Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemdes Prayungan Dorong Masyarakat untuk Memanfaatkan Limbah Kulit

blokbojonegoro.com | Thursday, 03 February 2022 18:30

Pemdes Prayungan Dorong Masyarakat untuk Memanfaatkan Limbah Kulit

Kontributor : Moch Misbahul Munir

blokBojonegoro.com - Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemdes Prayungan, Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro, gencar lakukan sosialisasi dan edukasi dalam menumbuhkan semangat berwira usaha pada warganya.

Seperti yang disampaikan Kepala Desa Prayungan, Imam Rofi'i saat ditemui dalam acara Workshop pengolahan dan pemanfaatan limbah anorganik yang diadakan oleh kelompok KKN 46 Universitas Airlangga Surabaya pada, kamis (3/2/2022).

"Terdapat macam - macam produk unggulan yang ada di Desa Prayungan, yang sudah berjalan dan berkembang seperti, Jamu gendong tradisional, Minuman tradisional, Keripik pisang, rempeyek daun kelor dan produk2 dari olahan daun kelor seperti stik kelor, brownies kelor, kue kering kelor, ini yang kemarin di jadikan percontohan di Jatim" ungkapnya.

Kepala Desa yang menjabat 3 periode ini mengatakan, Tidak hanya mensuport UMKM pihaknya saat ini sedang mendorong dan mengembangkan potensi usaha kerajinan daur ulang limbah kulit sintetis dari limbah pabrik pembuatan sepatu.

"Usaha dari limbah pabrik sepatu ini potensinya sangat besar dan menjanjikan, makanya, Kami terus mendorong kepada masyarakat, Kami fasilitasi bagi yg ingin belajar membuat kerajinan, agar kedepan muncul lapangan pekerjaan baru sehingga mampu meningkatkan perekonomian" jelasnya.

Imam menambahkan, untuk saat ini masih minim pemanfaatan yang dilakukan, sehingga ia berharap dari diadakannya pelatihan pengolahan dan pemanfaatan limbah ini, kedepannya masyarakat mampu membuat kerajinan yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

"Kalau kita jual dalam bentuk barang jadi nilainya akan bertambah, nantinya kita akan bantu untuk pemasaran, misalnya kita jadikan sebagai sovenir dalam acara - acara, tentu akan menjadi sesuatu yang menarik" pungkasnya. [mis/ito]

Tag : prayungan, sumberrejo, bojonegoro, kkn, unair



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini