Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Masjid Agung Darrusalam Bojonegoro Gelar Salat Idul Fitri

blokbojonegoro.com | Monday, 02 May 2022 08:00

Masjid Agung Darrusalam Bojonegoro Gelar Salat Idul Fitri

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - 1 Syawal 1443 Hijriah diawali dengan mengumandangkan takbir, sejak pagi tadi tampak ribuan warga muslim di Kabupaten Bojonegoro tengah berbondong-bondong melangsungkan salat idul fitri, Selasa (2/4/2022)

Seperti di Masjid Agung Darrusalam Bojonegoro. Di sekitar Masjid lantai 1 dan 2, sepanjang Jalan KH. Hasyim Ashari hingga alun-alun Bojonegoro dipenuhi jamaah.

Menariknya, untuk mengurangi volume sampah selama lebaran, pihak pengurus Masjid turut menyediakan tikar-tikar di beberapa shaf yang berada di Jalan, halaman dan alun-alun Bojonegoro.

Ketua Yayasan Masjid Agung Darrusalam Bojonegoro, Lugito Abdul Qodir menegaskan, setelah menantikan hasil sidang isbat 1 Syawal 1443 Hijriah, tahun ini Masjid Agung Darrusalam Bojonegoro melaksanakan salat id bagi internal maupun masyarakat umum.

"Idul fitri tahun ini siap menampung sekitar 2.000 jamaah untuk Masjid lantai 1 dan 2, serta halaman hingga jalan dan alun-alun Bojonegoro. Total keseluruhan 4.500 jamaah," tegas Lugito.

Selanjutnya, yang bertindak sebagai Khotib yaitu ustad Agus Sholahuddin Sidiq dan Imam K.H Nurul Huda. "Tentunya para jamaah yang hadir diwajibkan mematuhi protokol kesehatan Covid-19, yaitu menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan," ucapnya.

Setelah bertakbir dan melangsungkan salat sunah idul fitri 2 rakaat, Khotib idul fitri Masjid Agung Darrusalam Bojonegoro, ustad Agus Sholahuddin Sidiq menyampaikan isi khutbah yaitu, setelah berpuasa maka umat islam wajib mengagungkan Allah SWT dan bermuara kepada tasyakur.

"Takbir artinya mengecilkan apapun selain Allah. Dalam ibadah puasa takbir kita mengecilkan hawa nafsu berupa makanan, minuman dan berhubungan suami istri," sambung ustaz Agus Sholahuddin Sidiq dalam khutbah idul fitri.

Saat membaca Al-Quran, kita mengagungkan kalam Allah. Dimana seluruh ibadah kita merupakan takbir wujud keagungan Allah. Mengapa Allah menyuruh mengagungkan Allah? Jawabannya Allah yang hanya tau.

"Di Masjid kita bertakbir, di masyarakat bertakabur. Banyak fasih melafalkan Al-Quran tetapi fasih memperdaya orang lain, setelah perintah takbir diperintahkan untuk bertasyakur atas sukur nikmat yang Allah berikan," tutup Khutbah ustaz Agus Sholahuddin Sidiq. [liz/mu]

Tag : Idul fitri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini