Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sederet Penyebab Sering Muntah yang Perlu Anda Waspadai

blokbojonegoro.com | Sunday, 08 May 2022 07:00

Sederet Penyebab Sering Muntah yang Perlu Anda Waspadai

 

Reporter: --

blokbojonegoro.com - Jika mengalami muntah ringan, Anda bisa meredakannya dengan mengonsumsi cairan elektrolit.

Muntah mungkin pernah dialami oleh hampir setiap orang, begitu pula dengan Anda. Muntah kerap kali terjadi karena berbagai alasan, baik menyangkut kesehatan maupun keadaan.

Muntah dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa, karena kondisi tak mengenal usia. Lalu, apa saja penyebab muntah?

Apakah muntah termasuk penyakit?

Muntah adalah pengeluaran isi perut melalui mulut. Saat muntah, isi perut seperti makanan atau minuman akan keluar lewat mulut Anda. Akan tetapi, muntah bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari kondisi kesehatan tertentu

Biasanya muntah akan diawali dengan rasa mual, yang membuat perut terasa tidak enak. Mual inilah yang mendorong Anda untuk muntah. Hati-hati, sebab muntah dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kematian jika tidak ditangani. 

Penyebab sering muntah secara umum

Muntah dapat terjadi hanya satu kali atau berulang kali tergantung pada penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab muntah yang biasanya terjadi:

- Terlalu banyak makan atau minum

- Mabuk perjalanan atau mabuk laut

- Tanda kehamilan atau morning 

Jenis-jenis muntah

Selain penyebab muntah di atas, muntah juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu muntah ringan dan muntah akibat masalah serius. Berikut penjelasannya:

1. Muntah ringan

Penyebab muntah memang bermacam-macam. Biasanya muntah yang terjadi hanyalah muntah ringan. Bila mengalami muntah ringan, Anda dapat meredakannya dengan mengonsumsi cairan elektrolit, menghindari makanan padat, meminum oralit jika muntah dan diare, mengonsumsi produk berbahan jahe, serta meminum obat yang dapat meredakan muntah pada penyakit tertentu.

2. Muntah akibat masalah serius

Akan tetapi, bila muntah disebabkan oleh infeksi virus, keracunan makanan, usus tersumbat atau masalah serius lainnya, maka hal tersebut sudah termasuk dalam keadaan yang berbahaya.

Bahkan, muntah dapat menyebabkan komplikasi seperti mulut kering, dehidrasi, urine gelap, kelelahan, sakit kepala, penurunan buang air kecil, dan kebingungan. [lis]

 

Sumber:sehatq.com

Tag : Muntah, penyebab, cara



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini