Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Desa Banjarsari Raih Penghargaan Desa Berseri Pratama Kabupaten dan Provinsi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 05 January 2022 13:00

Desa Banjarsari Raih Penghargaan Desa Berseri Pratama Kabupaten dan Provinsi

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, sukses meraih penghargaan Adibuana Kabupaten Bojonegoro, kategori Desa Pratama serta penghargaan Desa Berseri (Bersih dan Bestari) Provinsi Jawa Timur, kategori Pratama.

Seperti diketahui, penghargaan kebersihan dan kelestarian Desa Provinsi Jawa Timur 2021 ini. Jenjang predikat dan penilaiannya terbagi menjadi tiga klasifikasi yakni Pratama, Madya dan Mandiri.

Kepala Desa Banjarsari, Fatkhul Huda, menjelaskan keberhasilan desanya meraih penghargaan tersebut berdasar penilaian dua RW, yang mewakil Desa Banjarsari. Yakni RW 04 dan 05 dimana sebelumnya telah mendapatkan penghargaan Adibuana tingkat Kabupaten.

Dengan klasifikasi penilaian meliputi, keindahan, kebersihan terkait penanaman pohon peneduh maupun pengarah pandang serta bunga dan tanaman produktif di sepanjang RT 08. Serta pemanfaatan atau pengelolaan sampah melalui metode 3 r, reuse (menggunakan kembali sampah sampah yang masih bisa digunakan).

Metode reduce (mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan memunculkan sampah) serta recycle (mengolah kembali sampah menjadi suatu produk atau barang yang dapat bermanfaat). Serta pengelolaan air, termasuk resapan biopori yang menjadi faktor penting pada penilaian.

"Kami bersyukur dan terima kasih kepada warga, khususnya Banjarsari pada umumnya atas capaian prestasi ini," tegas Fatkhul Huda.

Lanjut Kades Banjarsari, selain berinovasi terkait pemanfaatan/ pengelolaan sampah melalui metode 3 r. Pemdes Banjarsari turut serta memberikan support berupa gerobak sampah di beberapa RT yang bekerjasama dengan Koperasi Kareb.

"Bank sampah RT 21 sudah berjalan, program sampah dimanfaatkan agar memiliki nilai ekonomis dan ini masuk tahun kedua. Untuk RT lain baru merintis

kerjasama dengan pengepul sampah," ucap Kades Banjarsari.

Disinggung bagaimana cara mempertahankan prestasi, rupanya pihak Pemdes maupun Kades Banjarsari memiliki trik tersendiri. Yakni rutin mengadakan lomba lingkungan setia tahun, hingga memberikan subsidi untuk RT yang mengikuti lomba atau sifatnya rangsangan penyadaran masyarakat terhadap lingkungan.

"Harapan kami ke depan ada pengembangan maggot. Sehingga sampah dapur rumah tangga yang terbuang benar-benar diminimalisir," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

 

 

 

 

Tag : Kebijakan, desa, berseri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini