13:00 . Pembacokan Anak, Begini Kondisi Korban dan Pelaku di RSUD   |   13:00 . Akibat Korsleting Listrik, Rumah Perhutani di Temayang Ludes   |   07:00 . Ibu Hamil Harus Tahu, Kondisi Silent Killer Ini Bisa Sebabkan Komplikasi Kehamilan   |   19:00 . Liga Kacabdin Bojonegoro Wadahi Siswa Berkompetisi   |   18:00 . Halal Bi Halal, PAC ISNU Balen Mantapkan Program Kerja   |   14:00 . Libur Waisak, Harga Logam Mulia Antam Naik   |   12:00 . Masih Membludak Antre Tiket Bioskop Film KKN Desa Penari   |   11:00 . PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Kedewan Masa Bakti 2021-2023 Resmi Dilantik   |   10:00 . Pemkab Renovasi Jembatan Penghubung Kecamatan Temayang dan Sugihwaras   |   09:00 . 1 Siswa SMA di Bojonegoro Tak Lulus Ujian   |   08:00 . Bernostalgia Bareng Tamiya, Ini Tips dan Perawatannya   |   07:00 . Sering Berkeringat di Malam Hari Saat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengalami 5 Kondisi Ini   |   18:00 . Ular Sanca Kembang Ditemukan di Pekarangan Warga Banjarsari   |   17:00 . Tak Terima Diejek, Anak 13 Tahun Bacok Teman Mainnya   |   15:00 . Bentor, Sarana Transportasi Alternatif Saat Terjebak Hujan di Terminal   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Harga Telur di Pasaran Anjlok, Peternak Ayam Petelur Mengeluh

blokbojonegoro.com | Wednesday, 17 November 2021 21:00

Harga Telur di Pasaran Anjlok, Peternak Ayam Petelur Mengeluh Para peternak ayam petelur mengadu ke DPRD. (Foto: blokbojonegoro.com/Lizza A)

 

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Peternak ayam petelur di Kabupaten Bojonegoro, mengeluh karena harga telur anjlok. Dari pantauan di pasar saat ini harga telur di bawah normal sehingga para peternak merugi. Peternak tidak bisa menutup biaya operasional harian dari hasil penjualan telur.

Ketua Paguyuban Peternak Ayam Petelor, Didik Prioman, menegaskan harga telur ayam saat di bawah batas normal yakni Rp 19.000 per kilogram. Sementara untuk batas atas Rp 20.000 harga normalnya. "Kami sebelumnya sudah melakukan hearing bersama DPRD Bojonegoro terkait harga telur yang anjlok ini," tegas Didik Prioman. 

Adapun beberapa tuntutan untuk program bantuan pangan non tunai (BPNT) menyerap telur dari hasil peternak lokal. Sebab, hal ini dapat membantu peternak ayam petelur agar tidak merugi saat harga telur mengalami anjlok.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro, Sally Atyasasmi mengatakan, anjloknya harga petelur menyebabkan para peternak telur merugi. Bahkan di antaranya memilih menutup usahanya. 

"Tingginya harga pakan dan bahan pakan ayam serta tidak stabilnya harga pasar menyebabkan peternak tidak bisa menutup biaya operasional harian dari hasil penjualan telur," sambung Sally.

Jagung merupakan salah satu bahan pakan yang saat ini harganya terlampau mahal dan pasokan tidak tercukupi. Padahal banyak petani Bojonegoro yang menanam jagung meski saat panen harga tidak stabil.

Dari para peternak sendiri. Kata dia, berharap agar bantuan pangan non tunai menyerap hasil telur peternak lokal. Solusi jangka pendek ini bisa melalui penyedia BPNT yang bekerjasama dengan penyedia lokal.

"Ini bukan hanya soal kebutuhan pasar dan rantai jual beli, tapi ada banyak yang harus dipersiapkan dari hulu sampai hilir," ucap Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro. 

Sebab, Bojonegoro kaya akan hasil pangan pertanian dan peternakan yang baik dari hasil produksi primer sekunder tersier bahkan limbahnya pun bermanfaat. Alur ini harus diperbaiki jika bahan pangan seperti padi, jagung dan kedelai kebutuhannya besar maka harus dibuat sentra-bahan pangan tersebut.

"Namun, jika bahan sudah tersedia maka tempat pengelolaan harus tersedia. Bisa berbasis kelompok didukung dengan alat produksi dan laboratorium uji untuk menjaga kualitas pakan," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : Harga, ayam, telur , peternak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat