07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Solidaritas Menghadapi Pandemi

blokbojonegoro.com | Thursday, 30 December 2021 19:00

Solidaritas Menghadapi Pandemi

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Pandemi COVID-19 telah berlangsung lebih dari setahun. Dampaknya sangat kompleks. Tidak hanya aspek kesehatan, namun juga ekonomi, sosial, dan seluruh aspek kehidupan lainnya.

Segenap lapisan sosial masyarakat tak luput dari dampak tersebut. Namun, dampak itu semakin terasa berat bagi masyarakat yang rentan secara sosial ekonomi.

Pemerintah berada di garda terdepan dalam penanganan pandemi. Namun, tentu tidak bijak membebankan semuanya kepada pemerintah. Semua pihak sepatutnya bahu-membahu, menguatkan solidaritas dan mewujudkannya dalam tindakan nyata. Sekecil apapun kontribusi tersebut jika dilakukan secara tepat akan sangat berarti bagi pencegahan dan penanganan pandemi serta penguatan masyarakat. ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan SKK Migas berada dalam tarikan nafas dan semangat yang sama.

Kontribusi EMCL dilakukan dalam beberapa aspek. Pertama, penanganan dampak sosial jangka pendek yang dilakukan melalui program donasi paket bahan makanan pokok kepada masyarakat, khususnya di sekitar wilayah operasi seperti di beberapa desa di Kabupaten Bojonegoro, Tuban, dan Blora. Termasuk donasi alat pelindung diri berupa masker, baju alat pelindung diri (APD) tenaga medis, handsanitizer dan sebagainya.   

Langkah kedua adalah mendukung pemerintah dalam percepatan vaksinasi. Targetnya tidak hanya pekerja EMCL dan segenap kontraktor yang bekerja di Lapangan Minyak Banyu Urip, namun juga masyarakat sekitar. EMCL berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro, Rumah Sakit Bhayangkara (RSB), dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICsada) sesuai dengan peran yang disepakati bersama dalam program percepatan vaksinasi tersebut. Wilayah cakupan vaksinasi disesuaikan dengan kebijakan Dinkes Bojonegoro.

Dinkes Bojonegoro dan RSB sebagai penyedia vaksin dan vaksinator, sedangkan EMCL dan Stikes ICsada berperan dalam mengedukasi dan memobilisasi masyarakat, khususnya para usia lanjut, untuk mengikuti vaksinasi. Hasilnya, sebanyak 1.275 warga Desa Gayam, Mojodelik, Bonorejo, dan Brabowan, Kecamatan Gayam telah divaksinasi lengkap.
Selain itu, EMCL bekerjasama dengan Karang Taruna Kecamatan Gayam juga melakukan hal serupa. Bedanya hanya pada target vaksinasi, yaitu kalangan pemuda. Sekitar 200 pemuda mengikuti program ini.  
 
Camat Gayam, Agus Hariana Panca Putra, mengapresiasi kontribusi EMCL dan SKK Migas dalam penanganan pandemi COVID-19, khususnya pelaksanaan vaksinasi. “Tujuan vaksinasi ini untuk melindungi masyarakat dari virus Corona. Vaksinasi diharapkan dapat mempercepat terwujudnya herd immunity khususnya di wilayah Kecamatan Gayam. Dukungan EMCL dan SKK Migas sangat berarti bagi kami,” tutur Agus.

EMCL dan SKK Migas juga bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bojonegoro untuk memperluas cakupan vaksinasi. Program ini dilaksanakan di Desa Bangilan, Kecamatan Kapas dan Desa Ngampal, Kecamatan Sumberejo pada 13 November 2021 dengan peserta hingga 1.374 orang.

Kontribusi lainnya adalah donasi tabung oksigen. Sebanyak 150 tabung oksigen disalurkan melalui TNI Angkatan Laut (AL). Serah terima dilakukan di Markas Komando Armada II TNI AL di Surabaya pada 31 Agustus 2021.

External Affairs Manager EMCL, Ichwan Arifin menyampaikan, dukungan ini merupakan bagian dari sinergi, solidaritas dan upaya menguatkan harapan dalam menghadapi pandemi. Harapan  perlu dikuatkan, karena pandemi yang panjang ini nyaris menguras stamina sosial dan menggerus optimisme masyarakat.

“Saat ini, meski COVID-19 sudah melandai, namun pemulihan ekonomi dan aspek kehidupan lainnya tidak bisa terjadi secara instan. Karena itu, solidaritas kolektif untuk menguatkan masyarakat harus terus dilakukan. Semangat itu yang mendasari SKK Migas dan EMCL untuk mempertautkan tangan dan berkontribusi dalam penanganan pandemi ini.” pungkas Ichwan.

Ichwan menambahkan, COVID-19 mengajarkan banyak hal kepada kita bahwa hidup itu sangat berharga dan bermakna manakala mampu menghadirkan solidaritas kolektif dan kesalehan sosial. [mu]

 

Tag : pandemi covid 19, emcl, exxonmobil cepu limited, solidaritas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat