.

Sedangkan, timeline penilaian pembangunan ZI-WBK sekitar Juli atau Nopember 2022. Dan perlu diketahui bahwa penilaian ZI-WBK bukanlah lomba. "Melainkan membangun sistem yang menunjang untuk anti korupsi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bojonegoro," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

 

Tag : Sistem, aplikasi, ZI



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat