07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   21:00 . Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo   |   20:00 . Mendag: Melalui G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Tinggal Tunggu Sertifikasi Operasi, Bendungan Gongseng Siap Beroperasi   |   18:30 . Debit Air Naik, Bengawan Solo Siaga   |   18:00 . Melalui Radio, Kasatlantas Kampanyekan Tertib Lalu Lintas   |   17:00 . TMA Bengawan Solo Siaga Kuning Tren Naik   |   16:00 . Pertamina EP Sukowati Field dan Pemdes Ngampel Luncurkan Produk UMKM Desa   |   15:00 . Pegawai dan Karyawan Pemkab Bojonegoro Mulai Divaksin Booster   |   14:00 . Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik, Bupati Anna Lantik 30 Pejabat Pemerintah   |   13:00 . Bupati Buka Turnamen Bulu Tangkis Ormada dan Ingatkan Pentingnya Taat Prokes   |   12:00 . Harga Minyak Goreng Turun, Stok Aman Hingga 6 Bulan   |   11:00 . Kasus DBD Naik, Permintaan Trombosit Meningkat   |   08:00 . Hari Ini Bengawan Solo Siaga Hijau Trend Naik   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kampung Tumo Bojonegoro, Tempat Sekolah Pramugari dan Wisata Edukasi

blokbojonegoro.com | Tuesday, 28 December 2021 22:00

Kampung Tumo Bojonegoro, Tempat Sekolah Pramugari dan Wisata Edukasi

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Liburan bersama keluarga untuk menikmati alam akhir-akhir ini banyak diminati. Namun dalam kondisi pandemi, banyak destinasi yang harus memenuhi protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Sedangkan di Bojonegoro sendiri terdapat tempat wisata untuk berkumpul bersama keluarga, teman atau pasangan di tengah alam, yaitu Kampung Tumo.

Kampung Tumo sendiri terletak di Dusun Tumo, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Bahkan tempat ini juga dikenal dengan keasrian alamnya yang masih terjaga.

Sejarah berdirinya Kampung Tumo ini, dahulu merupakan tempat bersekolah bagi para peminat pramugari maupun perhotelan dengan standar yang cukup tinggi. Dengan menerapkan bahasa keseharian Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa Internasional.

Kang Priyo, pria asal Dusun Tumo sendiri yang juga masih aktif di salah satu maskapai penerbangan Internasional. Digadang-gadang sebagai inisiasi pendiri sekolah pramugari kampung tumo. Ia dibantu rekan-rekannya dalam membangun sekolah ini dan lulusannya telah tersebar di beberapa maskapai di Indonesia bahkan Internasional.

"Kampung Tumo ini awalnya kita buat sebagai training center. Jadi kita adalah cabang kedua dari kampung Pare Kediri atau yang dikenal Kampung Inggris," tegas Kang Priyo.

Lanjut kang priyo, ia menjelaskan bahwa dari sanalah semangatnya tercipta dan direalisasikan di tanah kelahirannya sendiri. Keputusan ini diambil karena kegiatan mengajar kadang bisa sampai malam hari sehingga tidak ingin mengganggu ketenangan warga sekitar.

"Saya memilih lokasi ini karena letaknya berada di tengah sawah agar jauh dari permukiman warga," ucapnya.

Dari sinilah para murid pramugari dan perhotelan memperoleh materi pembentukan karakter serta mindset. Menurutnya, ini sangat penting untuk menjadi bekal para murid di lapangan kerja nantinya.

"Pembekalan karakter ini adalah sebuah pelatihan, pengembangan diri yang di peruntukkan untuk kategori anak, remaja dan dewasa," imbuhnya.

Serta pelatihan pengembangan
diri yang meliputi berbagai jenis pelatihan. Seperti motivation training, mental building, character building, leadership, public speaking, team work hingga attitude.

"Peserta yang mendaftar bersekolah di Kampung Tumo sudah mencapai se-Indonesia. Karena masih pandemi, sekolahnya belum kami buka untuk pendaftaran selanjutnya," pungkasnya. [liz]

Tag : kampung tumo, wisata



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat