09:00 . Kawula Muda, Yuk Ikuti Dance Competition Ngelenyer Piala Bupati Bojonegoro 2022   |   08:00 . Bupati Anna Terbitkan SE Jam Kerja Terbaru Bagi Para ASN Pemkab Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Marahi Anak yang Berbohong, Begini 3 Langkah Menghadapinya   |   20:00 . Tim Pemberdayaan Sahabat Pertamina Pamerkan Karya Lansia Produktif   |   19:00 . Hari Ini Cabor Atletik Sumbang Medali Emas, Perak dan Perunggu   |   18:00 . 41 Guru Terima SK PPPK Kemenag Bojonegoro   |   15:00 . Kerjasama Perhutani dan Kimia Farma Surabaya Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum   |   14:00 . PDM Bojonegoro Tetapkan 10 Dzulhijjah Jatuh 9 Juli 2022   |   12:00 . Satpol PP Jatim Beri Pelatihan Satgas Linmas Wilayah Bakorwil Bojonegoro   |   08:00 . PBNU Tetapkan Awal Dzulhijjah 1 Juli 2022   |   07:00 . Stres Selama Kehamilan Pengaruhi Jenis Kelamin Anak, Ini   |   17:00 . Kunjungi Donggala, Mendag Zulkifli Hasan: Pastikan Fokusnya Bukan Hanya Pulau Jawa   |   16:00 . Penentuan Idul Adha, LFNU Bojonegoro Menunggu Hasil Istbat   |   15:00 . Bojonegoro Siap Jika Ditunjuk Sebagai Pemilik Aset Jembatan Glendeng   |   14:00 . Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Bersiap Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar   |  
Fri, 01 July 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kelola Stres dengan Empat Cara Ini, Bisa Dimulai dengan Luangkan Waktu

blokbojonegoro.com | Thursday, 18 November 2021 07:00

Kelola Stres dengan Empat Cara Ini, Bisa Dimulai dengan Luangkan Waktu *Ilustrasi stres (pexels.com/Anthony Shkraba)

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Stres sering dialami oleh setiap orang, baik itu remaja hingga orang dewasa. Bahkan, stres tidak pernah terpisahkan dari kehidupan kita. Salah satu penyebabnya adalah tekanan pekerjaan hingga tuntutan beban hidup.

Meski stres merupakan kondisi yang wajar, tapi jika tidak diatur dengan baik, dampak bisa meningkatkan masalah kesehatan mental. Dan parahnya, stres yang tidak dikelola bisa berujung depresi.

Agar tidak berdampak panjang, berikut empat cara untuk mengelola stres seperti yang dikutip dari Healthshots.

1. Luangkan waktu

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan meluangkan waktu sendiri. Dari cara tersebut, Anda bisa membersihkan ruang pribadi dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan. Dengan begitu, kegiatan ini dapat mengurangi tingkat stres Anda.

2. Katakan tidak tanpa harus merasa bersalah

Terkadang Anda memiliki rasa yang tidak enak ketika dimintai pertolongan. Ketika Anda menerima semua bantuan mereka, ada satu hal yang tidak Anda lihat. Anda lupa bahwa semua bantuan itu tidak sesuai kemampuan Anda, sehingga Anda lebih mudah merasakan stres saat diminta bantuan.

Maka dari itu, agar stres tidak berkepanjangan, baiknya katakan tidak ketika diminta bantuan yang tidak sesuai kemampuan Anda. Intinya, lakukan teknik ini tanpa merasa bersalah.

3. Prioritaskan hal yang lebih penting dulu

Ketika Anda ingin melakukan semuanya, terkadang Anda lupa bahwa ada yang namanya prioritas sebelum beralih melakukan hal lain. Melakukan semuanya tanpa prioritas dapat membuat mudah stres.

Maka dari itu, mulailah dengan tugas yang lebih penting dulu, baru alihkan ke tugas berikutnya. Dan jangan lupa, beri waktu sejenak untuk istirahat.

4. Bersantai

Hal yang paling penting dalam hidup adalah meluangkan waktu bersantai sejenak dari aktivitas sehari-hari.

Anda bisa luangkan waktu untuk menyesap teh panas, berjemur, mendengarkan musik, menonton film, hingga membaca buku. Selain itu, bersantai bisa meningkatkan kembali energi serta keseimbangan batin.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat