16:00 . 295 WBP Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan, 6 Napi Langsung Bebas   |   15:00 . DWP Kemenag Bojonegoro Gelar Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis Gratis   |   13:00 . 49 SMA di Bojonegoro Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka   |   09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |   13:00 . Persibo Buka Seleksi Pemain, Eks Liga 2021 Apakah Masih Digunakan?   |   12:00 . Resmi Mendaftar, Gerindra Bojonegoro-Tuban Satukan Kekuatan Menangkan Prabowo   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ragam Penyebab Anak Bolos Sekolah, Benarkah Salah Satunya Antisosial?

blokbojonegoro.com | Thursday, 16 December 2021 07:00

Ragam Penyebab Anak Bolos Sekolah, Benarkah Salah Satunya Antisosial?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bolos sekolah yang dilakukan oleh anak-anak memiliki beragam penyebab. Benarkah salah satu di antaranya adalah antisosial?

Mengutip dari buku Happy Parenting: Without Spanking Or Yelling (2017) Novita Tandry, ternyata orangtua cukup khawatir jika anak memilih bolos sekolah. Lalu, apa saja penyebab anak memilih bolos sekolah?

Sekolah Merupakan Tempat yang Membosankan

Anak yang mengalami fase bosan di sekolah ternyata memilih jalan untuk bolos. Tentu tidak sendirian, melainkan ada teman-temannya yang mengundang untuk ikut membolos.

Meski bolos sekolah karena bosan bisa sementara, tetapi kalau hobi cabut bisa bikin masalah di sekolah. Terutama akademik sang anak.

Pengaruh Dari Teman-Temannya

Seperti yang dikatakan sebelumnya, anak yang memilih bolos dari sekolah bisa terjadi karena faktor pengaruh teman-temannya.

Kerap mereka akan menggoda seseorang untuk bolos sekolah, bisa pergi ke warnet maupun nongkrong yang jauh dari akses sekolah. Duh, perlu hati-hati ya parents!

Bolos Sekolah Bisa Terjadi Karena Masalah Di Luar

Anak yang memilih bolos sekolah tak hanya dari pengaruh teman-temannya. Tetapi, ada masalah yang terjadi di luar lingkungan sekolah.

Misalnya, masalah orangtua yang sibuk bekerja sehingga anak kurang perhatian.

Terjadi Karena Perilaku Antisosial

Anak yang memilih bolos sekolah bisa terjadi karena memiliki perilaku antisosial.

Jika anak Anda mengalami masalah yang serius dan di luar kendali, sebagai orangtua Anda membantu anak untuk mencari bantuan di luar. Salah satunya psikolog.

Kurangnya Pengawasan

Terjadinya bolos yang dilakukan anak bisa terjadi adanya kurang pengawasan dari pihak sekolah maupun orangtua siswa.

Karena itu, hal yang perlu dilakukan adalah komunikasi dari pihak rumah dan juga sekolah, di mana perlu dibina lebih akrab agar bolos tidak terjadi secara berulang.

Melihat Sesuatu Yang Mengundang Untuk Bolos

Tidak hanya pengaruh dari teman maupun bosan, ternyata anak yang bolos disebabkan karena melihat sesuatu yang menarik.

Ketika anak mengalami fase tertekan karena sekolah, sesuatu yang menarik ini bisa mengundang mereka untuk bolos. Misalnya, bolos ke warnet atau nongkrong di tempat basecamp mereka.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, anak bolos sekolah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat