15:00 . Kerjasama Perhutani dan Kimia Farma Surabaya Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum   |   14:00 . PDM Bojonegoro Tetapkan 10 Dzulhijjah Jatuh 9 Juli 2022   |   12:00 . Satpol PP Jatim Beri Pelatihan Satgas Linmas Wilayah Bakorwil Bojonegoro   |   08:00 . PBNU Tetapkan Awal Dzulhijjah 1 Juli 2022   |   07:00 . Stres Selama Kehamilan Pengaruhi Jenis Kelamin Anak, Ini   |   17:00 . Kunjungi Donggala, Mendag Zulkifli Hasan: Pastikan Fokusnya Bukan Hanya Pulau Jawa   |   16:00 . Penentuan Idul Adha, LFNU Bojonegoro Menunggu Hasil Istbat   |   15:00 . Bojonegoro Siap Jika Ditunjuk Sebagai Pemilik Aset Jembatan Glendeng   |   14:00 . Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Bersiap Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar   |   13:00 . Perpusgatda dan Dunia Imajinasi Ajak Anak-Anak Bermain Sambil Belajar   |   09:00 . Per Juli Beli Pertalite Lewat MyPertamina, Daerah Kamu Salah Satunya?   |   08:00 . Bupati Bojonegoro Bersedia Terima Aset Jembatan Glendeng, Bupati Tuban Absen Rapat   |   07:00 . Alergi pada Anak, Ini Cara Memperkuat Barrier Tubuhnya   |   20:00 . Kontingen Bojonegoro Tambah Tiga Medali   |   19:00 . Mendag Zulhas Bertemu Dubes Amerika Serikat, Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi di Kawasan Indo-Pasifik   |  
Thu, 30 June 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Terapi Okupasi Batik Ciprat pada Simpul Keluarga Binaan Sahabat Pertamina

blokbojonegoro.com | Thursday, 21 April 2022 19:00

Terapi Okupasi Batik Ciprat pada Simpul Keluarga Binaan Sahabat Pertamina

Pengirim: Mosia

blokBojonegoro.com - Sesuai program kerja tim Pemberdayaan Sahabat Pertamina Bojonegoro, hari ini Kamis, 21 April 2022 bertepatan dengan Hari Kartini, tim menggelar pelatihan prakarya kelompok pertama tepatnya di Balaidesa Ngampel. Kegiatan yang merupakan bagian dari serangkaian program SIMPUL ini dihadiri sebanyak 10 ibu-ibu warga Desa Ngampel yang telah dipilih sebelumnya untuk mengikuti pelatihan membuat batik ciprat yang diajarkan langsung oleh tim Pemberdayaan Sahabat Pertamina.

Program SIMPUL sendiri merupakan sarana silaturohmi antara tim dengan keluarga binaan sekaligus wadah edukasi kesehatan guna memberdayakan anggota keluarga binaan khusunya usia pra-lansia maupun lansia dengan memberikan penyuluhan kesehatan serta pelatihan prakarya seperti kerajinan tangan dengan memanfaatkan potensi lokal sehingga dapat bermanfaat bagi produktifitas lansia. Kegiatan SIMPUL : Prakarya ini rencananya akan dilakukan di dua desa yang masing-masing desa dibagi menjadi dua kelompok dari Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban.

Ns. Devi Rohmawati, S.Kep selaku tim Pemberdayaan Sahabat Pertamina yang ditemui langsung di Balaidesa Ngampel menyampaikan bahwa dipilihnya pelatihan batik ciprat bagi lansia desa Ngampel karena batik ciprat mudah dipraktikkan dalam pembuatannya bagi pemula terutama lansia maupun pra-lansia. "Batik ciprat memiliki keunikan tersendiri dari segi gradasi warna yang cerah sekaligus metode ciprat yang diterapkan, diharapkan dapat menyalurkan ekspresi sekaligus melatih motorik halus lansia," ucapnya.

Namun tidak dapat dipungkiri, beberapa lansia mendapat kendala meskipun dalam pembuatannya didampingi langsung oleh tim Pemberdayaan Sahabat Pertamina dan para Kader Desa.“Sebagai pemula, saya kesulitan dalam memilih motif dan memadukan gradasi warna. Namun mbak mbaknya membiarkan untuk mewarnai sesuai keinginan kita. Jadi kita sedikit tidak terbebani," tutur Nur Hayati salah satu peserta pelatihan batik ciprat.

Rencananya tim Pemberdayaan Sahabat Pertamina nantinya akan membuatkan market place guna memfasilitasi karya-karya dari ibu-ibu Desa Ngampel dan Desa Rahayu.

Tag : sahabat, pertamina



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat