Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Masalah Kesehatan yang Biasa Muncul setelah Lebaran

blokbojonegoro.com | Wednesday, 04 May 2022 15:00

Masalah Kesehatan yang Biasa Muncul setelah Lebaran

 

Reporter: --

blokbojonegoro.com - Hidangan Lebaran yang manis penuh cita rasa gurih bersantan dengan lemak bisa menimbulkan penyakit jika nafsu untuk menyantap tak bisa dibendung. Apa saja kondisi kesehatan yang wajib diwaspadai setelah Idul Fitri?

Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia cabang DKI-Jakarta (PDGKI-Jaya) Ida Gunawan, menuturkan lima kondisi kesehatan yang bisa muncul akibat nafsu makan yang tak bisa dikendalikan setelah selesai berpuasa.

Gula darah naik

Kue-kue Lebaran yang manis dan mengandung gula boleh dikonsumsi asal tidak berlebihan sebab berpotensi meningkatkan gula darah. Spesialis Gizi Klinik Konsultan Nutrisi pada Kelainan Metabolisme Gizi yang berpraktik di RS Pondok Indah-Puri Indah itu mengingatkan untuk mengendalikan diri selepas puasa ketika melihat deretan kue-kue Lebaran yang manis yang menggiurkan.

Kolesterol dan lemak darah naik

Makan secara berlebih makanan yang tinggi lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol dan lemak darah. Maka, jangan kalap begitu melihat makanan yang serbasantan, daging, gorengan, dan hidangan-hidangan manis.

Asam urat naik

Hati-hati dengan menu berisi daging jeroan dan kaldu gurih, apalagi dengan tambahan emping. Makanlah secukupnya, jangan berlebihan.

Gangguan pencernaan

Meja makan hampir bisa dipastikan penuh dengan hidangan Lebaran yang membuat air liur menetes. Apalagi bila yang disajikan adalah makanan khas yang hanya dimasak setahun sekali. Tak heran bila ada orang yang makan berlebihan.

"Pedas, santan berlebihan, kalau yang namanya berlebihan baik pedas, asam, minyak, gula, itu semua tidak baik untuk kesehatan pencernaan," kata Ida.

Apalagi bila dalam hidangan yang disantap jumlah seratnya tidak mumpuni, Anda harus berhati-hati agar tidak kena gangguan pencernaan.

Berat badan naik

Selama puasa, orang punya waktu makan yang teratur, hanya bisa makan selepas matahari terbenam dan sebelum subuh. Ketika Idul Fitri, sebaiknya terus jaga pola makan yang teratur agar berat badan tidak naik.

"Bisa bablas naik dengan cepat berat badan karena menu makanan yang dikonsumsi jumlah kalorinya berlebihan," tuturnya. [lis]

Sumber: www.tempo co.id

Tag : Kesehatan, lebaran, sakit



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini