07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   22:00 . Mulai Besok, SKB CPNS Bojonegoro Diselenggarakan   |   20:00 . Lantik Kades PAW, Bupati Ajak Selaraskan Program Kesejahteraan Masyarakat   |   19:00 . Pendiri ISNU Asli Bojonegoro, Pengurus Harus Teruskan Semangat Berjuang   |   18:00 . Bupati Tunjukkan Inovasi Bojonegoro Pada Ajang Kepala Daerah Inovatif Kemendagri   |   17:00 . Awas...!! Saat Hujan Jalan Ini Rawan Tergenang   |   16:00 . Hujan Deras, Beberapa Jalan di Kota Bojonegoro Tergenang   |   12:00 . Lukisan Termahal dalam Pameran Dibandrol Rp30 Juta   |   09:00 . New Citra Rupa Bojonegoro Persembahkan Keindahan Karya Seni Lukis   |   07:00 . Psikolog Ungkap Dampak Digitalisasi Pada Kesehatan Mental: Bikin Stres dan Depresi   |   21:00 . FKS Koordinasi ke Kecamatan, untuk Wujudkan Bojonegoro Sebagai Kabupaten Sehat   |   20:00 . Harga Turun, Berikut Rincian Angka Jual Cetakan USB dan Antam   |   19:30 . Perdana, UNU Sunan Giri Launching Mars PGMI Sekaligus Kenalkan AKM   |   19:00 . Gubernur Jatim Borong Produk Disabilitas Bojonegoro   |   18:30 . YKP Gelar Diskusi Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga   |  
Sat, 27 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kementerian Agama Bojonegoro Gelar Bimbingan Pra Nikah Remaja

blokbojonegoro.com | Wednesday, 24 November 2021 12:00

Kementerian Agama Bojonegoro Gelar Bimbingan Pra Nikah Remaja Mahasiswa mengikuti bimbingan pra nikah remaja. (Foto: Kemenag untuk blokBojonegoro.com)

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kementerian Agama Bojonegoro Gelar Bimbingan Pra Nikah Remaja, Rabu (24/11/2021). Kegiatan yang biasanya diperuntukkan bagi calon pengantin sebelum melangsungkan pernikahan. Namun kali ini digelar bagi Mahasiswa sebagai bekal dan wawasan dalam mengarungi kehidupan bahtera rumah tangga pada masa yang akan datang.

Bertempat di Aula Universitas Bojonegoro (UNIGORO), dibuka secara resmi oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Bojonegoro, Munir dan diikuti oleh Mahasiswa Universitas Bojonegoro.

Kasi Bimas Islam KanKemenag Bojonegoro, Muh. Abdulloh Hafidz, saat mendampingi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bojonegoro menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, pemahaman, kepada para remaja yang akan melangsungkan pernikahan. Sebagai upaya mewujudkan keluarga samawa, sehingga nantinya dapat mengurangi angka perselisihan, perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga.

"Masing-masing materi yang diberikan sesuai dengan leading sektor pihak terkait dan materi yang disampaikan ialah tentang bagaimana mewujudkan keluarga sakinah, mengelola psikologi dalam keluarga. Materi ini akan disampaikan oleh fasilitator Kankemenag yang bersertifikasi, sedangkan materi menjaga kesehatan reproduksi serta menyiapkan generasi berkualitas akan disampaikan oleh dokter dari puskemas," papar Abdullah Hafidz.

Sebab, meski di usia remaja normal tentu muncul rasa cinta terhadap lawan jenis. Akan tetapi hal tersebut harus ditahan dan dimanfaatkan untuk motivasi ke hal yang bersifat positif karena usia pernikahan telah diatur sesuai UU No.16/2019, dimana perkawinan hanya diizinkan apabila laki-laki dan perempuan sudah mencapai 19 tahun.

"Dampak dari pernikahan dini yang sering dirasakan oleh para remaja adalah kehilangan masa indah saat remaja. Karena dengan pernikahan dini tersebut waktu yang seharusnya berkumpul dan bergaul dengan teman justru akan berakhir," jelasnya.

Sehingga, dalam bimbingan perkawinan pra nikah ini. Kemenag Bojonegoro berharap remaja usia sekolah semakin memahami tentang pentingnya tahapan pernikahan. Dengan harapan yang akan menikah betul-betul berada di usia yang matang, dewasa dan sudah mantap.

"Harapan besar kami kepada generasi muda terutama anak usia sekolah dapat lebih mawas diri. Serta dapat berpikir positif yang berlandaskan aturan agama dalam setiap kegiatan yang melibatkan hubungan lawan jenis," harapnya. [liz/ito]

Tag : bimbingan, nikah, remaja, bojonegoro, kemenag



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more