16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Satpol PP Bojonegoro Komitmen Membangun Zona Integritas

blokbojonegoro.com | Thursday, 27 January 2022 13:00

Satpol PP Bojonegoro Komitmen Membangun Zona Integritas

Kontributor : Moch Misbahul Munir

blokBojonegoro.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bojonegoro melaksanakan komitmen bersama pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di Ruang Angling Dharma, Gedung Pemkab Bojonegoro, Kamis (27/1/2022).

Kegiatan dihadiri oleh seluruh jajaran staf Satpol PP, Kasi Trantib se-Kabupaten Bojonegoro, ASN di lingkup Satpol PP, perwakilan paguyuban PKL, Beacukai, dan Dinas Perdagangan.

Kepala Satpol PP Arief Nanang Sugianto menyampaikan, Satpol PP termasuk ke dalam 18 OPD di 2022 yang melaksanakan pencanangan ZI WBK/WBBM. Sebab sebagaimana dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan dijabarkan dalam PP nomor 2 tahun 2018 Pasal 9, pelayanan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat merupakan pelayanan dasar yg harus diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah. Dalam hal ini Satpol PP merupakan perangkat daerah yang menjalankan fungsi dimaksud.

“Adapun jumlah PNS di lingkup Satpol PP kurang lebih sebanyak 45 orang, PTT kurang lebih 123 orang yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Bojonegoro dan honorer sebanyak 22 orang,” ungkapnya. 

Arief berharap, dengan dilaksanakannya pencanangan dan komitmen bersama pembangunan ZI WBK/WBBM di lingkup Satpol PP Kabupaten Bojonegoro, membulatkan tekad dan komitmen serta kesungguhan bersama Satpol PP untuk terus mendukung reformasi birokrasi.

"Tujuan pelaksanaan kegiatan ini, untuk meningkatkan komitmen seluruh jajaran pimpinan dan pegawai unit kerja dalam membangun ZI menuju WBK/WBBM. Selain itu, terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja," tandasnya.

Selain itu juga diharapkan kinerja bertambah baik tetap santun, humanis dan melayani masyarakat dengan ikhlas.

“Namun, disadari atau tidak, sebetulnya kita sudah melaksanakan hal ini di keseharian kita. Ke depan agar lebih tertib, maka harus terformatkan dalam tata kelola administrasi dan di bantu dengan adanya pokja-pokja yang sudah berjalan,” imbuhnya.

Di akhir arahan, Arief turut mengumumkan rencana di 2022. Satpol PP akan me-launching nomor unit cepat layanan Satpol PP yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin melaporkan pengaduan. 

Masih dalam kegiatan yang sama, Inspektur Inspektorat Kabupaten Bojonegoro Teguh Prihandono memaparkan, pembangunan ZI tidak bisa dilakukan sendiri. Melainkan muncul dari komitmen bersama-sama yang dimulai dari diri sendiri. Di dalam ZI WBK/WBBM yang terpenting adalah apa yang dibangun membawa manfaat bagi stakeholder. 

“Jadi, ciptakan keunggulan yang berbeda dari Satpol PP lainnya. Sehingga ada pembeda dengan Satpol PP di kota lain. Itulah salah satu unsur yang perlu dipenuhi agar bisa meraih predikat ZI. Tentunya didukung dengan mampu memberikan gambaran signifikan antara before-after. Bukan menampilkan aktifitas sehari-hari,” papar Teguh. 

Teguh menjelaskan, ada enam poin penting dalam mengikuti ZI WBK/WBBM. Adapun enam area ZI, di antaranya manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik," tutupnya.

Di akhir acara, seluruh jajaran Satpol PP membacakan maklumat pelayanan dan menandatangi pakta integritas. [mis/ito]

 

Tag : Satpol, Bojonegoro, zona, integritas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat