Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati Anna: Keberimbangan Media Harus Proporsional Dalam Cara Pandang Memberikan Informasi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 29 December 2021 20:30

Bupati Anna: Keberimbangan Media Harus Proporsional Dalam Cara Pandang Memberikan Informasi Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah hadir secara virtual dalam media gathering. (Foto: Humas Pemkab untuk blokBojonegoro.com)

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro, menggelar Gathering dan Ngopi Bareng bersama media di Rumah Inspirasi, Rabu (29/12/2021).

Acara tersebut digelar untuk meningkatkan sinergitas antara media dan Pemkab Bojonegoro selama ini. Perlu diketahui, keberadaan media sangat penting ditengah meningkatnya proses pembangunan daerah. Sehingga dibutuhkan keberimbangan dalam sebuah pemberitaan sebagai roh pembangunan di Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, mengatakan, Dewan Pers juga ingin menerapkan beberapa kebijakan untuk memberikan edukasi karena era media sekarang ini sudah tidak terbatas.

"Maka untuk keberimbangannya media harus proporsional didalam cara pandang untuk memberikan informasi kepada warga," tegas Bupati Anna.

Sehab, ada berita dari media sosial yang notabene banyak sekali seperti facebook, IG, twitter, termasuk juga whatsApp group.

Dalam era digital sekarang ini, sebagai pejabat yang dipilih mungkin memiliki beban dan tanggung jawab yang lebih. Sehingga butuh sinergitas antara  Pemkab dan media dalam memberikan informasi. "Silahkan menyampaikan informasi berisi kritikan namun membangun dengan pemberitaan yang proporsional," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro, Nur Sujito, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih pada saran dan masukan yang membangun dari para jurnalis.

"Kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan sinergitas dan edukasi pada masyarakat terkait publikasi kebijakan. Selain itu memberi materi jurnalisasi di masa era digital," sambung Nur Sujito.

Hal senada disampaikan pula oleh Ketua Dewan TIK Kabupaten Bojonegoro, Boedy Irhadtanto, mengatakan era digital membuat media konvensional harus berganti ke digital. Sebab, era publikasi saat ini pun telah beralih ke digital. Sehingga kolaborasi antara jurnalistik dan media pendukung digital menjadi penting.

"Strategi baru jurnalisme berbasis data ke depan yaitu infografis. Sehingga begitu orang membaca, langsung tahu mana yang menarik. Dua menit sudah cukup," imbuhnya.

Kolaborasi antara jurnalistik dan infografis menjadi tantangan baru untuk memberi kesan pada berita yang segitu banyaknya untuk kemudian bisa disampaikan lewat infografis secara padat. Selain itu, media online harus kreatif dalam pengaplikasian, serta penyampaian berita berbasis data cukup satu lembar dengan menggunakan simbol yang langsung mengena.

"Masyarakat saat ini kebanyakan menggunakan Instagram. Sehingga media online mengkuti. Kedepan, masyarakat tidak hanya membutuhkan berita tetapi juga edukasi. Dengan harapan masyarakat akan menilai dari sana untuk menjadi rujukan media mana yang kredibel dan akurat," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : media, gathering, pers, kominfo, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini