19:00 . Curah Hujan Tinggi, TPT Jembatan Jetak Bojonegoro Longsor   |   18:00 . Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos   |   17:00 . Cegah Longsor dan Banjir, Pemkab Bojonegoro Bangun Tebing Penahan   |   16:00 . Polisi Terus Selidiki Laporan Dugaan Sertifikat Tanah Palsu di Kasiman   |   15:00 . Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun   |   14:00 . Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Deling   |   13:00 . UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik   |   12:00 . Diduga Kurang Konsentrasi, Remaja Meninggal Dunia Usai Menabrak Pemotor di Dander   |   08:00 . Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Juknis Inpres Pengadaan Kendaraan Listrik Kedinasan   |   07:00 . Bayi Rewel Saat Tidur Malam, Apa Bisa karena Ruam Popok?   |   16:00 . BMKG Juanda: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang   |   15:00 . BPBD Jatim Beberkan Potensi Daerah Rawan Bencana, Termasuk Bojonegoro   |   13:00 . Jalan Darurat Jembatan Kedungjati Kembali Dibuka   |   12:00 . Bupati Bojonegoro Bersama Sekretaris Utama BMKG Tandatangani MoU Mitigasi Bencana   |   07:00 . Tak Perlu Tunggu Tua, Begini Cara Cegah Nyeri Sendi Sejak Muda   |  
Tue, 06 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sambel'e Mbak Chichi Terinspirasi dari Penggemar Kuliner Serba Pedas

blokbojonegoro.com | Sunday, 10 April 2022 16:00

Sambel'e Mbak Chichi Terinspirasi dari Penggemar Kuliner Serba Pedas Sambal'e Mbak Chichi dijual di bazar dan berbagai toko modern. (Lizza/blokbojonegoro)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sebagian besar masyarakat Jawa Timur, termasuk Bojonegoro menyukai cita rasa kuliner yang agak pedas dan gurih. Karenanya, Jawa Timur memiliki beragam variasi sambal dengan kekhasan rasa masing-masing.

Salah satunya adalah sambal produksi rumahan milik Sri Wulan Rahayu, atau dikenal dengan Sambel'e Mbak Chichi. Menurutnya, usaha sambal kemasan yang ia rintis bermula dari usaha penginapan rumahan yang sekaligus menyiapkan makanan.

Dari situ muncul ide memproduksi satu olahan kuliner berupa sambal yang dapat dijual dan bernilai ekonomis. "Muncul ide produksi sambal, karena bahannya mudah dicari. Selain itu cita rasanya digemari oleh semua kalangan," ungkap pemilik Sambal'e Mbak Chichi, Sri Wulan Rahayu.

Dalam sekali produksi, Mbak Chichi mampu menghabiskan sebanyak 5 kilogram cabai atau sekitar 50 botol sambal. Dengan varian rasa sambal teri, bengol hingga tongkol yang cocok untuk sajian beragam menu masakan.

"Sekali produksi biasanya bisa meraup keuntungan sekitar Rp2 juta. Dalam sebulan 2 kali produksi, sambal ini cocok untuk teman berbuka puasa dan sahur," ucapnya.

Menurut Mbak Chici, proses pembuatan sambal miliknya sangat mudah seperti sambal pada umumnya. Yang membuat berbeda dengan produk sambal lain, Sambel'e Mbak Chichi ini tidak mengandung unsur air.

"Cabai yang sudah siap diproduksi, cukup digoreng kemudian dihaluskan. Sehingga Sambel'e Mbak Chichi ini bisa bertahan lama dan tidak cepat basi," imbuhnya.

Bagi pecinta kuliner dengan sentuhan rasa pedas dan gurih, kini tak perlu susah lagi untuk mendapatkannya. Pasalnya, produk Sambel'e Mbak Chichi bisa ditemui di beberapa ritel modern, IKM mart hingga penjualan secara online.

"Bersyukur ramadan tahun ini sudah diperbolehkan menggelar bazar. Sangat membantu sekali bagi para pelaku industri kreatif, termasuk untuk terus menumbuhkan semangat baru dalam mempromosikan produknya," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

 

 

 

Tag : Sambal, kuliner, pedas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat