Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Olah Limbah Pria Asal Trucuk Hasilkan Karya Miniatur Kendaraan Beromzet Fantastis

blokbojonegoro.com | Thursday, 30 December 2021 20:00

Olah Limbah Pria Asal Trucuk Hasilkan Karya Miniatur Kendaraan Beromzet Fantastis

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Di tangan kreatif Yudianto, limbah bisa menghasilkan karya memukau. Pasalnya potongan-potongan kayu tersebut dirangkai menjadi miniatur bus dan truk yang mirip dengan aslinya, peminatnya pun dari berbagai kalangan masyarakat baik di Bojonegoro hingga luar daerah.

Di dalam ruang produksi sederhana, segala macam peralatan serta perlengkapan untuk membuat miniatur bus dan truk tersedia. Bahkan seluruh proses produksi dikerjakan secara manual dengan peralatan dan perlengkapan seadanya, ia bahkan memanfaatkan setiap potongan limbah.

Mulai dari kursi, lampu, pintu, kemudi supir hingga jendela begitu persis bak aslinya. Semula, ia juga nampak kesulitan mendapatkan karyawan karena proses pengerjaan yang rumit. Namun kini dibantu satu orang tetangga untuk menyelesaikan pemesanan miniatur.

"Produksinya rumit dan presisi, harus detail antara ukuran serta perbandingan harus pas. Jadi tidak banyak yang bisa mengerjakan dan Alhamdulillah pemesanan sekarang berjalan lancar dibantu tetangga," tutur Yudianto.

Rumah produksi yang berada di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Yudi bercerita peminatnya tak hanya dari Bojonegoro namun berbagai kota.

Menariknya, penjualan tak hanya melalui offline namun juga mengandalkan online. Mulai dari harga Rp. 125.000 hingga Rp. 1.500.000 tergantung kerumitan pada proses pengerjaan.

Terkait omzet yang diperoleh setiap bulannya atau sebelum pandemi berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 8.000.000. "Namun, sejak pandemi Covid-19 mengalami penurun sekitar Rp. 5.000.000 per bulannya," cerita pria asal Trucuk.

Yudi berharap, usaha yang telah ia lakoni ini mendapat perhatian dari pemerintah. Termasuk berupa perlengkapan maupun peralatan sebagai penunjang proses produksi.

"Harapan kami terutama terhadap Pemerintah agar tetap memperhatikan pelaku UMKM di Bojonegoro. Termasuk memberikan dukungan agar terus berkembang," harapnya. [liz/ito]

Tag : kerajinan, miniatur, banjarsari, trucuk, umkm, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini