18:00 . Kaesang Harap Milenial di Bojonegoro Merapat ke Setyo Wahono   |   09:00 . Gandeng KEPPK Nasional Kemenkes RI, LPPM STIKes Rajekwesi Bojonegoro Gelar EDL dan SIM EPK   |   08:00 . Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri Ikut Jatim Media Summit 2024   |   06:00 . Sekjen PBNU: Jangan Pilih Calon yang Intervensi NU   |   21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Thu, 25 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Puskesmas Balen Sukses Raih Penghargaan dari Kemenkes Inovasi Alat Kesehatan Tanpa Merkuri

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 December 2021 20:00

Puskesmas Balen Sukses Raih Penghargaan dari Kemenkes Inovasi Alat Kesehatan Tanpa Merkuri Penyerahan penghargaan inovasi alat kesehatan bebas merkuri. (Foto: dokumentasi Puskesmas Balen)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Puskesmas Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro sukses menorehkan prestasi. Baru-baru ini menerima Piagam Penghargaan dari Kementerian Kesehatan atas keberhasilannya berinovasi menggunakan alat kesehatan tanpa kandungan merkuri.

Kepala Puskesmas Balen, dr. Vera Agustina, mengaku sangat bersyukur atas torehan piagam penghargaan tersebut. Menurut dia, penghargaan ini merupakan salah satu wujud komitmen dalam upaya mengoptimalkan layanan yang aman kepada para pasien, sekaligus terhadap pelestarian lingkungan.

"Hal tersebut kami lakukan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 41 Tahun 2019 tentang penghapusan dan penarikan alat kesehatan bermerkuri di fasilitas pelayanan kesehatan," tegas dr. Vera Agustina.

Mulai tahun 2020, pihaknya sudah mulai mendata dan mengumpulkan alat kesehatan bermerkuri untuk ditarik peredarannya dan tidak digunakan untuk pelayanan lagi. Tak hanya diterapkan di Puskesmas saja, tapi alkes tersebut juga ditarik dari seluruh jaringanya seperti Pondok Beresalin Desa (Polindes), Pos Kesehatan Desa (Ponkesdes) dan Puskesmas Pembantu (Postu).

"Batas akhir penggunaan alat kesehatan bermerkuri untuk pelayanan yaitu Desember 2020 lalu. Semenjak itu kita mengganti tensimeter, dengan magnetic spygmomanometer, sedangkan thermometer kita beralih ke digital," ungkapnya.

Guna mematuhi Permenkes, dr. Vera terus berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk menyelaraskan kebijakan-kebijakan baru. Alhasil usahanya tidak sia-sia. Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional ke-57, Puskesmas Balen sukses menjadi satu-satunya Puskesmas di Kabupaten Bojonegoro yang mendapatkan piagam penghargaan tersebut.

"Alhamdulillah, Puskesmas Balen menjadi satu-satunya puskesmas di Kabupaten Bojonegoro yang menerima piagam penghargaan. Bersamaan dengan RS Aisyiah Bojonegoro, RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesomo dan juga RSUD Sumberrejo,”pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Kebijakan, kemenkes, Puskesmas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat