21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

30 Manfaat Kunyit Putih yang Perlu Anda Tahu

blokbojonegoro.com | Tuesday, 10 May 2022 07:00

30 Manfaat Kunyit Putih yang Perlu Anda Tahu

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kunyit adalah bumbu kuno yang digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambahkan warna kuning, menambah rasa pada sayuran, dan bahkan nasi. Namun, kunyit lebih dari sekadar bumbu, karena kunyit juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan berkat senyawa yang disebut curcumin. Selain kunyit kuning, rupanya ada juga kunyit putih. Nah, berikut 30 manfaat kunyit putih.

Diketahui, kunyit putih atau zedoary adalah rempah-rempah kuno yang juga kaya akan manfaat. Meskipun termasuk dalam keluarga kunyit, baunya seperti perpaduan bau mangga dan kunyit.

Baik kunyit kuning maupun kunyit putih, tak jarang juga dijual dalam bentuk bubuk, atau dikeringkan. Kunyit putih bisa dibilang sangat mirip dengan jahe.

Tak seperti kunyit kuning, kunyit putih ini jarang digunakan. Meski demikian, kunyit putih juga memiliki manfaat yang sama besarnya seperti kunyit kuning. Pasalnya, kunyit putih memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang menjauhkan Anda dari masalah pencernaan atau pernapasan.

Untuk selengkapnya, berikut ini 30 manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang dilansir dari sejumlah sumber.

Berikut Manfaat Kunyit Putih

1. Melegakan gangguan pencernaan, perut kembung dan melancarkan buang air besar
2. Sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas
3. Meredakan inflamasi
4. Menyembuhkan luka dan berbagai penyakit kulit
5. Melegakan saluran pernapasan (sesak napas dan asma)
6. Meredakan batuk dan pilek
7. Meningkatkan nafsu makan dan Melancarkan pencernaan
8. Melancarkan menstruasi
9. Meredakan keputihan (leukorrhea)
10. Mengobati cacingan pada anak-anak
11. Meredakan gejala alergi
12. Mengobati pembengkakan (edema)
13. Mengobati kista
14. Mengobati limfangitis dan furunkulosis
15. Obat kumur
16. Antijamur dan antibakteri
17. Membunuh amuba penyebab amebiasis usus
18. Pembunuh jenik nyamuk penyebab demam berdarah
19. Pereda nyeri (analgesik)
20. Obat untuk tukak lambung (peptic ulcer)
21. Melindungi hati
22. Pemecah protein bisa ular
23. Bersifat karsinogenik
24. Membantu dalam pengobatan kanker prostat dan paru-paru
25. Mencegah sel kanker
26. Mencegah naikna kadar kolesterol jahat
27. Mencegah stres oksidatif
28. Melindungi tubuh dari demam
29. Mencegah tumor
30. Mengobati sakit maag

Selain 30 manfaat kunyit putih seperti yang disebutkan di atas, ada lagi manfaat lainnya yaitu membantu dalam menurunkan berat badan, mengobati jerawat, mencegahan penuaan pada kulit, dan menjaga kesehatan jantung.

*Sumber: suara.com

 

Tag : kunyit putih, manfaat kunyit



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat