Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Perekonomian Petani Jamur, Pemdes Klampok Berinsiatif Lebarkan Sayap Usaha

blokbojonegoro.com | Thursday, 10 March 2022 13:00

Tingkatkan Perekonomian Petani Jamur, Pemdes Klampok Berinsiatif Lebarkan Sayap Usaha

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Klampok, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Terus berusaha menggali dan mengembangkan potensi ekonomi masyarakat, salah satu potensi yang dikembangkan saat ini yakni budi daya jamur tiram.

Kepala Desa Klampok, Agus Suprianto mengungkapkan budi daya jamur tiram yang dilakukan oleh warga sudah dilakukan sejak 10 tahun terakhir. Namun, karena masih kurangnya pembinaan dan pengarahan dalam melakukan budi daya serta pengolahan hasil budi daya.

"Kegiatan tersebut terlihat kurang bisa berkembang. Tahun ini mencoba untuk menggandeng petani-petani jamur tiram untuk lebih mengembangkan usahanya," tegas Kades Klampok.

Bahkan, selama tentang waktu 10 tahun tersebut dahulu ada sekitar 20 petani yang menggeluti usaha budidaya jamur tiram. Namun, saat ini setidaknya terdapat 5 warga yang masih menggeluti budi daya jamur tiram.

Serta, beberapa kendala yang dihadapi berupa penurunan produksi pada saat musim kemarau, kurang luasnya lahan untuk budi daya jamur tiram. Selain itu pengolahan hasil budi daya yang kurang kreatif serta pengemasan yang kurang menarik.

"Masalah produktifitas yang berkurang saat musim kemarau juga menjadi kendala serta permodalan. Harapan kami, tentu ingin meningkatkan pengolahan hasil budi daya menjadi lebih bagus dan kreatif," tuturnya.

Bahkan, sebagian petani sebenarnya sudah ada yang mencoba untuk mengolah menjadi jamur krispi. Namun karena pengemasan kurang menarik, sehingga jarang dilirik oleh pasaran/market.

Untuk terus mengembangkan usahanya, termasuk produksi jamur tiram. Pemdes Klampok saat ini juga tengah membangun rumah makan di sebelah balai desa. Dengan tujuan dapat  membantu pemasaran para petani jamur tiram.

"Nantinya akan disediakan beragam menu kuliner yang berasal dari jamur tiram. Berupa sate, tumis, botok hingga jamur krispi. Serta perlu inovasi untuk pengolahan jamur tiram," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : budi daya, jamur, tiram, klampok, bojonegoro, kapas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini