10:00 . Video Proses Evakusi Badan Bus Terguling di Jalur Bojonegoro Surabaya   |   09:00 . Video Kecelakaan Bus Terguling di Jalan Bojonegoro Surabaya   |   08:00 . Bus Terguling di Jalan Bojonegoro - Surabaya   |   07:30 . Hindari Truk, Bus Terguling di Mojodeso   |   07:00 . Jangan Langsung Dimarahi Jika Nilai Sekolah Anak Menurun, Bisa Jadi Gejala Stres Belajar   |   19:00 . Pelajar Bojonegoro Ikuti Virtual Zoom Meeting Himabo Goes To Campus   |   18:00 . Sinergi TNI-Polri Bersama Wartawan Bojonegoro   |   16:00 . Dinkes Bojonegoro Catat 112 Kasus DBD, 2 Orang Meninggal   |   14:00 . Melawan Belanda dengan Ilmu Kasat Mata   |   13:00 . Suara Community Institute: Inkubasi ‘Digital Journalism dan Content Creation’   |   07:00 . Ahli Gizi: Jangan Berikan Gula Tambahan pada Anak di Bawah 2 Tahun   |   19:00 . Ban Pecah, Truk Muatan Rongsokan Terguling di Sukowati   |   18:00 . Tak Perlu Diet, Hanya Butuh Makan Berkesadaran   |   16:00 . Warga Nekat Lewati Batas Pagar Jembatan TBT Sambil Joget, Ini Pesan Kepala BPBD   |   14:00 . Selamat, Vesta Farida Kembali Pimpin PAC Fatayat NU Kanor   |  
Tue, 18 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021

blokbojonegoro.com | Tuesday, 07 December 2021 12:00

Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021 Penilaian Evaluasi Program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2021 secara daring. (Foto: Humas Pemkab untuk blokBojonegoro.com)

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro mengikuti Penilaian Evaluasi Program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2021 secara daring, di gedung command center PIP Pemkab Bojonegoro. Kegiatan ini dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda dan di ikuti Kadin Kominfo, Inspektorat, Bappeda, BPKAD, Kabag Organisasi serta Ketua Timlak DTIK.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Kementrian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementrian PPN/Bapenas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan serta Kementerian PAN dan RB. Dalam kegiatan ini, tim penilaian evaluasi terdiri dari para ahli. Diantaranya Rudi Hartanto dari Universitas Gajah Mada, Hery Abdul Azis dari Kemenkominfo dan Rosikin dari Kemen PAN-RB.

Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro, Nur Sujito, menyampaikan regulasi yang mendasari pelaksanaan Smart City di Kabupaten Bojonegoro, yaitu Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Masterplan Smart City Kabupaten Bojonegoro Tahun 2018 -2023. Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 13 Tahun 2020 tentang Masterplan Smart City Kabupaten Bojonegoro Tahun 2019 -2023, peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 17 Tahun 2021 tentang Satu Data Kabupaten Bojonegoro," papar Nur Sujito.

Selain itu, telah diterbitkan Surat Edaran Sekretaris Daerah Tanggal 13 September 2019 Nomor 473.1/570/412.213/2019 untuk Penerapan Masterplan Smart City di semua OPD. Inti dari program Smart City ini adalah masyarakat Bojonegoro yang sejahtera, Pemkab Bojonegoro yang produktif dan energik, serta masyarakat sejahtera sebagai gol.

"Gambaran anggaran Smart City Boj

onegoro dari APBD Kabupaten Bojonegoro untuk belanja IT hingga tahun 2020 juga selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal Ini untuk memperkuat Smart City Kabupaten Bojonegoro," ucapnya.

Selanjutnya, disampaikan bahwa 5% dari APBD Bojonegoro tahun 2020 diantaranya telah dilaksanakan beberapa hal seperti penguatan SDM TIK melalui kegiatan pelatihan, pembangunan 6 videotron (terbanyak di Jatim), revitalisasi pasar tradisional (sampai saat ini ada 4 pasar). Kartu Petani Mandiri untuk membantu penyediaan pupuk/benih/pasca panen bagi petani yang lahannya dibawah 2 hektar.

Perbaikan 3.704 unit Rumah Tidak Layak Huni yang pada 2021 menyasar sekitar 7.000 RTLH. Pemkab Bojonegoro juga membangun jembatan Luwehaji – Blora untuk mensupport Bandara Ngloram Blora. Kemudian kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional yang hingga saat ini dengan jumlah penduduk 1,3 juta, sebanyak 97,86% telah dicover dengan JKN, sudah UHC. Begitu pula untuk peningkatan SDM ada beasiswa perguruan tinggi (Program Dua Sarjana Satu Desa, beasiswa Scientist dan beasiswa untuk masyarakat miskin).

Sementara itu, terkait penguatan 419 desa yang merupakan bagian dari Pemkab Bojonegoro, semuanya telah disediakan aplikasi/website Sistem Informasi Desa (SID) yang terangkum dalam website Satu Data Bojonegoro (https://data.bojonegorokab.go.id). Pemkab melalui Dinas Kominfo juga melatih operator semua desa dan menyediakan helpdesk.

"Pelayanan existing hari ini terdapat 103 aplikasi yang aktif digunakan sekitar 70an yang beberapa sudah interoperabilitas dengan aplikasi internal maupun di pusat. Terkait anggaran Smart City, kami juga mendapat dukungan anggaran CSR perusahaan diantaranya untuk penanganan Covid-19 dan penguatan SDM dengan AWS," imbuhnya.

Lebih lanjut, Nur Sujito memaparkan capaian 6 dimensi Smart City Bojonegoro. Pertama, Smart Government yang terbaru adalah Satu Data Bojonegoro dengan capaian tahun 2020. Diantaranya, WTP 6 kali berturut-turut dan Indeks SPBE 2,97 yang pada tahun 2021 ditargetkan naik menjadi 3,50. kedua, Smart Branding Pemkab memprioritaskan pengembangan wisata dengan target 2021 berupa penguatan 20 desa wisata, penguatan desa mandiri, penataan 4 pasar tradisional dan penyelenggaraan 17 event festival.

"Ketiga, smart economy melalui program kartu petani mandiri (KPM), kartu pedagang produktif (KPP), beasiswa perguruan tinggi, dana alokasi khusus pendidikan, revitalisasi pasar tradisional. Target 2021 untuk 57.000 petani memiliki KPM, 35.000 pedagang memiliki KPP, penurunan presentase penduduk miskin, 6 pelatihan kerja dan 3 job fair serta bantuan modal Ke -30 Bumdes," ucapnya.

Keempat, smart living seperti bidang kesehatan pengembangan aplikasi Siap RS berbasis mobile, kampung KB dan tanggap covid-19. Capaian tahun 2020 diantaranya status jalan mantap di Bojonegoro eksisting saat ini sepanjang 670 kilometer. Sedangkan target tahun 2021 adalah 3,915 unit RTLH diperbaiki, penuntasan 190,67 kilometer jalan cor Kabupaten dan penurunan presentase baduta stunting.

Kelima, smart society melalui penyediaan gedung pusat informasi publik berupa media center, command center, smart technology building dengan lokasi desa yang telah tersambung fiber optic, kegiatan sambang desa sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat langsung. Serta program cangkrukan karo bu’e sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat yang dilaksanakan di pendopo Malowopati, beasiswa perguruan tinggi dan pelatihan SDM IT.

Keenam, capaian smart environment antara lain pembangunan infrastruktur sudetan kali gandong, pengurangan dampak banjir bandang, peresmian waduk gongseng, pengendalian banjir, pengairan pertanian di tujuh kecamatan, penyediaan air baku, ruang terbuka hijau (RTH), taman wisata desa, pembangunan trotoar dan pembangunan pusat bibit tanaman.

Pada akhir penilaian evaluasi smart city, Nur Sujito, menyampaikan bahwa Bojonegoro adalah Kabupaten yang terbuka dalam informasi publik. Kabupaten Bojonegoro meraih penghargaan tertinggi (A) pada kategori Badan Publik Informatif tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Salah satu desa di Bojonegoro yakni Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang.

Di tahun 2020 menempati posisi 9 sebagai desa terbuka tingkat nasional, existing sampai hari ini ada desa ngambon dan desa tlogorejo, dimana tlogorejo meraih 2 kriteria sebagai desa dengan penyediaan laporan berkala terbaik dan desa dengan penyediaan informasi setiap saat terbaik.

"Quick win kami tahun 2021 ada 4 program, diantaranya yang segera rilis adalah Kartu Potensi Olahraga Bojonegoro bahwa kami memupuk bibit-bibit atlit dari kecil. Pemkab Bojonegoro telah menyediakan bantuan dari APBD untuk tahun 2022 sebesar 13 milyar," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : smart, city, bojonegoro, kemenkominfo, kemn pan rb



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat