09:00 . Diluncurkan, Ini Makna Logo Hari Jadi Bojonegoro ke-345   |   08:00 . Kerusuhan di Kanjuruhan, 127 Meninggal, Ini Kronologi Versi Penonton   |   17:00 . Cedera Smith Rowe, Arteta Menegaskan Arsenal Harus Membuat Keputusan   |   16:00 . Apa Kata Zodiakmu di Awal Bulan Oktober? Simak Ulasannya   |   13:00 . Panen Jagung Pulut, Bupati Harap Gerakan Potensi Lahan untuk Tanaman Pangan   |   09:00 . Makin Turun, Harga Telur Ayam Rp23 Ribu Per Kilogram   |   22:00 . Kopri PC PMII Bojonegoro; Pembuangan Bayi Langgar HAM dan Bisa Dipidana   |   21:00 . Relawan Sedulur Kanor Deklarasi Prabowo Presiden 2024   |   20:00 . Delapan Desa di Bojonegoro Terima Program EMCL Difasilitasi GP Ansor   |   19:00 . Kick Off Liga 3 Belum Jelas, Pelatih Persibo Minta Uji Coba Lagi   |   18:00 . Persibo Ditahan Imbang BFC 1-1, Dua Pemain Disanksi Kartu Merah   |   10:00 . Warga Sekitar Kota Bojonegoro Keluhkan Air PDAM Mati, Ini Penyebabnya   |   09:00 . Bakesbangpol Himbau Warga Bojonegoro Kibarkan Bendera Setengah Tiang   |   22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |  
Sun, 02 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Prodi HKI Berikan Bekal Wawasan Kesetaraan Gender Sebagai Pondasi Ketahanan Keluarga

blokbojonegoro.com | Wednesday, 17 November 2021 16:00

Prodi HKI Berikan Bekal Wawasan Kesetaraan Gender Sebagai Pondasi Ketahanan Keluarga Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah hadir dalam virtual zoom. (Fofo: Tim LIPK untuk blokBojonegoro.com)

Pengirim: Fadhilatun Ni'mah

blokBojonegoro.com - Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Universitas Nahdlotul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro berikan bekal mahasiswa wawasan Kesetaraan Gender sebagai pondasi ketahanan keluarga secara virtual melalui Zoom meeting, Selasa (16/11/2021).

Tema yang diangkat pada webinar ini yaitu, “Kesetaraan Gender Pondasi Ketahanan Keluarga”. Webinar yang diselenggarakan oleh Prodi HKI ini sebagai salah satu bekal dalam menghadapi isu global seputar keadilan gender yang dapat menggerus keharmonisan keluarga. Oleh karena itu, diperlukan wawasan yang tuntas untuk menuju ketahanan keluarga.

“Ketuhanan keluarga itu merupakan pondasi yang awal untuk membangun keluarga berkeadilan gender,” kata Rektor Unugiri K.M. Jauharul Ma’arif, M. Pd.I., menuturkan dalam sambutannya.

Dilanjutkan sambutan dari Bupati Bojonegoro Dr. Hj. Anna Mu’awanah, M. H., bahwa kesetaraan gender di Indonesia sebenarnya sudah mantap, tinggal bagaimana kita mengisi kemantapan tersebut. Efek globalisasi terhadap kesetaraan gender harus bisa mengisi kekosongan kapasitas, Sumber Daya Manusia (SDM) para perempuan, sehingga saat diberi kesempatan harus berusaha lebih dari laki-laki.

"Kesetaraan gender merupakan bahasan paling renyah apalagi dipadu padankan dengan ketahanan keluarga. Bahasan paling intim ditengah polemik batasan antara perempuan dan laki-laki. Menggandeng dua narasumber hebat yang sangat familiar dengan bahasan kesetaraan gender, " ulas Bupati.

Dr. Nur Rofi’ah, Bil. Umz., pendiri keadilan gender sekaligus penulis buku “Nalar Kritis Muslimah” yang juga merupakan pemateri pertama dalam webinar ini. Perkataan yang dikutip dari Socrates, “Sebaik-baik lelaki adalah yang mampu memberikan perintah, dan sebaik-baik perempuan adalah yang mampu ta’at secara mutlak”.

Tidak kalah asyik dari pembahasan yang diujarkan oleh pemateri pertama, Dr. Hj. Imro’atul Azizah, M. Ag., yang menjelaskan mengenai pondasi perempuan dalam ketahanan ekonomi dampak pandemi. "Pekerjaan berat yang dilakukan oleh perempuan dirumah tangga selalu dianggap sebagai tugas dan tanggung jawab perempuan yang semestinya harus dipikulnya dan kurang dihargai,” pungkasnya.

Webinar kesetaraan gender ini semoga bisa memberikan pemahaman nalar kritis mahasiswa terutama untuk menyikapi perihal perbedaan gender dan bisa dijadikan pembelajaran kedepannya dalam membangun ketahanan dalam kekeluargaan.

*Penulis adalah anggota Lembaga Informasi dan Pengembangan Kampus (LIPK) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro.

Tag : Unu, sunan giri, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat