16:00 . Dekopinda Bojonegoro Ikuti Unjuk Rasa Tolak OJK Awasi Koperasi   |   15:00 . Pemkab Bojonegoro Raih 17 Besar Kovablik Lewat Inovasi SMASH RSUD Sumberrejo   |   13:00 . Komunitas Ibu Profesional Akan Gelar Tour the Talent   |   20:00 . Jelang Pemilu, 749 Calon PPK Ikuti Tes CAT   |   19:00 . Curah Hujan Tinggi, TPT Jembatan Jetak Bojonegoro Longsor   |   18:00 . Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos   |   17:00 . Cegah Longsor dan Banjir, Pemkab Bojonegoro Bangun Tebing Penahan   |   16:00 . Polisi Terus Selidiki Laporan Dugaan Sertifikat Tanah Palsu di Kasiman   |   15:00 . Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun   |   14:00 . Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Deling   |   13:00 . UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik   |   12:00 . Diduga Kurang Konsentrasi, Remaja Meninggal Dunia Usai Menabrak Pemotor di Dander   |   08:00 . Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Juknis Inpres Pengadaan Kendaraan Listrik Kedinasan   |   07:00 . Bayi Rewel Saat Tidur Malam, Apa Bisa karena Ruam Popok?   |   19:30 . Oknum BPN Bojonegoro Dilaporkan Atas Dugaan Sertifikat Tanah Palsu   |  
Thu, 08 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Isi Toples Lebaran dengan Kuping Gajah yang Manisnya Pas dan Renyah

blokbojonegoro.com | Wednesday, 13 April 2022 18:00

Isi Toples Lebaran dengan Kuping Gajah yang Manisnya Pas dan Renyah Camilan kuping gajah (YouTube/Vinastar Channel)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Banyak pilihan jajanan di pasaran yang bisa dijadikan untuk sajian  di meja saat lebaran.

Namun, bagaimana jika jajanan dibuat sendiri untuk disajikan saat lebaran, seperti camilan tradisional yang dikenal dengan sebutan kuping gajah?

Bentuknya yang tipis, pipih, dan agak lonjong tidak berubah sejak dahulu. Polanya yang melingkar juga menjadi ciri khas yang tak mungkin ditinggalkan.

Berikut ini, resep membuat kuping gajah yang renyah, dikutip dari Suara.com. Yuk, simak resepnya..!

Bahan Membuat Kuping Gajah

    300 gram tepung terigu protein sedang
    Mentega
    1 butir telur ayam
    sedikit vanili
    Sedikit garam
    Gula halus secukupnya
    Minyak goreng

Cara Membuat Kuping Gajah

1.    Campurkan semua bahan dasar ke dalam satu wadah besar. Aduk menggunakan tangan hingga adonan kuping gajah kalis dan tercampur sempurna.

2.  Sedikit demi sedikit, masukkan santan ke dalam adonan untuk memberikan cita rasa gurih pada kuping gajah.

3.   Adonan yang sudah kalis kemudian dibagi menjadi dua. Untuk menciptakan rasa coklat yang klasik, beri bubuk coklat pada salah satu bagian adonan. Namun bisa Anda sesuaikan sesuai selera, baik rasa maupun warnanya.

4.   Waktunya menggiling adonan. Adonan kuping gajah yang sudah kalis, permukaannya harus ditipiskan. Proses inilah yang menjadi kunci tebal tipisnya pola kuping gajah. Bisa disesuaikan dengan selera Anda.

5.    Adonan yang sudah tipis, tinggal ditumpuk kemudian digulung-gulung. Baru kemudian terlihat pola kuping gajah yang melingkar.

6.    Iris-iris kue dengan ketebalan yang Anda inginkan.

7.    Ada dua metode untuk mematangkan camilan ini. Selain dipanggang dengan oven, proses penggorengan menjadi cara yang umum dan mudah untuk diterapkan.

8.    Jika ingin menggoreng, gunakan api sedang sambil dibolak-balik. Dapatkan tekstur kuping gajah yang renyah.

9.    Kue kuping gajah siap disajikan. Simpan kuping gajah di wadah yang rapat dan kedap udara agar tahan lama.

Itulah resep kuping gajah yang simpel, manisnya pas, gurih, renyah, dan enak! Cocok jadi camilan setiap saat saat isian toples Lebaran.

Tag : resep, cara, membuat, kuping, gajah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat