09:00 . Polres Bojonegoro Gencarkan Sosialisasi Operasi Zebra Semeru 2022   |   07:00 . Tanya Dokter Jiwa: Dok, Benarkah Depresi Terjadi karena Kurang Ibadah?   |   18:00 . Ada Kebocoran dan Perbaikan Saluran, PDAM Buka Dropping Air Bersih   |   17:00 . Ibadah Apa yang Dianjurkan Rasulullah di Malam Jumat?   |   16:00 . SKK Migas Akan Kembali Menggelar Konvensi Hulu Migas   |   15:00 . Pasutri Curanmor yang Tertangkap di Balen, Divonis Dua Tahun Penjara   |   13:00 . PT Pertamina EP Sukowati Field Meraih Penganugerahan Piala PSBE dari Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM   |   12:00 . Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Kunker di Lapas IIA Bojonegoro   |   09:00 . Disperinaker; 1.625 Tenaga Kerja Masih Aktif Bekerja di Proyek JTB   |   08:00 . Harga Tembakau Rajang Kering Tinggi, Petani Sumringah   |   07:00 . 5 Cara untuk Menghentikan Kebiasaan Anak Menggigit Kuku   |   19:00 . Prgoram Pengembangan Masyarakat Selesai, EMCL Gandeng PC GP Ansor Serahkan ke Desa   |   18:00 . Diserahkan ke Dinsos Jatim, Bayi Mungil Diberi Nama Hilya Qonita   |   16:00 . Usai Telur dan Cabai, Kini Harga Daging Ayam Kompak Turun   |   15:00 . Pemuda Asal Temayang Sukses Lestarikan Batik Tulis   |  
Fri, 07 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL dan Fatayat NU Bojonegoro Serahterimakan Program Perbaikan Rumah Tinggal

blokbojonegoro.com | Wednesday, 19 January 2022 08:00

EMCL dan Fatayat NU Bojonegoro Serahterimakan Program Perbaikan Rumah Tinggal Pelaksanaan serah terima Program Perbaikan Rumah Tinggal. (Foto: Fatayat NU Bojonegoro untuk blokBojonegoro.com)

Reporter: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Program Peningkatan Status Kesehatan Melalui Program Perbaikan Rumah Tinggal, diserahterimakan melalui Musyawarah Pertanggungjawaban dan Serah Terima yang diprakarsai oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan PC Fatayat NU Bojonegoro, Selasa (18/1/2021).

Kegiatan tersebut berlangsung di 3 Desa, yaitu Punggur (Purwosari), Sumengko dan Grebegan (Kalitidu). Acara marathon 3 desa sehari tersebut dihadiri oleh tim Saydin Fatayat NU, perwakilan EMCL, Forkopimcam, Kades beserta perangkat, Tim pelaksana desa, serta para penerima manfaat (10 orang masing-masing desa).

Disampaikan oleh Ketua PC Fatayat NU Bojonegoro, Dr. Hj. Ifa Khoiria Ningrum, bahwa Fatayat NU adalah organisasi yang bermassa perempuan. Namun, tidak menutup kemungkinan Fatayat NU dapat melaksanakan program perwujudan Rumah Layak Huni (RLH) bagi warga yang membutuhkan.

“Dan ini sudah terbukti, sebagai perempuan, sahabat Fatayat bisa bekerja lebih teliti, bersikap santun, namun juga tegas, karena program ini harus benar-benar akuntabel dan transparan,” ungkapnya.

Selain itu, dalam sambutannya, masing-masing Kepala Desa sasaran program mengungkapkan apresiasi yang mendalam kepada EMCL dan Fatayat NU atas selesainya program ini. Kades Punggur juga memberikan apresiasi atas semangat pantang menyerah dari Tim pelaksana RLH. Sementara itu, Kades Sumengko, Rudi Setiawan, berharap kedepannya dapat bersinergi kembali untuk program-program yang lain. Bahkan, tutur Sam Suhadak, Kades Grebegan, sebelum acara serah terima, rumah baru sudah ditempati oleh penerima manfaat.

Mewakili Forkopimcam Purwosari, Kasi Perencanaan, Ari Singgih, sangat mengapresiasi kinerja tim PC Fatayat NU Bojonegoro, yg merupakan tim perempuan pertama yg menangani bangunan. Hal ini menunjukkan bahwa emcl juga mngutamakan peran perempuan dalam sektor pembangunan di Bojonegoro.

Selain itu menyampaikan kepada penerima manfaat untuk mensyukuri dan merawat pemberian Rumah Layak Huni tersebut. Tak ubahnya yang disampaikan oleh Wiyanto, Sekcam Kalitidu.

“Rumah Layak Huni adalah salah satu dari sekian banyak program Pemkab Bojonegoro untuk kesejahteraan masyarakat, warga harus mendukung kebijakan pemdes sebagai  kepanjangtanganan program dari pemkab,” ujar Wiyanto.

Terakhir, perwakilan EMCL, Ali Mahmud menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan laporan pertanggungjawaban atas program yang telah dilakukan secara baik dan sesuai dengan perencanaan, mengedepankan akuntabilitas dan kontrol.

”Diharapkan pasca program ini kualitas dapat dipertanggungjawabkan, agar RLH yang diberikan dapat dihuni kelak oleh anak-anak atau cucu-cucu penerima manfaat, di saat mereka tinggal dengan nyaman, akan fokus belajar dan meraih cita-cita, sehingga lahir generasi-generasi penerus yang membanggakan,” harapnya.

Pada kegiatan ini juga disampaikan laporan pertanggungjawaban oleh Tim pelaksana Desa, serta diputarkan rekaman video berdurasi 7 menit tentang perjalanan tim Fatayat NU bersama EMCL dan Timlak dalam mewujudkan RLH bagi warga. Selain itu, juga ada foto-foto rumah before dan after, serta testimoni dan ucapan terima kasih oleh penerima manfaat yang penuh haru dan mengundang gelak tawa seluruh hadirin.

Selain membantu mewujudkan impian warga memiliki rumah layak huni, tim Fatayat NU selama program berjalan juga ikut merasakan apa yang dirasakan oleh penerima manfaat.  Di sela-sela monev mengalir cerita dari warga penerima manfaat, salah satunya dari keluarga penerima manfaat atas nama Fitri yang berada di Desa Puggur Kecamatan purwosari. Rumah sebelumnya sudah sangat tidak layak huni, bahkan sangat memprihatinkan, karena sudah doyong hampir roboh. Untuk merehab rumah, Pemdes Punggur memfasilitasi  merobohkan bangunan rapuh itu.

Tak jauh beda yang dialami oleh penghuni rumah itu, sangat menyedihkan. Kedua orang tua Fitri telah meninggal dunia. Selepas itu, Fitri merantau ke Papua bersama suaminya, sedangkan saudara laki-lakinya pergi ke Jakarta. Tinggallah hanya adik bungsu perempuan seorang diri, Nur Priyandari, yang saat itu duduk di bangku kelas 5 SD. Karena takut tinggal sendirian di rumah yang hampir roboh itu, Nur  memilih tinggal menumpang di rumah familinya bergantian. Hingga saat ini dia duduk di bangku kelas VIII SMP, dia dirawat oleh paman dan bibinya. Diharapkan dengan adanya rumah yang layak huni baginya, dapat meningkatkan semangat belajarnya meraih cita-cita. [lin/ito]

 

Tag : Fatayat, nu, Bojonegoro, emcl



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat