17:00 . Akibat Luapan Kali Pacal, Jembatan Penghubung di Sidobandung Ambruk   |   16:00 . KBC Bersama Pemuda Tlogohaji, dan Babinsa Sinergi Perbaiki Rumah Mbah Urip   |   07:00 . Para Orang Tua Wajib Paham, Ini 4 Tanda Anak Cerdas   |   18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |   13:00 . Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat   |  
Sat, 03 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kampung Tumo Bojonegoro, Tempat Sekolah Pramugari dan Wisata Edukasi

blokbojonegoro.com | Tuesday, 28 December 2021 22:00

Kampung Tumo Bojonegoro, Tempat Sekolah Pramugari dan Wisata Edukasi

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Liburan bersama keluarga untuk menikmati alam akhir-akhir ini banyak diminati. Namun dalam kondisi pandemi, banyak destinasi yang harus memenuhi protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Sedangkan di Bojonegoro sendiri terdapat tempat wisata untuk berkumpul bersama keluarga, teman atau pasangan di tengah alam, yaitu Kampung Tumo.

Kampung Tumo sendiri terletak di Dusun Tumo, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Bahkan tempat ini juga dikenal dengan keasrian alamnya yang masih terjaga.

Sejarah berdirinya Kampung Tumo ini, dahulu merupakan tempat bersekolah bagi para peminat pramugari maupun perhotelan dengan standar yang cukup tinggi. Dengan menerapkan bahasa keseharian Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa Internasional.

Kang Priyo, pria asal Dusun Tumo sendiri yang juga masih aktif di salah satu maskapai penerbangan Internasional. Digadang-gadang sebagai inisiasi pendiri sekolah pramugari kampung tumo. Ia dibantu rekan-rekannya dalam membangun sekolah ini dan lulusannya telah tersebar di beberapa maskapai di Indonesia bahkan Internasional.

"Kampung Tumo ini awalnya kita buat sebagai training center. Jadi kita adalah cabang kedua dari kampung Pare Kediri atau yang dikenal Kampung Inggris," tegas Kang Priyo.

Lanjut kang priyo, ia menjelaskan bahwa dari sanalah semangatnya tercipta dan direalisasikan di tanah kelahirannya sendiri. Keputusan ini diambil karena kegiatan mengajar kadang bisa sampai malam hari sehingga tidak ingin mengganggu ketenangan warga sekitar.

"Saya memilih lokasi ini karena letaknya berada di tengah sawah agar jauh dari permukiman warga," ucapnya.

Dari sinilah para murid pramugari dan perhotelan memperoleh materi pembentukan karakter serta mindset. Menurutnya, ini sangat penting untuk menjadi bekal para murid di lapangan kerja nantinya.

"Pembekalan karakter ini adalah sebuah pelatihan, pengembangan diri yang di peruntukkan untuk kategori anak, remaja dan dewasa," imbuhnya.

Serta pelatihan pengembangan
diri yang meliputi berbagai jenis pelatihan. Seperti motivation training, mental building, character building, leadership, public speaking, team work hingga attitude.

"Peserta yang mendaftar bersekolah di Kampung Tumo sudah mencapai se-Indonesia. Karena masih pandemi, sekolahnya belum kami buka untuk pendaftaran selanjutnya," pungkasnya. [liz]

Tag : kampung tumo, wisata



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat