19:00 . Ratusan Penari Thengul Meriahkan Kemah Budaya   |   18:00 . Dies Natalis, Bupati Bojonegoro Terima Penghargaan dari Unesa   |   17:00 . Disperinaker Bojonegoro Belum Terima Data Naker JTB Terbaru   |   16:00 . Semarak Bulan Kemerdekaan, PEPC JTB Gelar Sepakbola Persahabatan   |   15:00 . Turun Lagi, Harga Emas Ukuran 0,5 Gram Kini Dipatok Rp544.000   |   14:00 . Semarak HUT RI Ke-77, Perhutani KPH Parengan Gelar Lomba Karaoke   |   13:00 . 988 Siswa Madrasah Se-Kabupaten Bojonegoro Ikuti Kompetisi Sains Madrasah   |   10:00 . Meriahnya Kemah Budaya Bareng Kampoeng Thengul   |   09:00 . Condromowo Kalahkan Sumurgung Legend di Fun Football Talun 2022   |   08:00 . Prakiraan Cuaca di Kabupaten Bojonegoro Hari Senin   |   07:00 . Gula Bikin Ketagihan, Inilah 4 Kondisi Umum yang Membuat Kamu Ingin Makanan Manis   |   20:00 . Dua Kali diguyur Hujan, Peserta Jamcab XII Bojonegoro Tetap Semangat   |   19:00 . Meriah, 200 Penari Thengul Warnai Kemah Budaya Margomulyo 2022   |   18:00 . Bangkitkan Kreatifitas, SMK Taruna Balen Adakan Kontes Modifikasi Motor   |   15:00 . Peringatan Hari Pramuka, Kwarcab Bojonegoro Gelar Jambore Cabang   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ribuan Pengunjung di Wisata Kayangan Api dan Waduk Pacal, Prokes Tetap Dijaga

blokbojonegoro.com | Saturday, 01 January 2022 18:00

Ribuan Pengunjung di Wisata Kayangan Api dan Waduk Pacal, Prokes Tetap Dijaga Suasana Kayangan Api di Tahun Baru 2022. (Foto: blokBojonegoro.com/Parto Sasmito)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Libur natal dan tahun baru (nataru) dimanfaatkan untuk berlibur ke tempat-tempat wisata. Seperti halnya di wisata di Kabupaten Bojonegoro, diserbu pengunjung pada Sabtu (1/1/2022).

[Baca juga: Tahun Baru, Pengunjung Wisata Kayangan Api Membludak ]

Meskipun tidak berjubel seperti sebelum masa pandemi Covid-19 pada tahun 2019 lalu, namun wisata Kanyangan Api di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem dan dan Waduk Pacal di Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang tercatat dikunjungi ribuan pengunjung.

"Data pengunjung hari ini di Kayangan Api ada 2.352 orang, dan di Waduk Pacal ada 1.356 orang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto.

Meskipun ribuan pengunjung, namun protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran Covid-19 tetap diperketat. Dari pantauan blokBojonegoro.com di jalan menuju lokasi tampak penjagaan berlapis, di pintu masuk loket ada Barcode peduli lindungi, petugas menggunakan termogun.

Penjagaan di gapura masuk lokasi Wisata Kayangan Api. (Foto: blokBojonegoro.com/Parto Sasmito)

Selain itu, satgas prokes selalu mengingat pakai masker, cuci tangan, jaga jarak/ tidak berkerumun. Tedapat pula pusat info lewat  pengeras suara untuk selalu ingatkan prokes. Banner-banner tentang prokes (ingat pesan Ibu 3 M). Dan juga dibantu pengamanan dari forpimca (kecamatan, polsek, koramil).

"Kapasitas pengunjung walaupun boleh 75 ℅, khusus Nataru kita buat bergilir yang masuk maksimal 25 ℅ kapasitas. Untuk mengiringi pengunjung dihibur gamelan tradisional Cokek'an atau kerawitan minimalis. Agar tetap menghibur tapi tidak mengundang pengunjung untuk berkerumun joget," ulas Budi.

Dengan adanya pembatasan bepergian luar daerah, Kadisbudpar mengimbau masyarakat selama libur Nataru lebih baik berlibur dan berwisata di tempat-tempat wisata yang tersebar di Bojonegoro saja. Baik destinasi  kabupaten maupun wisata-wisata di desa.

"Tapi tetap berwisata yang sehat dengan menerapkan pesan Ibu 3M. Bagi pengusaha jasa atau pengelola wisata supaya tetap berwawasan Sapta Pesona dan menyiapkan sarpras prokes dan CHSE Agar semua tetap sehat, aman, selamat dan bahagia," pesan Budiyanto. [ito/mu]

Hiburan Karawitan di Wisata Kayangan Api. (Foto: Istimewa)

 

Tag : wisata, bojonegoro, pengunjung, kayangan api, waduk pacal, prokes



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat