Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemkab Serahkan Bantuan Korban Longsor di Kauman

blokbojonegoro.com | Thursday, 12 May 2022 08:00

Pemkab Serahkan Bantuan Korban Longsor di Kauman

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyerahkan bantuan berupa penahan tanah longsor. Bantuan ini dilakukan guna menindaklanjuti adanya bencana longsor di Desa Kauman sekitar Jalan Prajurit Abu Bojonegoro, Kecamatan Bojonegoro pada Minggu (8/5/2022) lalu.

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto menjelaskan, bencana longsor disebabkan hujan lebat yang mengguyur sejumlah Wilayah di Kabupaten Bojonegoro. Longsor tersebut, berada di dua rumah warga yang terjadi di sekitar bantaran sungai Bengawan Solo yang ambles.

Dalam keadaan darurat, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan sesegera mungkin melakukan penanganan. Namun untuk pembangunan secara permanen, akan berkoordinasi dengan OPD terkait.

"Kita dalam keadaan darurat, terlebih dulu akan menanggulangi longsor agar tidak terjadi kembali. Untuk pembangunan permanen, lebih lanjut akan dilakukan koordinasi dengan OPD terkait,” terang Ardhian Orianto.

Bantuan dari Pemkab melalui BPBD diserahkan kepada Pemerintah Desa Kauman, untuk selanjutnya Pemerintah Desa Kauman bersama warga melaksanakan kerja bhakti. Sebab di desa kauman sendiri sudah mengalokasikan udah anggaran kebencanaan dalam APBDes

"Setelah melakukan penyerahan kepada Pemerintah Desa masyarakat melaksanakan kerja bhakti menahan tanah agar tidak kembali longsor,” ucapnya.

Bantuan yang diberikan oleh Pemkab Bojonegoro melalui BPBD Bojonegoro berupa sesek, bronjong, bongkotan dan karung. Bantuan tersebut diharapkan mampu menahan tanah agar tidak kembali longsor. "Rinciannya bronjong 40 lembar, sesek 25 lembar, sak 200 lembar, bambu 20 buah dan batu 40 meter kubik," tutupnya. [liz/mu]

 

Tag : longsor, bantuan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini