22:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Harga Telur di Pasaran Anjlok, Peternak Ayam Petelur Mengeluh

blokbojonegoro.com | Wednesday, 17 November 2021 21:00

Harga Telur di Pasaran Anjlok, Peternak Ayam Petelur Mengeluh Para peternak ayam petelur mengadu ke DPRD. (Foto: blokbojonegoro.com/Lizza A)

 

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Peternak ayam petelur di Kabupaten Bojonegoro, mengeluh karena harga telur anjlok. Dari pantauan di pasar saat ini harga telur di bawah normal sehingga para peternak merugi. Peternak tidak bisa menutup biaya operasional harian dari hasil penjualan telur.

Ketua Paguyuban Peternak Ayam Petelor, Didik Prioman, menegaskan harga telur ayam saat di bawah batas normal yakni Rp 19.000 per kilogram. Sementara untuk batas atas Rp 20.000 harga normalnya. "Kami sebelumnya sudah melakukan hearing bersama DPRD Bojonegoro terkait harga telur yang anjlok ini," tegas Didik Prioman. 

Adapun beberapa tuntutan untuk program bantuan pangan non tunai (BPNT) menyerap telur dari hasil peternak lokal. Sebab, hal ini dapat membantu peternak ayam petelur agar tidak merugi saat harga telur mengalami anjlok.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro, Sally Atyasasmi mengatakan, anjloknya harga petelur menyebabkan para peternak telur merugi. Bahkan di antaranya memilih menutup usahanya. 

"Tingginya harga pakan dan bahan pakan ayam serta tidak stabilnya harga pasar menyebabkan peternak tidak bisa menutup biaya operasional harian dari hasil penjualan telur," sambung Sally.

Jagung merupakan salah satu bahan pakan yang saat ini harganya terlampau mahal dan pasokan tidak tercukupi. Padahal banyak petani Bojonegoro yang menanam jagung meski saat panen harga tidak stabil.

Dari para peternak sendiri. Kata dia, berharap agar bantuan pangan non tunai menyerap hasil telur peternak lokal. Solusi jangka pendek ini bisa melalui penyedia BPNT yang bekerjasama dengan penyedia lokal.

"Ini bukan hanya soal kebutuhan pasar dan rantai jual beli, tapi ada banyak yang harus dipersiapkan dari hulu sampai hilir," ucap Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro. 

Sebab, Bojonegoro kaya akan hasil pangan pertanian dan peternakan yang baik dari hasil produksi primer sekunder tersier bahkan limbahnya pun bermanfaat. Alur ini harus diperbaiki jika bahan pangan seperti padi, jagung dan kedelai kebutuhannya besar maka harus dibuat sentra-bahan pangan tersebut.

"Namun, jika bahan sudah tersedia maka tempat pengelolaan harus tersedia. Bisa berbasis kelompok didukung dengan alat produksi dan laboratorium uji untuk menjaga kualitas pakan," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : Harga, ayam, telur , peternak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more