Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pendiri ISNU Asli Bojonegoro, Pengurus Harus Teruskan Semangat Berjuang

blokbojonegoro.com | Friday, 26 November 2021 19:00

Pendiri ISNU Asli Bojonegoro, Pengurus Harus Teruskan Semangat Berjuang Para pengurus PAC ISNU Balen sedang berpose bersama. (Foto: blokbojonegoro.com/M.Yazid)

 

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Sejarah panjang berdirinya organisasi Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) menjadi badan otonom NU (Banom NU) tidak lepas dari Kabupaten Bojonegoro. Pasalnya pendiri organisasi yang mewadahi para Sarjana NU ini salah satunya orang asli Bojonegoro tepatnya dari Kecamatan Padangan.

Untuk itu, pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) ISNU Kecamatan Balen kali ini diharapkan mampu menjadi penerus semangat perjuangan pendiri ISNU yang sekarang sudah resmi menjadi Banom NU. "Pendiri ISNU dan Ketua Umum pertama, Prof Aboe Ammar dari Kecamatan Padangan Bojonegoro," kata Ketua PC ISNU Kabupaten Bojonegoro, Yogi Prana Izza, saat melantikan pengurus PAC ISNU Kecamatan Balen, di TPQ Nur Rowi Desa Mayangkawis, Jumat (26/11/2021).

Diceritakan Pak Yogi, perjuangan ISNU menjadi badan otonom saat agenda Mukmatar NU di Makasar, Prof Aboe Ammar perjuangan menjadikan ISNU menjadi Banom NU yang diback up Prof Mahmud Mustain, Ketua PW ISNU Jawa Timur pertama. Sedangkan Konggres ISNU pertama diadakan di Unisda pada tahun 2012.

"Ketua ISNU Bojonegoro pertama dokter Ubed (Ketua PC NU Bojonegoro dua periode). Semoga ISNU Bojonegoro tetap semangat dan mengamalkan ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah," terangnya.

Dosen Unugiri Bojonegoro itu menuturkan, sesuai AD ART (Anggaran Dasar - Anggaran Rumah Tangga) ISNU mengamanatkan kepengurusan ISNU ditingkat kecamatan, kalau sebelumnya hanya ditingkat kabupaten. "Berbagai kegiatan diadakan ISNU mulai majlis dzikir yang rutin diadakan dan majlis pikir," tuturnya.

Sementara itu perwakilan MWC NU Balen, Ahmad Syakir mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus PAC ISNU Kecamatan Balen. Pasalnya anggota ISNU yang beranggotakan banyak komponen sarjana NU, bisa mengembangkan NU di Kecamatan Balen ke depan.

"Sebagai pengurus ISNU harus kober, seger dan banter. Jangan sampai sarjana Gaptek (gagap teknologi) dan harus menjadi sarjana NU yang militan diberkahi Allah," ungkapnya.

Selanjutnya, Ketua PAC ISNU Kecamatan Balen, Abdul Ghoni Asror menambahkan, keberadaan ISNU di Kecamatan Balen baru pertama kali sehingga perlu dukungan dan bimbingan semuanya. Pasalnya sarjana NU di Kecamatan Balen berkecimpung diberbagai profesi dan latar belakang pendidikan berbeda-beda.

"Potensi besar sarjana NU di Kecamatan Balen perlu diwadahi ISNU, untuk membesarkan NU di Kecamatan Balen secara komperhensif," pungkasnya.

Tampak saat pelantikan PAC ISNU Balen dihadiri jajaran pengurus, ketua PC ISNU Bojonegoro dan MWC NU Kecamatan Balen. Sekaligus mengundang forkopimca (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) dan kepala Desa Mayangkawis. Setelah prosesi pelantikan selesai, dilanjutkan rapat kerja untuk merumuskan program kerja ISNU Kecamatan Balen tiga tahun kedepan. [zid/lis]

 

 

Tag : Pelantikan, pengurus, ISNU



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini