11:00 . Puskesmas Buka Layanan Pemeriksaan Kesehatan untuk Syarat Pantarlih   |   07:00 . 19 Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi   |   23:00 . Inilah Jejak Karier DR. Didik Farkhan Alisyahdi, Kajati Banten   |   22:00 . Didik Farkhan, Putera Terbaik Bojonegoro Jabat Kajati Banten   |   20:00 . IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network   |   16:00 . Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar   |   14:00 . Selama Tahun 2022, PETI Dominasi Kasus Hukum Sektor Pertambangan Minerba   |   13:00 . Diberangkatkan Bupati, STIKES Rajekwesi Mulai KKN Tematik Desa Tangguh   |   07:00 . 7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia   |   23:00 . Libatkan Puluhan Pekerja Kreatif dan Ratusan Ekstras asli Bojonegoro   |   22:00 . Tangis Haru Mbah Painem Asal Gondang Bisa Masuk Film Internasional   |   20:00 . Tayang Perdana di Bojonegoro, Film Autobiography Disambut Warga   |   19:00 . Jalan Utara Pasar Kota Bojonegoro Jadi Dua Arah, Dishub : Murni Program Pemkab   |   18:00 . Benarkah Pedagang Pasar Wisata Akan Ditarik Iuran Rp200 Ribu?   |   16:00 . Angka Partisipasi Daftar PPS Tinggi, KPU Provinsi Jatim Beri Apresiasi   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Belum Seminggu Tahun 2022, Sudah 136 Perkara Masuk ke PA

blokbojonegoro.com | Wednesday, 05 January 2022 18:00

Belum Seminggu Tahun 2022, Sudah 136 Perkara Masuk ke PA Ketua Panitera PA Kabupaten Bojonegoro, Solikin Jamik. (Foto: blokBojonegoro.com/Rizki Nur Diansyah)

Reporter : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Tahun baru 2022 berjalan belum ada seminggu, sebanyak 136 perkara sudah masuk ke Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Bojonegoro, di antaranya yaitu Perkara Perceraian, Dispensasi Kawin (Diska), Penetapan Ahli Waris, Perwalian dan Asal Usul Anak.

Ketua Panitera PA Kabupaten Bojonegoro, Solikin Jamik mengatakan ini merupakan hal yang sangat mengagetkan, pasalnya saat ini masih dibilang awal tahun, perkara sebanyak itu sudah masuk ke Pengadilan Agama.

"Kemarin waktu kita masuk pertama kali pada tanggal 3 itu sudah masuk 56 perkara, kemudian kemarin tanggal 4 masuk sebanyak 49 perkara dan terakhir hari ini (5/1/2022) masuk sedikitnya ada 36 perkara, jadi total selama 3 hari ini sebanyak 136 perkara," katanya.

Padahal biasanya, dalam sehari hanya 20 hingga 21 perkara saja, tetapi pada awal tahun 2022 ini, mencapai 56 perkara dalam sehari, perkara sebanyak itu rata-rata yaitu kasus perceraian.

"Menurut penelitian saya, rata-rata anak-anak dari desa yang pindah ke kota atau yang biasa disebut urban, kemudian kerja di pabrik, mall dan warung-warung umkm, lalu kemungkinan pada saat tahun baru ini pulang kampung, kemudian ada problem didalam keluarga, lalu mengajukan perceraian," ungkapnya.

Tetapi, untuk problem utama saat ini masih sama, seperti problem ekonomi, ada yang kurang puas terhadap nafkah yang diberikan dan adanya ketidakpercayaan antara keduanya, karena adanya indikasi perselingkuhan.

"Untuk perkara perceraian sendiri, ada 122 perkara yang masuk ke dalam PA, yang meliputi 23 perkara yang mengajukan suami atau yang disebut dengan cerai talak dan 99 perkara yang mengajukan istri atau yang disebut dengan cerai gugat," lanjut Solikin.

Dan pada saat ini, ada tren baru yaitu penetapan perwalian dan penetapan ahli waris, untuk penetapan ahli waris sendiri sekarang menjadi. Karena, negara ini akan menertibkan terkait sertifikat tanah dan salah satu syarat sertifikasi tanah yaitu harus ada penetapan ahli waris dari PA.

Adapun total perkara penetapan ahli waris dalam 3 hari ini ada 2 perkara, perwalian 1 perkara, asal usul anak 2 perkara dan untuk perkara Dispensasi Kawin ada sedikitnya 8 perkara yang masuk ke PA Bojonegoro.

Solikin berharap, untuk kasus perceraian ini ada partisipasi dari publik, karena kasus perceraian ini jika dibiarkan dan tidak ada pencegahan, akan menjadi problem yang sangat besar di Kabupaten Bojonegoro.

"Kami dari pihak PA, hanya bisa melakukan satu tindakan yaitu penanganan, penanganan sendiri jika tidak diimbangi dengan pencegahan akan menjadi permasalahan yang luar biasa," pungkasnya. [riz/ito]

 

Tag : Pengadilan agama, Bojonegoro, perkara



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more