17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |  
Tue, 23 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

YKP Gelar Diskusi Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga

blokbojonegoro.com | Thursday, 25 November 2021 18:30

YKP Gelar Diskusi Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pelaksanaan Diskusi Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. (Foto: Istimewa)

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) merupakan sebuah organisasi masyarakat yang terfokus pada isu hak dan kesehatan reproduksi yang belum terpenuhi. Seperti angka kematian ibu dan anak (AKI), di mana penyumbang terbesar ialah kehamilan di usia 15 hingga 19 tahun. Hal itu menunjukkan angka perkawinan yang tinggi.

Peduli akan hal tersebut, YKP mengandeng Dinas P3AKB Bojonegoro pada diskusi penutupan program menciptakan ruang aksi pencegahan kekerasan terhadap perempuan, anak perempuan dan perkawinan anak.

Kegiatan diskusi ini dihadiri oleh Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah melalui virtual zoom meeting serta sebanyak 42 peserta perwakilan dari OPD, Organisasi Masyarakat, Aktivis Mahasiswa hingga Media. Kamis (25/11/2021).

Direktur YKP, Nanda Dwita Sari, dalam sambutannya menyampaikan pada beberapa kasus kekerasan yang marak terjadi di Indonesia. Khususnya bagi kaum wanita maupun anak, tentu saja kita masih membutuhkan langkah dan cara strategi untuk menghapus.

"Diantaranya kerjasama kolektif semua pihak/masyarakat, adaptasi bahan lebih baik, hingga perubahan sekecil apapun dapat memberikan berarti. Serta diperlukan komitmen agar terus mendapatkan perhatian dan menjadi modal keberhasilan," papar Nanda Dwita Sari.

Sementara itu, Country Director OXFAM Indonesia, Maria Lauranty, menyampaikan bahwa Indonesia bagian dari komunitas Global memiliki komitmen. 9 tahun mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, menghapus praktek membahayakan perkawinan paksa pada anak serta sunat bagi anak perempuan.

"Ini merupakan komitmen bersama dalam menghapus, sehingga apa yang kita lakukan hari ini tidak terhenti. Dengan harapan tidak ada anak yang menikah di usia dini serta memberikan kontribusi perubahan batas usia minimal dan ini merupakan capaian bersama," imbuhnya.

Perlu kita ketahui bersama, selama Pandemi Covid-19 banyak data yang menyebutkan bahwa kekerasan terhadap perempuan meningkat. "Ini merupakan modal awal memperjuangkan keadilan bagi perempuan/anak perempuan di Indonesia," ucapnya.

Terpisah melalui virtual zoom meeting, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, mengungkapkan diskusi ini merupakan langkah pencegahan kekerasan bagi anak dan perempuan. Maka bagaimana caranya kaum perempuan mendapatkan ilmu pengetahuan yang sesuai. "Sehingga dia bisa memperjuangkan hak-haknya. Baik itu kesempatan, advokasi diri bahwa perempuan memiliki hak yang sama dengan kaum laki-laki," sambung Bupati Anna.

Harapan kami kedepan mampu memberikan rekomendasi yang baik, tepat digunakan Pemkab Bojonegoro di dalam membuat kebijakan peran perempuan di bidang sektor kesehatan anak, sektor penanggulangan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Sehingga bisa dilakukan untuk langkah kebijakan selanjutnya.

"Tahun berikutnya melalui Musrenbang nanti Pemkab Bojonegoro segera menyusun Musrenbang yang melibatkan para kaum perempuan. Sehingga bisa menjadi rumusan kebijakan yang berpihak pada kaum perempuan," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : kdrt, perwakinan, anak, p3akb, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat