13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Harga Telur di Pasaran Anjlok, Peternak Ayam Petelur Mengeluh

blokbojonegoro.com | Wednesday, 17 November 2021 21:00

Harga Telur di Pasaran Anjlok, Peternak Ayam Petelur Mengeluh Para peternak ayam petelur mengadu ke DPRD. (Foto: blokbojonegoro.com/Lizza A)

 

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Peternak ayam petelur di Kabupaten Bojonegoro, mengeluh karena harga telur anjlok. Dari pantauan di pasar saat ini harga telur di bawah normal sehingga para peternak merugi. Peternak tidak bisa menutup biaya operasional harian dari hasil penjualan telur.

Ketua Paguyuban Peternak Ayam Petelor, Didik Prioman, menegaskan harga telur ayam saat di bawah batas normal yakni Rp 19.000 per kilogram. Sementara untuk batas atas Rp 20.000 harga normalnya. "Kami sebelumnya sudah melakukan hearing bersama DPRD Bojonegoro terkait harga telur yang anjlok ini," tegas Didik Prioman. 

Adapun beberapa tuntutan untuk program bantuan pangan non tunai (BPNT) menyerap telur dari hasil peternak lokal. Sebab, hal ini dapat membantu peternak ayam petelur agar tidak merugi saat harga telur mengalami anjlok.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro, Sally Atyasasmi mengatakan, anjloknya harga petelur menyebabkan para peternak telur merugi. Bahkan di antaranya memilih menutup usahanya. 

"Tingginya harga pakan dan bahan pakan ayam serta tidak stabilnya harga pasar menyebabkan peternak tidak bisa menutup biaya operasional harian dari hasil penjualan telur," sambung Sally.

Jagung merupakan salah satu bahan pakan yang saat ini harganya terlampau mahal dan pasokan tidak tercukupi. Padahal banyak petani Bojonegoro yang menanam jagung meski saat panen harga tidak stabil.

Dari para peternak sendiri. Kata dia, berharap agar bantuan pangan non tunai menyerap hasil telur peternak lokal. Solusi jangka pendek ini bisa melalui penyedia BPNT yang bekerjasama dengan penyedia lokal.

"Ini bukan hanya soal kebutuhan pasar dan rantai jual beli, tapi ada banyak yang harus dipersiapkan dari hulu sampai hilir," ucap Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro. 

Sebab, Bojonegoro kaya akan hasil pangan pertanian dan peternakan yang baik dari hasil produksi primer sekunder tersier bahkan limbahnya pun bermanfaat. Alur ini harus diperbaiki jika bahan pangan seperti padi, jagung dan kedelai kebutuhannya besar maka harus dibuat sentra-bahan pangan tersebut.

"Namun, jika bahan sudah tersedia maka tempat pengelolaan harus tersedia. Bisa berbasis kelompok didukung dengan alat produksi dan laboratorium uji untuk menjaga kualitas pakan," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : Harga, ayam, telur , peternak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat