18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL dan Fatayat NU Bojonegoro Serahterimakan Program Perbaikan Rumah Tinggal

blokbojonegoro.com | Wednesday, 19 January 2022 08:00

EMCL dan Fatayat NU Bojonegoro Serahterimakan Program Perbaikan Rumah Tinggal Pelaksanaan serah terima Program Perbaikan Rumah Tinggal. (Foto: Fatayat NU Bojonegoro untuk blokBojonegoro.com)

Reporter: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Program Peningkatan Status Kesehatan Melalui Program Perbaikan Rumah Tinggal, diserahterimakan melalui Musyawarah Pertanggungjawaban dan Serah Terima yang diprakarsai oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan PC Fatayat NU Bojonegoro, Selasa (18/1/2021).

Kegiatan tersebut berlangsung di 3 Desa, yaitu Punggur (Purwosari), Sumengko dan Grebegan (Kalitidu). Acara marathon 3 desa sehari tersebut dihadiri oleh tim Saydin Fatayat NU, perwakilan EMCL, Forkopimcam, Kades beserta perangkat, Tim pelaksana desa, serta para penerima manfaat (10 orang masing-masing desa).

Disampaikan oleh Ketua PC Fatayat NU Bojonegoro, Dr. Hj. Ifa Khoiria Ningrum, bahwa Fatayat NU adalah organisasi yang bermassa perempuan. Namun, tidak menutup kemungkinan Fatayat NU dapat melaksanakan program perwujudan Rumah Layak Huni (RLH) bagi warga yang membutuhkan.

“Dan ini sudah terbukti, sebagai perempuan, sahabat Fatayat bisa bekerja lebih teliti, bersikap santun, namun juga tegas, karena program ini harus benar-benar akuntabel dan transparan,” ungkapnya.

Selain itu, dalam sambutannya, masing-masing Kepala Desa sasaran program mengungkapkan apresiasi yang mendalam kepada EMCL dan Fatayat NU atas selesainya program ini. Kades Punggur juga memberikan apresiasi atas semangat pantang menyerah dari Tim pelaksana RLH. Sementara itu, Kades Sumengko, Rudi Setiawan, berharap kedepannya dapat bersinergi kembali untuk program-program yang lain. Bahkan, tutur Sam Suhadak, Kades Grebegan, sebelum acara serah terima, rumah baru sudah ditempati oleh penerima manfaat.

Mewakili Forkopimcam Purwosari, Kasi Perencanaan, Ari Singgih, sangat mengapresiasi kinerja tim PC Fatayat NU Bojonegoro, yg merupakan tim perempuan pertama yg menangani bangunan. Hal ini menunjukkan bahwa emcl juga mngutamakan peran perempuan dalam sektor pembangunan di Bojonegoro.

Selain itu menyampaikan kepada penerima manfaat untuk mensyukuri dan merawat pemberian Rumah Layak Huni tersebut. Tak ubahnya yang disampaikan oleh Wiyanto, Sekcam Kalitidu.

“Rumah Layak Huni adalah salah satu dari sekian banyak program Pemkab Bojonegoro untuk kesejahteraan masyarakat, warga harus mendukung kebijakan pemdes sebagai  kepanjangtanganan program dari pemkab,” ujar Wiyanto.

Terakhir, perwakilan EMCL, Ali Mahmud menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan laporan pertanggungjawaban atas program yang telah dilakukan secara baik dan sesuai dengan perencanaan, mengedepankan akuntabilitas dan kontrol.

”Diharapkan pasca program ini kualitas dapat dipertanggungjawabkan, agar RLH yang diberikan dapat dihuni kelak oleh anak-anak atau cucu-cucu penerima manfaat, di saat mereka tinggal dengan nyaman, akan fokus belajar dan meraih cita-cita, sehingga lahir generasi-generasi penerus yang membanggakan,” harapnya.

Pada kegiatan ini juga disampaikan laporan pertanggungjawaban oleh Tim pelaksana Desa, serta diputarkan rekaman video berdurasi 7 menit tentang perjalanan tim Fatayat NU bersama EMCL dan Timlak dalam mewujudkan RLH bagi warga. Selain itu, juga ada foto-foto rumah before dan after, serta testimoni dan ucapan terima kasih oleh penerima manfaat yang penuh haru dan mengundang gelak tawa seluruh hadirin.

Selain membantu mewujudkan impian warga memiliki rumah layak huni, tim Fatayat NU selama program berjalan juga ikut merasakan apa yang dirasakan oleh penerima manfaat.  Di sela-sela monev mengalir cerita dari warga penerima manfaat, salah satunya dari keluarga penerima manfaat atas nama Fitri yang berada di Desa Puggur Kecamatan purwosari. Rumah sebelumnya sudah sangat tidak layak huni, bahkan sangat memprihatinkan, karena sudah doyong hampir roboh. Untuk merehab rumah, Pemdes Punggur memfasilitasi  merobohkan bangunan rapuh itu.

Tak jauh beda yang dialami oleh penghuni rumah itu, sangat menyedihkan. Kedua orang tua Fitri telah meninggal dunia. Selepas itu, Fitri merantau ke Papua bersama suaminya, sedangkan saudara laki-lakinya pergi ke Jakarta. Tinggallah hanya adik bungsu perempuan seorang diri, Nur Priyandari, yang saat itu duduk di bangku kelas 5 SD. Karena takut tinggal sendirian di rumah yang hampir roboh itu, Nur  memilih tinggal menumpang di rumah familinya bergantian. Hingga saat ini dia duduk di bangku kelas VIII SMP, dia dirawat oleh paman dan bibinya. Diharapkan dengan adanya rumah yang layak huni baginya, dapat meningkatkan semangat belajarnya meraih cita-cita. [lin/ito]

 

Tag : Fatayat, nu, Bojonegoro, emcl



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat