16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |   09:00 . Pergantian Pejabat di PT Kilang Pertamina Internasional : Bukti Legacy Kepemimpinan   |   08:00 . Polres Bojonegoro Bersama Perum Perhutani Tandatangani Perjanjian Kerjasama   |   07:00 . Pro Kontra Esteh Indonesia Tinggi Gula, Ketua PDGI Sampai Angkat Bicara   |   20:00 . Program RPL Pemkab Anggarkan Rp10,8 Miliar   |   19:00 . Kunjungi Bojonegoro, Kabidokkes Polda Jatim Beri Santunan ke Masyarakat   |   18:00 . Masuk Musim Panen, Harga Cabai Turun Drastis   |   17:00 . Banyak Perempuan Kuliah Ketimbang Nganggur, Ismail Fahmi: Mari Diubah Pola Pikir Digital Competitiveness   |   16:00 . Kuliah Umum di Udayana, SKK Migas Bahas Peran Hulu Migas untuk Energi Nasional   |   15:00 . Romo Muslich: 3 Persoalan untuk Merubah Bojonegoro di Masa Depan   |   14:00 . Lucu dan Menggemaskan, Bayi Jadi Rebutan Netizen   |  
Thu, 29 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Ekonomi Warga, KKN Unugiri Desa Guyangan Kreasikan Makanan dari Rebung

blokbojonegoro.com | Tuesday, 15 February 2022 16:00

Tingkatkan Ekonomi Warga, KKN Unugiri Desa Guyangan Kreasikan Makanan dari Rebung Warga antusias mengikuti pelatihan produksi dan pemasaran makanan ringan jenis rebung. (netizen)

 

Pengirim: Fadhilatun Nikmah

blokbojonegoro.com - Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unugiri di Desa Guyangan, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro menggelar pelatihan produksi kuliner. Mahasiswa yang masuk dalam Kelompok KKN Trucuk 1 itu tidak hanya melatih produksi tapi juga strategi pemasaran makanan ringan, Minggu (13/02/22). 

Pelatihan dihadiri oleh beberapa perangkat desa dan masyarakat sekitar Desa Guyangan.

Pelatihan produksi dan pemasaran produk kuliner ini diharapkan mampu membantu mengembalikan kekuatan ekonomi masyarakat, sekaligus menginspirasi para peserta untuk mengembangkan perekonomian di masa pandemi Covid-19.

Menurut Pak Sulaiman, salah satu Perangkat Desa Guyangan, pelatihan semacam ini sangat dibutuhkan masyarakat. "Kegiatan pelatihan ini menjadi harapan besar besar bagi Pemerintah Desa, karena hal ini bisa dikembangkan sehingga mampu menjadi peluang usaha bagi masyarakat," tuturnya.

Dalam pelatihan produksi dan pemasaran di bidang kuliner ini, mahasiswa KKN Unugiri ini membidik salah satu SDA yang cukup banyak ditemui di wilayah Guyangan, yakni tanaman Rebung. Rebung merupakan tunas dari bambu yang masih muda.

Biasanya tanaman ini diolah masyarakat menjadi sayur lodeh, tumis, atau makanan sejenisnya. Sayangnya olahan semacam ini tidak tahan lama, harus segera dikonsumsi. Selain itu, keuntungan dalam penjualannya pun tidak cukup menjanjikan.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Unugiri Trucuk 1 beserta masyarakat Desa Guyangan berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan sebuah produk makanan ringan, yakni Stick Rebung. Dari keberhasilan ini, mahasiswa menyebarluaskannya ke masyarakat Desa Guyangan, dengan mengadakan pelatihan produksi Stick Rebung.

Selain pelatihan produksi, masyarakat juga dibekali pelatihan pemasaran Stick Rebung ini secara online. Masyarakat dilatih untuk mampu memanfaatkan gadget mereka dengan akses marketplace..

Kegiatan ini disambut hangat oleh masyarakat. Salah satu peserta mengungkapkan bahwa dengan pelatihan ini mampu menambah referensi dalam membuat camilan untuk Jajanan Hari Raya, sekaligus untuk menambah pendapatan keluarga. [lis]

 

Tag : Rebung, kuliner, KKN, unugiri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat