Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Vakum Akibat Covid-19, Gantangan Burung Kicau Eksis Kembali

blokbojonegoro.com | Thursday, 20 January 2022 17:00

Vakum Akibat Covid-19, Gantangan Burung Kicau Eksis Kembali

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Gantangan burung tertua Bojonegoro P4B2 eksis kembali dengan menggelar lomba burung kicau bertempat di Kedai Kanoman, Desa Campurejo, Kecamatan Kota Bojonegoro, Kamis (21/1/2022).

Tampak pecinta burung Bojonegoro begitu antusias mengikuti lomba latber (Latihan Bersama) yang digelar oleh P4B2 ini. Mengingat di masa Pandemi Covid-19, praktis tidak ada pagelaran lomba.

"Lomba Burung dengan kategori Latihan bersama (Latber) ini menandingkan maksimal 30 burung sesuai jumlah gantangan. Maka kami menamakan G30," kata Wawan salah satu panitia.

Sementara itu, Ketua P4B2, Priyono menyampaikan,  perlombaan semacam ini sudah 3 tahun vakum tidak mengadakan lomba. Atas keinginan pecinta burung di Bojonegoro, maka mencoba memfasilitasi dan menggelar latihan bersama ini.

"Teknisnya menyesuaikan dengan protokol Covid-19. Dimana jumlah gantangan hanya 30, normalnya bisa mencapai 60 kelas yang dilombakan, karena Covid-19 maka hanya terbatas 4 kelas," ucapnya.

Tujuan lomba tak lain untuk menggerakan roda perekonomian para pelaku bisnis burung di Bojonegoro. Diantaranya bagi penjual burung, penjual sangkar hingga penjual pakan dengan segala jenis aksessoris.

"Pelaksanaan lomba, P4B2 tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, dan panitia menyediakan masker untuk peserta," imbuhnya.

Sementara itu, Andri salah satu peserta lomba merasakan rindunya gantang (lomba) burung dan kumpul sesama pecinta burung. Lomba perdana yang dilaksanakan P42B ini melombakan 14 kelas dan burung yang dilombakan.

"Diantaranya cucak Ijo, cendet, murai, dan love bird, dengan durasi penilaian masing masing kelas sekira 15 menit. Lomba berlangsung dengan aman dan tertib hingga usai," pungkasnya. [liz/mu]

 

Tag : gantangan burung kicau, lomba burung kicau bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini