07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

30 Pejabat Eselon 3 Ikuti Pelatihan yang digelar oleh BKPP Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Monday, 07 February 2022 18:00

30 Pejabat Eselon 3 Ikuti Pelatihan yang digelar oleh BKPP Bojonegoro Pembukaan pelatihan kepemimpinan administrator. (Foto: Humas Pemkab untuk blokBojonegoro.com)

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com – Sebanyak 30 Pejabat eselon 3, ikuti pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) angkatan 10 kemitraan Pemprov Jatim, yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bojonegoro, di Gedung Angling Dharma Lantai 2 Pemkab Bojonegoro, pada (7/2/2022).

Kegiatan ini, dihadiri oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur, Setda Kabupaten Bojonegoro, jajaran asisten, Kepala BKPP, Kepala OPD, serta Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah yang hadir secara virtual. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 13 Mei 2022.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam arahannya secara virtual mengatakan, yang paling penting adalah format materi yang disampaikan pada peserta sudah mengikuti format materi yang terbaru. Sebab, format materi lama belum maksimal terhadap wawasan ilmu pengetahuan dan tantangan kepemimpinan di dalam manajemen ASN.

Sebab, menurut Bupati Anna, penyampaian materi harus sesuai dengan era kini karena saat ini era teknologi dan ASN yang lebih professional. “Tadi disampaikan BPSDM Jawa Timur, bagaimana tantangan ASN sekarang. Saya sebagai kepala daerah juga merasakan beberapa kebijakan yang harus diselaraskan terhadap penataan organisasi, penataan kompetensi, tata laksana achievement, tata laksana punishment dan juga tata laksana rewarding juga kami merasakan,” katanya.

Bupati Anna juga menegaskan kepada para peserta untuk komitmen mengikuti hingga akhir. Dengan harapan Pemkab Bojonegoro mempunyai supporting sumber daya manusia yang nantinya bisa menggerakkan pemerintahan yang lebih baik.

“Karena kami juga selalu dimonitor, diberikan pembinaan dan pemintaan laporan terhadap kinerja pemerintahan. Mudah-mudahan 30 peserta yang mengikuti dapat memberikan manfaat untuk bisa mengelola Bojonegoro berkelanjutan pada seterusnya. Dan juga menyumbang pemikiran, tenaga di dalam pemerintahan baik provinsi maupun daerah," tuturnya.   

Kemudian, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Manajerial BPSDM Provinsi Jawa Timur, Nawang Ardiani mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Bojonegoro telah memberikan kepercayaan kepada BPSDM Provinsi Jawa Timur untuk menjadi mitra dalam pelatihan kompetensi para bejabat eselon 3 lingkup Pemkab Bojonegoro.

“Kami jajaran BPSDM Provinsi Jatim di bawah pembinaaan lembaga administrasi negara (LAN) Republik Indonesia berkomitmen akan menjaga dengan sebaik-baiknya melalui penyelenggaraan pelatihan,” ucapnya.

Nawang menjelaskan, beberapa agenda pembelajaran latihan kepemimpinan administrator yaitu agenda pemerintahan, agenda kepemimpinan kinerja, agenda manajemen kinerja dan agenda evaluasi kepemimpinan. “Dengan ini diharapakan mampu melahirkan sosok ASN yang memiliki kemampuan kepimimpinan manajemen pemerintahan,” jelas Nawang.

Terpisah, PJ Kepala BKPP Bojonegoro, Aan Syahbana dalam laporannya menjelaskan, maksud kegiatan dalam rangka membentuk sosok kepemimpinan PNS. Khususnya pejabat eselon 3 atau pejabat administrator selaku aparatur negara yang mempunyai kemampuan dalam melaksanakan tugas dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan.

“Untuk itu, diperlukan upaya pembinaan secara berkelanjutan melalui pendidikan dan pelatihan. Dalam catatan, in service training guna memenuhi kompetensi dalam jangka panjang,” tuturnya.

Adapun tujuannya, lanjut Aan, pertama untuk meningkatkan kompetensi dalam jabatan dan kemampuan serta karakteristik yang dimiliki seorang PNS. Berupa pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap perilaku untuk dapat melaksanakan tugas jabatan eselon 3 atau pejabat administrator secara professional.

Kedua, untuk menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dalam program persatuan dan kesatuan bangsa. “Ketiga, untuk memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada peningkatan pelayanan sesuai dengan tingkat kepuasan masyarakat, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat," terangnya.

Keempat, menciptakan sarana visi dan tata kelola dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya tata kelola kepemerintahan yang baik.

Perlu diketahui juga bahwa penyelenggaraan kegiatan berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil, Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 19 Tahun 2015 tentang pedoman penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III. [riz/ito]

Tag : bkpp, bojonegoro, bpsdm, jatim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat