21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |   16:00 . Strategi Pertamina Menjaga Pasokan Energi Nasional   |   15:00 . SHU Pertamina Gelar Media Gathering Regional Indonesia Timur   |   14:00 . Pemdes Berharap Ada Bantuan Makanan dan Bahan Pokok untuk Warganya   |   13:00 . Kado Hari Guru Nasional, FTBM Bojonegoro Launching 11 Buku Karya Guru PAUD Bojonegoro   |   12:00 . Berlangsung Khidmat, STAI Attanwir Gelar Wisuda 145 Mahasiswa   |   11:00 . Pengguna Jalan Dihimbau Pilih Jalur Alternatif   |   10:00 . Jalan Nasional Bojonegoro-Babat Terendam Banjir, Macet Mengular   |   09:00 . Kolaborasi Stakeholder, Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemenkes   |   21:00 . Malam Ini Debit Air Waduk Pacal dan Bengawan Solo Meningkat   |   20:00 . Inisiasi Pengembangan Vinglish Melalui Riset   |   19:00 . Live : Bojonegoro Fashion Street and Veggie   |   18:00 . Pahlawan Perjuangan di Bojonegoro, Abadi Dalam Nama Jalan dan Fasum   |   17:00 . Aneka Olahan Jambu dan Mawar Desa Kalangan Juga Dipamerkan di Bojonegoro Fashion Street Fruit and Veggie   |  
Sun, 27 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

7 Tips Meninggalkan Rumah saat Lebaran

blokbojonegoro.com | Monday, 02 May 2022 17:00

7 Tips Meninggalkan Rumah saat Lebaran

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bojonegoro meminta masyarakat untuk lebih waspada, terutama saat meninggalkan rumah untuk mudik lebaran.

Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan Damkar Bojonegoro, Ahmad Adi Winarto mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Bojonegoro untuk kembali mengecek seluruh isi rumah sebelum meninggalkannya mudik lebaran.

Berikut Tips sebelum meninggalkan rumah saat lebaran dari Damkar Bojonegoro :

Melapor ke RT/RW kalau kita akan mudik

Sebelum berangkat mudik, diharapkan untuk melaporkan diri kepada Ketua RT maupun RW setempat bahwasanya kita akan melakukan mudik.

Cabut semua kabel dan aliran listrik ke stop kontak (steker)

Sebelum meninggalkan rumah, sebaiknya dicek dan cabut seluruh kabel dan aliran listrik yang beresiko menimbulkan arus pendek atau korsleting listrik.

Cabut aliran gas tabung LPG

Guna mencegah terjadinya musibah kebakaran, kepada para pemudik diharapkan untuk mencabut selang regulator tabung gas dari kompor yang terpasang di dalam rumah sebelum berangkat mudik.

Jangan sampai dalam kondisi terpasang di kompor, karena ditakutkan (akan) terjadi kebocoran gas yang memicu terjadinya kebakaran.

Matikan kran dan kosongkan tempat penampungan air

Membiarkan aliran air tetap menyala selama rumah ditinggalkan beberapa hari merupakan tindakan pemborosan. Mematikan saluran air bertujuan untuk memastikan keran tidak mengalir sehingga air terbuang dengan sia-sia. Selain menyebabkan pembengkakan tagihan air, air yang dibiarkan mengalir akan menyebabkan genangan dan dapat menjadi sarang nyamuk.

Jika memiliki hewan piaraan sebaiknya titipkan

Jika anda ingin mudik dalam beberapa hari dan tidak memungkinkan untuk membawa serta hewan peliharaan, anda dapat menitipkan hewan peliharaan ke pet shop yang menyediakan jasa penitipan hewan, atau juga bisa dititipkan ke tetangga yang tidak mudik.

Pastikan semua pintu dan jendela terkunci

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan pintu, dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat. Anda dapat menambah gembok untuk membuatnya lebih aman.

Nyalakan lampu di beberapa bagian rumah

Rumah yang terlihat gelap menandakan pemiliknya sedang tidak ada di rumah. Oleh karena itu, anda harus menyalakan lampu teras dan beberapa bagian rumah untuk membuat rumah terlihat terang. [riz/mu]

Tag : mudik lebaran, meninggalkan rumah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat