Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Terus Dikebut Vaksinasi Sasar 9.796 Anak di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Friday, 04 February 2022 17:00

Terus Dikebut Vaksinasi Sasar 9.796 Anak di Bojonegoro

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro bersama TNI/Polri beserta Dinas Kesehatan terus bersinergi menggencarkan vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun.

Juru Bicara Percepatan dan Penangan Covid-19, Triguno Sudjono Prio menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi anak sudah dilakukan sejak tahun lalu. Sesuai data dari Dinas Kesehatan, tercatat sasaran dosis pertama 3.581 dan dosis kedua 6.215.

"Adapun total keseluruhan 9.796 per 2 Februari 2022. Prosentase capaian dosis pertama sebesar 81,78 % dan dosis kedua 32,87 %," tegas Triguno.

Menurutnya, vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun menyasar siswa yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). "Jenis vaksin yang digunakan Sinovac dosis 0,5 mililiter atau sama dengan dosis dewasa. Interval dosis pertama dan kedua 28 hari," ucapnya.

Proses vaksinasi anak, kata Triguno, tetap melalui skrining. Terdapat sejumlah syarat anak untuk mendapatkan vaksinasi. Diantaranya anak tersebut tidak memiliki defisiensi imun primer, tidak ada penyakit auto imun, sindrom guillain-barre, radioterapi, dan imunosupresan.

"Anak dengan demam 37,5 derajat juga tidak diperbolehkan vaksin, dan anak yang baru sembuh pasca-imunisasi lain, dan kurang dari satu bulan. Ataupun ada penyakit kronis lain, anak-anak dengan kriteria tersebut vaksinasinya ditunda dulu," papar Triguno.

Lanjut Triguno, sesuai Inmendagri terbaru Nomor 06 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa-Bali. Di mana sebanyak 17 Kabupaten/Kota di Jatim masuk PPKM Level 1.

Namun, Kabupaten Bojonegoro sendiri saat ini tengah masuk pada PPKM level 2 Covid-19, kriteria PPKM Level 2 capaian vaksinasi masyarakat harus 70 persen dan lansia di atas usia 60 tahun harus 60%.

"Sementara Bojonegoro masih 67% untuk masyarakat umum, dan 48 % lansia. Dan akan terus kami kebut untuk mencapai kekebalan komunal," pungkasnya. [liz/mu]

Tag : vaksinasi, vaksin anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini