18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

KemendikbudRistek Melalui LPDP Mendukung Program VAKSIN di IKIP PGRI Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Friday, 04 February 2022 18:00

KemendikbudRistek Melalui LPDP Mendukung Program VAKSIN di IKIP PGRI Bojonegoro

Pengirim: Puput Suriyah

blokBojonegoro.com - Kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) adalah suatu inovasi yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi dan meningkatkan link and match antara lulusan pendidikan tinggi dengan dunia kerja di era revolusi industri 4.0.

Dalam rangka menyukseskan kebijakan MBKM, pelaksanaan Tri Dharma di Perguruan Tinggi harus senantiasa dilakukan. Pengembangan kompetensi dan kualifikasi dosen untuk mendukung dharma bidang penelitian, merupakan suatu hal yang penting dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui hasil-hasil riset.

Peningkatan kompetensi dan kualifikasi dosen dalam kegiatan penelitian dapat diberikan melalui program peningkatan kompetensi dan kualifikasi yang lebih terstruktur, dinamis, dan inovatif dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Riset yang mendukung MBKM sangat penting dilakukan oleh dosen sebagai landasan pengambilan kebijakan dan menyusun regulasi yang strategis dan tepat sasaran dalam melaksanakan 9 kegiatan MBKM.

Mempertimbangkan hal-hal tersebut di atas, Kemendikbudristek meluncurkan Program Riset Keilmuan yang diharapkan akan menghasilkan model atau rancangan pembelajaran yang kolaboratif dan partisipatif antara dosen, mahasiswa dan mitra terkait.

Rancangan pembelajaran semester yang jelas dimana termasuk di dalamnya terdapat capaian pembelajaran, kegiatan belajar, sistem evaluasi, dan beban studi yang jelas dan yang dapat memungkinkan diikuti oleh mahasiswa lintas prodi dan atau lintas perguruan tinggi. Dosen juga diharapkan dapat memainkan perannya sebagai dosen fasilitator dengan mengajak mahasiswa untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan risetnya.

Program Riset Keilmuan yang diluncurkan oleh kemendikbud bekerjasama dengan LPDP dapat dibedakan atas empat jenis skema riset yaitu hibah riset mandiri dosen; hibah riset kewirausahaan; hibah riset desa; dan hibah riset kegiatan kemanusiaan.

Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro berhasil memperoleh hibah riset mandiri berjumlah 2 tim.

Tim pertama dinahkodai Dr. Anita Dewi Utami, M.Pd. dengan judul “Pengembangan Model Blended Learning berbantuan VAKSIN (Video Animasi untuk Sistem Pembelajaran Online) melalui LMS Moodle sebagai Implementasi MBKM guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri”.

Riset yang diketuai oleh Dr. Anita ini mengusung inovasi pembelajaran jarak jauh melalui model blended learning dengan skema perpaduan antara Synchronous Maya dengan Asyncrhronous Mandiri dengan bantuan VAKSIN (Video Animasi untuk Sistem Pembelajaran Online) dan Asynchronous Kolaboratif melalui room chat LMS moodle.

Penelitian ini didukung penuh oleh Pimpinan Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA yaitu Dr. M. Zainudin, M.Pd. Beliau mendukung penuh melalui kebijakan-kebijakan MBKM di lingkungan Fakultas.

Dr. Anita mengatakan, VAKSIN memberikan inovasi pada pembelajaran blended learning agar mahasiswa optimal saat mengikuti pembelajaran daring secara mandiri.

Ia menambahkan, perkuliahan geometri ini selain diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro, juga diikuti mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun.

Dr. Anita beserta tim yang keduanya adalah kandidat doktor yaitu Puput Suriyah, M.Pd. dan Cahyo Hasanudin, M.Pd. mengucapkan terimakasih banyak kepada KemendikbudRistek dan Kemenkeu (melalui LPDP) yang telah memberikan dana untuk pelaksanaan riset mandiri ini.

Riset mandiri yang dinahkodai oleh Dr. Anita juga mengajak 5 mahasiswa sebagai asisten peneliti dan administrator. Kelima mahasiswa tersebut berasal dari Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Melalui riset mandiri dosen ini, para mahasiswa dapat membangun cara berpikir kritis, hal yang sangat dibutuhkan untuk berbagai rumpun keilmuan pada jenjang pendidikan tinggi. Dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa akan lebih mendalami, memahami, dan mampu melakukan metode riset secara lebih baik. Bagi mahasiswa yang memiliki minat dan keinginan berprofesi dalam bidang riset, peluang untuk magang di laboratorium pusat riset merupakan dambaan mereka.

Tujuan dari Riset mandiri Dosen ini adalah untuk meningkatkan dan mendorong percepatan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan riset di perguruan tinggi, sehingga menghasilkan invensi, metode, teori baru atau prinsip kebijakan baru, rancangan atau model kegiatan Kampus Merdeka; selain itu juga meningkatkan mutu dan kompetensi dosen dan mahasiswa sebagai periset dalam melakukan riset di perguruan tinggi; disamping itu juga bisa meningkatkan dan mendorong kemampuan meneliti dosen dan mahasiswa di perguruan tinggi untuk bekerjasama dengan institusi mitra.

Selain itu, riset mandiri dosen ini juga bertujuan meningkatkan mutu riset mahasiswa dengan memberi pengalaman mahasiswa untuk memperkuat pool talent peneliti secara topical, meningkatkan ekosistem dan kualitas riset dengan memberikan sumber daya peneliti dan regenerasi peneliti sejak dini, menghasilkan ipteks, peralatan atau kebijakan yang berguna sesuai dengan bidang riset mandiri dan keahlian dosen masing-masing; menggabungkan kegiatan riset dengan program pembelajaran dalam kegiatan penelitian mahasiswa; serta mendesiminasikan hasil-hasil kegiatan riset mandiri dosen. [*]

 

Tag : ikip pgri bojonegoro, Kemendikbudristek



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat