22:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cegah Permasalahan Bantuan Keuangan Khusus Desa, Pemkab Bojonegoro Lakukan Pembinaan

blokbojonegoro.com | Thursday, 18 November 2021 14:00

Cegah Permasalahan Bantuan Keuangan Khusus Desa, Pemkab Bojonegoro Lakukan Pembinaan Kepala DPMD Bojonegoro, Mahmuddin saat memberikan sambutan. (Foto: Humas Pemkab untuk blokBojonegoro.com)

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro tahun 2021 ini memberikan anggaran yang besar guna peningkatan pembangunan infrastruktur melalui Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKK). BKK yang tahun ini dianggarkan melalui Perubahan APBD, akhirnya per November ini sudah mulai bisa dilaksanakan.

Pasca terbitnya Peraturan Daerah (Perda) terkait perubahan APBD dan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penjabaran P APBD Tahun Anggaran 2021 serta dengan telah ditetapkannya Keputusan Bupati. Tentang penerima Bantuan Keuangan kepada desa yang bersifat khusus dan bersumber dari P APBD Tahun Anggaran 2021, maka desa dapat memulai pelaksanaan perencanaan penganggaran dan pelaksanaan BKK Desa.

"Terkait pelaksanaan BKK Desa, dalam rangka pembinaan sekaligus memberikan bekal pemahaman atas pengelolaan BKK desa agar menghindarkan desa dari permasalahan," ungkap Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah.

Maka Pemkab Bojonegoro telah mengadakan pembinaan dan pelatihan/bimbingan teknis (bimtek) terkait pengelolaan BKK Desa. Substansi, pembinaan dan pelatihan dilaksanakan sesuai institusi masing-masing OPD.

Di antaranya, BPKAD terkait pemahaman awal atas Perbup No. 87 Tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan Bantuan Keuangan Kepada Desa yang Bersifat Khusus dari APBD Kabupaten Bojonegoro. DPMD terkait mekanisme pengadaan barang dan jasa di desa, yang turut melibatkan bagian ULP Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro.

"Pelatihan tersebut ditujukan bagi kepala desa, bahkan saat ini masih berlangsung pembinaan terhadap Ketua Tim Pelaksana Kegiatan. Selain itu, dari Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang juga memberikan pembinaan terkait fasilitasi penyusunan RAB dan design," ucapnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Bojonegoro, Mahmuddin, menegaskan bahwa BKK desa merupakan upaya percepatan pembangunan infrastruktur desa. Sehingga mampu menopang pertumbuhan ekonomi desa.

Dalam pelaksanaan BKK Desa, melalui kegiatan yang dapat dilaksanakan secara swakelola oleh desa. Terdapat upaya mengoptimalkan kegiatan pasar karya masyarakat desa. "Hal tersebut juga upaya pasti dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat desa dari BKK Desa," sambung Mahmuddin.

Lanjut, dengan mulai dilaksanakannya BKK Desa. Maka faktor penting kesuksesan pelaksanaan adalah pada ketepatan dan kecepatan penyelesaian BKK Desa. "Serta tergantung dari ketepatan pelaksana kegiatan anggaran dalam penyusunan DPPA dan tim pelaksana kegiatan dalam pelaksanaan Rencana Kerja Kegiatan Anggaran (RKKA) desa," pungkasnya. [liz/ito]

 

Tag : Dinas, pmd, Bojonegoro, bantuan, keuangan, desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more