12:00 . Bekerja 38 Hari, Inilah Jadwal Pembentukan Pantarlih   |   11:00 . Puskesmas Buka Layanan Pemeriksaan Kesehatan untuk Syarat Pantarlih   |   07:00 . 19 Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi   |   23:00 . Inilah Jejak Karier DR. Didik Farkhan Alisyahdi, Kajati Banten   |   22:00 . Didik Farkhan, Putera Terbaik Bojonegoro Jabat Kajati Banten   |   20:00 . IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network   |   16:00 . Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar   |   14:00 . Selama Tahun 2022, PETI Dominasi Kasus Hukum Sektor Pertambangan Minerba   |   13:00 . Diberangkatkan Bupati, STIKES Rajekwesi Mulai KKN Tematik Desa Tangguh   |   07:00 . 7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia   |   23:00 . Libatkan Puluhan Pekerja Kreatif dan Ratusan Ekstras asli Bojonegoro   |   22:00 . Tangis Haru Mbah Painem Asal Gondang Bisa Masuk Film Internasional   |   20:00 . Tayang Perdana di Bojonegoro, Film Autobiography Disambut Warga   |   19:00 . Jalan Utara Pasar Kota Bojonegoro Jadi Dua Arah, Dishub : Murni Program Pemkab   |   18:00 . Benarkah Pedagang Pasar Wisata Akan Ditarik Iuran Rp200 Ribu?   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jaga Keberagaman Masyarakat, Bakesbangpol Bojonegoro Gelar Seminar FPK

blokbojonegoro.com | Friday, 24 December 2021 09:00

Jaga Keberagaman Masyarakat, Bakesbangpol Bojonegoro Gelar Seminar FPK

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bakesbangpol Bojonegoro menggelar seminar forum pembaruan kebangsaan (FPK) bagi masyarakat Bojonegoro. Seminar ini sebagai langkah mendorong menjaga keberagaman suku, agama, ras dan golongan untuk bisa mewujudkan kekuatan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Bojonegoro, Mahmudi mengungkapkan, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) memilki peran yang sangat penting dan strategis membantu pemerintah dalam menjaga kesatuan dan keutuhan bangsa.

Masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Timur terdiri dari beragam suku, agama, ras dan golongan. Di era globalisasi sekarang ini, masyarakat mengalami adanya penggerusan nilai-nilai kebangsaan. "Tentu hal ini dapat mengakibatkan rentan terhadap konflik di masyarakat," tegas Mahmudi.

Kendati ada juga pola hidup yang individulaistik, lanjut Mahmudi, diantaranya mengagungkan kebebasan, namun nyatanya tidak pernah terjadi konflik. Hal ini menunjukan meski masyarakat Jawa Timur memiliki latar belakang suku, agama dan ras yang berbeda, namun harmonisasi, kerukunan serta persatuan tetap terjaga.

"Salah satu buktinya, masyarakat di Kabupaten Bojonegoro, dan selalu menjaga kerukunan meski berbeda dalam keyakinan," terangnya.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Bangkesbangpol ini berharap, melalui FPK Bojonegoro mampu menjadi motivator. Termasuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kerukunan dan pembauran.

"FPK harus berada di depan, untuk menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan disharmonisasi dalam kehidupan beragama, bernegara dan bermasyarakat," tambah Mahmudi. Kedepannya perlu merajut kebhinnekaan dengan saling menghargai dan toleransi, merangkul semua perwakilan suku, etnis dan ras yang ada di Bojonegro ini yang terhimpun di FPK.

Bahkan, masyarakat perlu menampilkan Nusantara melalui gelar budaya, seni dan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia. Baik bagi para pendatang maupun perantau di Bojonegoro dan mengajak agar semua menjaga semangat dimana tempat bumi dipijak, disana langit dijunjung. "Sehingga kekhawatiran akan perpecahan dan pertikaian di antara kita tidak akan terjadi," pungkasnya. [liz/mu]

 

Tag : diskusi bakesbangpol, Seminar FPK, forum pembaruan kebangsaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more