15:00 . Kerjasama Perhutani dan Kimia Farma Surabaya Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum   |   14:00 . PDM Bojonegoro Tetapkan 10 Dzulhijjah Jatuh 9 Juli 2022   |   12:00 . Satpol PP Jatim Beri Pelatihan Satgas Linmas Wilayah Bakorwil Bojonegoro   |   08:00 . PBNU Tetapkan Awal Dzulhijjah 1 Juli 2022   |   07:00 . Stres Selama Kehamilan Pengaruhi Jenis Kelamin Anak, Ini   |   17:00 . Kunjungi Donggala, Mendag Zulkifli Hasan: Pastikan Fokusnya Bukan Hanya Pulau Jawa   |   16:00 . Penentuan Idul Adha, LFNU Bojonegoro Menunggu Hasil Istbat   |   15:00 . Bojonegoro Siap Jika Ditunjuk Sebagai Pemilik Aset Jembatan Glendeng   |   14:00 . Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Bersiap Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar   |   13:00 . Perpusgatda dan Dunia Imajinasi Ajak Anak-Anak Bermain Sambil Belajar   |   09:00 . Per Juli Beli Pertalite Lewat MyPertamina, Daerah Kamu Salah Satunya?   |   08:00 . Bupati Bojonegoro Bersedia Terima Aset Jembatan Glendeng, Bupati Tuban Absen Rapat   |   07:00 . Alergi pada Anak, Ini Cara Memperkuat Barrier Tubuhnya   |   20:00 . Kontingen Bojonegoro Tambah Tiga Medali   |   19:00 . Mendag Zulhas Bertemu Dubes Amerika Serikat, Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi di Kawasan Indo-Pasifik   |  
Thu, 30 June 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menumbuhkan Minat Baca Anak, Ini 5 Tips dan Trik yang Bisa Dilakukan Orangtua

blokbojonegoro.com | Friday, 29 April 2022 07:00

Menumbuhkan Minat Baca Anak, Ini 5 Tips dan Trik yang Bisa Dilakukan Orangtua

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Hari Buku Sedunia yang dirayakan baru-baru ini bisa jadi waktu yang tepat untuk menumbuhkan minat baca si Kecil. Apa tips dan trik yang bisa dilakukan orangtua?

Membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca, anak bisa melatih imajinasi dan kreativitas sembari mendapatkan informasi dan ilmu baru.

Untuk itu, penting bagi orangtua bisa mengenalkan anak dengan buku sejak kecil, demi menumbuhkan minat baca. Mengutip Asia One, ini lima tips dan trik yang bisa dilakukan.

1. Membacakan buku

Pada anak usia bayi, menumbuhkan minat baca bisa dilakukan dengan membacakan buku kepadanya. Tidak harus buku cerita, buku apapun termasuk buku resep kata pakar memberikan manfaat loh!

Sebab, bayi menangkap bagaimana Anda mengucapkan kata. Semakin banyak bayi mendengar kata-kata yang Anda ucapkan, semakin besar kemampuan otak yang berperan pada fase tumbuh kembangnya.

Saat ini juga sudah tersedia buku khusus bayi dengan tekstur yang bisa membantunya merasakan sensasi sentuhan.

2. Membaca buku di sekitar anak

Ketika anak sudah agak besar, ia mungkin tidak lagi tertarik untuk dibacakan buku, tapi memilih membaca buku sendiri.

Anak akan melakukan aktivitas yang juga dilakukan orangtuanya. Jika Anda sering membaca buku di sekitar anak, ia pun lebih mungkin memiliki hobi yang serupa.

3. Biarkan anak memilih buku

Memasuki usia 4 dan 5 tahun, anak mungkin sudah memiliki buku dan cerita favoritnya. Di fase ini, sangat penting bagi orangtua untuk membiarkan anak memilih buku yang akan dibaca, dengan pengawasan.

Misalnya, jika anak menyukai cerita tentang pahlawan super, membiarkannya membaca buku komik lebih baik daripada buku cerita tebal. Begitu juga dengan genre, jika anak menyukai cerita tentang putri dan pangeran, biarkan ia membacanya.

4. Buat area khusus membaca

Membaca perlu dibuat sebagai kegiatan yang menyenangkan. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan area khusus membaca di rumah.

Tidak perlu kamar besar, cukup bean bag di sudur ruangan yang sejuk bisa membuat anak lebih ingin membaca.

5. Membaca bersama secara rutin

Kegiatan apapun yang dilakukan oleh anak akan terasa lebih bermakna jika dilakukan bersama orangtua. Karena itu, jangan lupa masukkan jadwal membaca rutin bersama si kecil setiap minggu ya.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat