Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

9 Ekor Sapi dari Luar Daerah Dipaksa Putar Balik

blokbojonegoro.com | Thursday, 12 May 2022 09:00

9 Ekor Sapi dari Luar Daerah Dipaksa Putar Balik

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Akibat penyakit mulut dan kuku (PMK) yang marak akhir-akhir ini, 9 ekor sapi dari luar daerah yang hendak masuk ke Pasar Hewan Bojonegoro dipaksa putar balik oleh petugas gabungan dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Bojonegoro, Dinas Perdagangan dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Balen, Kamis (12/5/2022).

Hendri selaku dokter hewan Disnakkan Bojonegoro mengungkapkan, pihaknya melaksanakan pemeriksaan kesehatan ke semua hewan yang akan masuk ke dalam Pasar Hewan Kedungbondo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro.

"Hal tersebut, kita lakukan guna mencegah penyakit mulut dan kuku masuk di lingkup Pasar Hewan Kabupaten Bojonegoro. Selain itu, kita juga tolak sapi yang berasal dari luar daerah terutama dari daerah yang sudah tertular," ungkap Hendri.

Terdapat beberapa kabupaten yang telah tertular penyakit ini, seperti Kabupaten Lamongan, Gresik, Mojokerto dan Kabupaten Sidoarjo. Untuk hari ini ada 9 ekor sapi yang ditolak, salah satu diantaranya yaitu dari Kabupaten Lamongan.

"Jika ada dari luar daerah, lebih baik kita mengantisipasi lebih awal dan kita langsung paksa untuk putar balik. Namun, untuk sapi dari Bojonegoro sendiri setelah kita periksa tidak ada indikasi terjangkit penyakit," imbuhnya. [riz/mu]

Tag : pasar hewan bojonegoro, pasar sapi, penyakit pada sapi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini