Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dosen UMM Asli Bojonegoro Raih Predikat 100 Ilmuwan Top Dunia

blokbojonegoro.com | Friday, 29 April 2022 21:00

Dosen UMM Asli Bojonegoro Raih Predikat 100 Ilmuwan Top Dunia

Reporter: M. Yazid

blokbojonegoro.com - Namanya, Dr. Sri Budi Cantika Yuli, SE, MM, Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang 1999-Sekarang. Perempuan yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Laboratorium Bank Syariah, Sekretaris Prodi D-III Keuangan dan Perbankan, Sekretaris Center for Energy Environtment & Regional Development (CEERD UMM), Kepala Pusat Pengembangan Ekonomi, Bisnis dan Kewirausahaan (PPEBK-FEB-UMM) itu mendapat predikat 100 ilmuwan top dunia dari AD Scientific Index. Awak bB berkesempatan mewawancarai perempuan yang juga adik dari Mensesneg, Pratikno itu.

Awak bB: Penilaian 100 top ini dari siapa ya bu? Dan setiap berapa tahun sekali ?

Dr. Sri Budi Cantika: Penilaian Top 100 ilmuwan dunia ini dari AD Scientific Index, jadi semacam Sistem peringkat dan analisis berdasarkan kinerja ilmiah dari produktivitas ilmiah para ilmuwan secara individu di seluruh dunia. Setiap tahun ada pemeringkatan dari AD Scientific Index tersebut. Sehingga bisa saja peringkat saya berubah-ubah. Untuk Tahun 2022 ini di Bidang Theology, di Indonesia saya peringkat 76, di Asia peringkat 137 dan di Internasional peringkat 535.  

Awak bB: Apa saja kriteria untuk penilaian ini ?

Dr. Sri Budi Cantika: Penilaian didasarkan pada total i10 index, h-index, dan skor sitasi di Google Scholar selama 5 tahun terakhir. AD Scientific Index membagi menjadi 256 bidang ilmu, yang dinilai sekitar 14.200 institusi, dan sekitar 215 negara.

Awak bB: Dalam bidang theology, ibu memiliki karya apa?

Dr. Sri Budi Cantika: Sebenarnya bidang saya lebih ke Ekonomi Islam, terutama di Sumberdaya Insani, Budaya Organisasi dan Etika Kerja. Oleh AD Scientific Index bidang tersebut dimasukkan dalam bidang Theology (History, Philosophy, Theology)

Ada 3 karya prestatif saya terkait bidang Theology ini, hasil dari penelitian saya dengan mengambil lokasi penelitian di Universitas Muhammadiyah Malang.

Yang Pertama, Konsep Budaya Organisasi Islamic Prophetic Transformative, yang artinya implementasi budaya di sebuah organisasi dapat didasari pada Karakter Shiddiq, Tabligh, Amanah dan Fathonah.

Yang Kedua, Konsep Spirit Al Ma’un dalam Budaya Organisasi, yang artinya implementasi budaya di sebuah organisasi dapat didasari semangat dari Al Qur’an Surat Al Ma’un ayat 1-7 melalui karakter yang tidak pelit, modern dan tidak ketinggalan dengan perkembangan yang ada ditingkat lokal, regional, nasional dan internasional. Sehingga gagasan atau ide-ide besar dapat diwujudkan secara nyata agar bermanfaat untuk memberdayakan yang lemah. Juga melalui karakter perduli, perhatian dan menjaga silaturahim.

Yang Ketiga, Konsep Pengelolaan Sumberdaya Insani di Organisasi dapat bersumber pada Al Qur’an, mulai dari proses perencanaan (QS Al Hashr ayat 18), rekrutmen (QS Al Anfal ayat 27), seleksi (QS Al Qashash ayat 26), penempatan (QS An Nisaa ayat 58), pengembangan karier (QS Al Mujaadalah ayat 11), penilaian kinerja (QS At Taubah ayat 105), dan kompensasi (QS Al Ahqaf ayat 19) 

Ketiga Konsep tersebut sudah saya daftarkan ke Hak Cipta.

Awak bB: Kalau boleh tau apa saja prestasi yang pernah ibu peroleh di bidang theology?

Dr. Sri Budi Cantika: Penelitian dan publikasi saya mayoritas tentang Sumberdaya Insani, Budaya Organisasi dan Etika Kerja dalam perspektif Islam dan ada buku saya tentang Implementasi Nilai Keislaman dalam Budaya Organisasi. 

Saya pernah memperoleh Beasiswa Seminar Luar Negeri (BSLN Dikti) di Osaka University Jepang dan Beasiswa Erasmus+ Programme di WSB University in Poznan, Polandia, saya berkesempatan mengajar kelas Internasioal tentang Budaya Organisasi dan Pengelolaan Sumberdaya Insani.

Awak bB: Fokus ibu di theology dalam aspek apa?

Dr. Sri Budi Cantika: Bidang keilmuan saya Ekonomi Islam, di Akun Google Scholar 

(https://scholar.google.co.id/citations?user=-NP_SbkAAAAJ&hl=en ) bisa dilihat, kajian-kajian saya banyak tentang Sumberdaya Insani, Budaya Organisasi dan Etika Kerja

Awak bB: Tanggapan ibu setelah masuk di top 100 bagaimana?

Dr. Sri Budi Cantika: Awalnya saya tidak tahu, tetapi salah seorang sahabat saya mengirim link peringkat AD Scientific Index ini, kemudian saya cari yang dari Universitas Muhammadiyah Malang siapa saja, dan ternyata ada nama saya. Awalnya kaget, sekaligus saya merasa bahagia dan bersyukur bisa berkontribusi sesuai bidang saya. Semoga ini dapat memberikan motivasi bagi saya sendiri untuk terus berkarya, juga dapat memotivasi ilmuwan-ilmuwan muda lainnya.

Awak bB: Pesan untuk ilmuwan lain, terutama pada ilmuwan muda?

Dr. Sri Budi Cantika: Pertama harus menyusun roadmap keilmuan sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, dapat fokus dan mengoptimalkan portofolio diri. Lalu harus mau update teknologi, banyak-banyak belajar dan mengembangkan diri, terbuka untuk berkolaborasi dengan ilmuwan atau dosen-dosen yang lainnya baik di tingkat nasional maupun internasional

Awak bB: Harapan ibu untuk bidang theology kedepannya bagaimana ? 

Dr. Sri Budi Cantika: Bidang Theology (History, Philosophy, Theology) sebenarnya ilmu yang bersifat multidimensi yang sangat luas dan dapat menjangkau berbagai aspek kehidupan. Apabila kita tekuni satu bidang dengan terus mengembangkan keilmuan kita, memperbanyak publikasi dan kolaborasi, tentu akan memberikan kontribusi yang lebih bagus lagi. Saat ini publikasi saya juga berkembang ke arah Ekonomi Islam, Keuangan Islam dan Industri Halal

Pertanyaan pribadi

Awak bB: Ibu kelahiran mana ?

Dr. Sri Budi Cantika: Kelahiran Bojonegoro, 48 tahun lalu

Awak bB: Kesibukan lain selain mengajar apa bu ?

Dr. Sri Budi Cantika: Sebagai Dosen tentu kegiatan saya adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian. Saat ini saya sedang mempersiapkan syarat-syarat untuk pengajuan kepangkatan menuju Guru Besar (Profesor). Saya juga punya kegiatan lain, saya mengelola cafe, persewaan gedung pertemuan dan berkebun. Di Malang saya ada beberapa kebun jeruk dan alpukat. Hehehee….

Awak bB: Hobi ibu apa ? 

Dr. Sri Budi Cantika: Hobi saya travelling dan kuliner, saya suka mencoba hal-hal baru yang menantang dan selalu penasaran untuk explore tempat baru dan makanan khas daerah.  [zid]

 

 

Tag : Putri, Bojonegoro, ilmuwan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini