Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mendes PDTT Berikan Penghargaan Bupati Anna Pada Pembukaan Kuliah Umum RPL Desa

blokbojonegoro.com | Tuesday, 29 March 2022 22:00

Mendes PDTT Berikan Penghargaan Bupati Anna Pada Pembukaan Kuliah Umum RPL Desa

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI Abdul Halim Iskandar memberikan penghargaan kepada Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Selasa (29/3/2022). 

Saat Pembukaan dan Kuliah Umum Mahasiswa Program RPL Desa. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. 

Diikuti oleh 457 Mahasiswa Baru program rekognisi pembelajaran lampau (RPL) Desa yang akan menempuh perkuliahan maksimal dua tahun sesuai dengan bidangnya. 

Terdiri atas, Administrasi Publik 184 Mahasiswa, Pendidikan Sosiologi 38 Mahasiswa, Akuntansi 79 Mahasiswa, Manajemen 138 Mahasiswa, dan Pendidikan Luar Sekolah 18 Mahasiswa. 

Menteri PDTT RI Abdul Halim Iskandar, melalui virtual zoom, mengatakan terlaksananya program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa tak lepas dari komitmen yang dikerjakan secara totalitas oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Yang telah bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Surabaya. 

"Dari seluruh rangkaian proses yang sudah kita laksanakan, kita lalui, serta diskusi. Hari ini RPL Desa untuk pertama kali, yang digagas dan dilakukan dengan penuh komitmen oleh Pemkab Bojonegoro. Dilaksanakan dan bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta serta Universitas Negeri Surabaya," papar Mendes Halim. 

Abdul Halim melanjutkan, dalam prosesnya tentu harus melakukan koordinasi dengan Perguruan Tinggi terkait dengan ekonomi pembangunan, Sumber Daya Manusia (SDM). Serta pembangunan yang dekat dengan peradaban budaya di segala sisi.

"Sumber daya yang memadai ini suatu upaya yang menjadi tanggung jawab dan komitmen kita bersama. Karena kita ingin desa-desa di Indonesia memiliki peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucapanya.

Perlu diketahui, para pegiat desa memiliki kesempatan sama untuk mendapatkan pendidikan yang setara. Kedepan, program RPL Desa diharapkan tak hanya berhenti pada program Strata-1, namun juga berlanjut pada program Strata-2 hingga Strata-3. 

“Semoga pelaksanaan perkuliahan RPL Desa bisa berjalan lancar, sukses dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi upaya percepatan pembangunan,” imbuhnya. 

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah hadir secara langsung menyampaikan, di tahun 2022 Kabupaten Bojonegoro mendapatkan kepercayaan dari Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi sebagai daerah rujukan nasional pertama yang melaksanakan RPL Desa. 

"Harapan kami, kuliah umum ini akan berjalan dengan sukses dan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan bangsa. Serta peningkatan kualitas SDM yang unggul di desa dapat terwujud,” pungkasnya.

Secara simbolis, dua perwakilan Mahasiswa dan Kepala Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, Machmuddin. Turut menandatangani pakta integritas, dan disaksikan oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Bupati Bojonegoro, serta Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Yogyakarta. [liz/ito]

 

Tag : Penghargaan, Bupati, Bojonegoro, mendes



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini